siapaajaboleh89Avatar border
TS
siapaajaboleh89
Kenapa Agan Harus Menjaga Kesehatan Tulang? Cek di Sini!


Tubuh kita itu ibarat aset berharga yang sangat penting bagi kelangsungan hidup kita. Oleh karena itu, kita harus menjaganya baik-baik. Caranya bermacam-macam, yaitu dengan pola hidup yang sehat, tidak sembarang makan, dan tidur yang cukup. Ingat, agan bisa membayar dokter untuk kesehatan agan, tapi agan gak bisa membeli nyawa pake duit (emang respawn?). emoticon-Hammer2

Bicara soal kesehatan tubuh, salah satu yang harus dijaga adalah tulang. Kenapa tulang? Karena bagian tubuh inilah yang paling berperan penting dalam menopang badan agan. Bayangin aja, ada sekitar 206 tulang di dalam tubuh agan, dan tulang-tulang inilah yang memberi bentuk tubuh. Makanya, tubuh orang itu bermacam-macam, gan. Ada yang tinggi, pendek, tegak, atau bungkuk. Semua itu bergantung pada tulang yang memberi bentuk tubuh tersebut.

Ketika agan bangun pagi, usahakan tubuh agan terpapar sinar matahari alias berjemur. Agan boleh sekedar keluar rumah sebentar untuk jemuran, atau bisa juga jogging di suatu tempat terbuka. Hal ini dilakukan karena sinar matahari pagi itu mengandung vitamin D yang baik untuk tulang. Agan bisa liat sendiri, gimana perbedaan orang yang gak pernah keluar waktu matahari terbit dan yang tiap hari keluar.




Seiring bertambahnya usia, tulang-tulang kita ini pun mulai berkurang kekuatannya, gan. Selama perjalanan hidup, agan selaku pemilik tulang pasti pernah mengalami berbagai kejadian yang berdampak pada tulang agan, seperti jatuh, kesenggol, dan sebagainya. Nah, kalo seperti itu harus lebih diperhatiin lagi, gan. Pasalnya, ketika usia semakin senja, tulang-tulang kita mulai mengalami kerapuhan, atau sering disebut keropos. Makanya, sangatlah dilarang untuk jatuh kalo usia udah di atas 40-an tahun.

Ane punya kenalan di kantor ane. Beliau saat itu sedang enggak bisa masuk kerja lantaran badannya ketimpa sepeda motor miliknya (ukuran motor sport itu pulak, gan) gara-gara lupa dicagak. Bayangin aja, sepeda motor itu udah berat yah, ini malah nimpa badannya lagi. Alhasil, terjadilah pergeseran pada tulangnya, yang menyebabkan beliau harus ditangani secara medis, dan enggak bisa langsung sembuh begitu saja. Yang sakit itu tulangnya, pas mau gerak itu gimana yaa gitu (Usianya sekitaran 30-an gitu).

Banyak juga kasus atlet-atlet olahraga, terutama pemain sepakbola yang harus menjalani perawatan medis gara-gara cedera yang mayoritas terjadi pada tulangnya. Itulah kenapa para pemain sepakbola harus memasang deker (pelindung tulang kering) di kaki mereka, untuk mengantisipasi terjadinya cedera di kaki mereka (apalagi pas disleding).

Spoiler for Bukan yang ini ya gan:



Karena itu, menjaga kesehatan tulang itu penting sekali, gan. Bayangin aja, kalo tulang agan gak sehat, mau gerak aja susah karena rasa sakit yang ditimbulkan, apalagi mau jalan. Agan bisa melakukan olahraga-olahraga yang melatih kekuatan tulang, seperti latihan beban.

Kalo agan punya cerita tentang tulang, ane terima dengan senang hati.

TERIMA KASIH
emoticon-Ngaciremoticon-Ngaciremoticon-Ngacir


Edit:
Spoiler for Sumur:
Diubah oleh siapaajaboleh89 11-08-2018 08:22
0
1.5K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.