gembaladomba1.3Avatar border
TS
gembaladomba1.3
Pilih Saya Atau Anda Hilang Seperti Mereka - Prabowo 1998

Prabowo adalah seorang penculik dan seorang pelanggar HAM terhebat di Indonesia, Tahun 1998 sewaktu terjadi penculikan aktivis pro-demokrasi pada Mei 1998, penculikan itu adalah atas inisiatif Prabowo, yang kala itu menjabat Pangkostrad.
Karena perbuataannya itu Prabowo akhirnya dipecat dari jabatannya atas rekomendasi dari DKP, namun karena hubungan kuatnya dengan mertuanya yang tak lain adalah mantan Presiden RI Soeharto, maka putusan Presiden menambahkan frase 'dengan hormat' dalam keputusan pemecatannya Prabowo.
Prabowo termasuk tokoh kontroversial di Indonesia. Pada tahun 1983, kala itu masih berpangkat Kapten, Prabowo diduga pernah mencoba melakukan upaya penculikan sejumlah petinggi militer, termasuk Jendral LB Moerdani, namun upayanya itu gagal.
Kita kembali ke tahun 1990, Prabowo juga pernah terkait dengan sejumlah kasus pelanggaran HAM di Timor Timur. Pada tahun 1995, ia sempat menggerakkan pasukan ilegal yang melancarkan aksi teror ke warga sipil. Peristiwa ini membuat Prabowo nyaris baku hantam dengan Komandan Korem Timor Timur saat itu, Kolonel Inf Kiki Sjahnakrie, di kantor Pangdam IX Udayana, Mayjen TNI Adang Ruchiatna. Sejumlah lembaga internasional menuntut agar kasus ini dituntaskan. Menurut Adnan Buyung Nasution, kasus ini belum selesai secara hukum karena belum pernah diadakan pemeriksaan menurut hukum pidana.
Kemudian pada tahun 1997, Prabowo diduga kuat mendalangi penculikan dan penghilangan paksa terhadap sejumlah aktivis pro-Reformasi. Setidaknya 14 orang, termasuk seniman 'Teater Rakyat' Widji Thukul, aktivis Herman Hendrawan, dan Petrus Bima yang hilang dan tidak ditemukan hingga sekarang. Mereka diyakini sudah meninggal. Prabowo sendiri mengakui memerintahkan Tim Mawar untuk mengeksekusi operasi tersebut.
Namun, Prabowo belum diadili atas kasus tersebut hingga sekarang walau anggota Tim Mawar sudah dijebloskan ke penjara. Para korban dan keluarga korban juga sama sekali belum memaafkannya dan masih terus melanjutkan upaya hukum. Sebagian berupaya menuntut keadilan dengan mengadakan aksi 'diam hitam kamisan', aksi demonstrasi diam di depan Istana Negara setiap hari Kamis. Prabowo dan koleganya, Sjafrie Syamsuddin, juga tidak pernah memenuhi Panggilan Komnas HAM yang berusaha untuk mengusut kasus tersebut.
Prabowo juga diduga kuat mendalangi Kerusuhan Mei 1998 lalu, berdasar temuan Tim Gabungan Pencari Fakta. Dugaan motifnya adalah untuk mendiskreditkan rivalnya, untuk menyerang etnis minoritas, dan untuk mendapat simpati dan wewenang lebih dari Soeharto bila kelak ia mampu memadamkan kerusuhan, yang mana ternyata ia gagal. Dia juga masih belum diadili atas kasus tersebut.
Juga pada Mei 1998, Prabowo melakukan insubordinasi dan berupaya menggerakkan tentara ke Jakarta dan sekitar kediaman Presiden untuk kudeta. Karena insubordinasi tersebut ia diberhentikan dari posisinya sebagai Pangkostrad yang dilanjutkan dengan keputusan Presiden.
Setelah Mei 1998, untuk menghindari tekanan dari internal terkait insubordinasi tersebut dan menghindari pengusutan hukum terkait kerusuhan Mei dan penculikan para aktivis, ia melarikan diri ke Yordania. Ia mendapat suaka politik dan status kewarganegaraan dari Abdullah II. Pangeran Abdullah II yang kemudian pada 1999 menjadi Raja Yordania adalah kawan Prabowo sesama komandan pasukan Khusus.
Prabowo kembali ke Indonesia pada 2001 setelah kekuatan Poros Tengah menggulingkan Presiden dan momentum untuk mengusut kasus-kasus pelanggaran HAM Orde Baru mulai surut. Setelah meninggalkan karier militernya ia menjadi pengusaha, mengikuti karier adiknya Hashim Djojohadikusumo, antara lain dia memiliki saham dalam PT Kertas Nusantara. Ia juga mencalonkan diri sebagai calon presiden dari Partai Golkar pada Konvesi Capres Golkar 2004 tapi gagal.
Ambisi kekuasaan Prabowo membuatnya tidak kapok walaupun sudah pernah gagal selama 2 kali, yaitu kala konvensi (2004) dan pemilu 2009. Jargon ekonomi kerakyatan yang diusung Prabowo-Hatta dalam Pemilu 2014 ini walau terdengar manis, sejumlah kritik pun dilayangkan pada konsep ekonomi ini. Sebagian menganggapnya sebagai Ekonomi Komando yang otoriter dan gagal, terbukti kenaikan harga dan inflasi 650% per tahun dan kelaparan terjadi di sejumlah tempat.

Quote:

Sumber Berita : https://news.detik.com/bbc/4132789/d...n-aktivis-1998

BONUS KLIPPING IS BACK
Spoiler for BONUS KLIPPING:

Diubah oleh gembaladomba1.3 11-08-2018 10:39
0
4.7K
58
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.