Kaskus

News

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongkalingkong.Avatar border
TS
kongkalingkong.
Marketplace Indonesia Isinya 90% Barang Impor
Beberapa marketplace di Indonesia tengah berada di puncak popularitasnya saat ini. Sayangnya, barang jualan di dalamnya masih mayoritas merupakan produk impor.

Hal itu diungkapkan langsun oleh Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di sela-sela acara #GoogleUntukUKM di Pasar Mayestik, Jakarta, Kamis (9/8/2018).

"Semua barang di marketplace itu, bukan e-commerce, 90%nya adalah barang impor. Nah, ini kewajiban pemerintah untuk menurunkan supaya produk teman-teman (UKM) ini ada di pasar. Ini cepat terealisasi kalau terus bergandangantangan," tuturnya


Contoh marketplace yang dimaksud Gati ini seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, hingga Lazada Indonesia.

"Itu barang jadi, barang jual kan ya barang jadi. Sekitar 90%, bahkan lebih dari 90% itu barang impor. Misalnya, baju itu barang impor, kenapa? karena lebih murah karena biaya produksi di sana lebih murah, bukan soal tenaga kerjanya, tetapi biaya produksinya," ungkap Gati.

"Biaya produksi kita masih mahal karena bahan bakunya masih impor. Nah, ini pemerintah harus investasi di situ," kata Gati menambahkan.


Kendati begitu, pemerintah tak lantas mengatur mengenai batasan jumlah barang impor yang tersebar di berbagai marketplace Indonesia ini. Menurutnya, pemerintah harus lebih mempersiapkan persedian barang dalam negeri.

"Nggak ada, ngapain diatur-atur, dilepas saja, tapi pemerintah fasilitasi. Pemerintah jangan bikin susah orang atur-atur, bikin semua happy," pungkasnya.


https://inet.detik.com/cyberlife/d-4...0-barang-impor


impor impor dan impor emoticon-Malu


emoticon-I Love Indonesia

0
2.3K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
KASKUS Official
676.3KThread45.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.