Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

panastak.cinaAvatar border
TS
panastak.cina
Melihat Silsilah Ma'ruf Amin yang Buyutnya Sangat Dihormati di Arab
Melihat Silsilah Ma'ruf Amin yang Buyutnya Sangat Dihormati di Arab

Ma'ruf Amin menjadi Calon Wakil Presiden mendampingi Jokowi. Sosoknya dikenal sebagai pendiri Ponpes An Nawawi Tanara. Nama tersebut diambil dari kakek buyutnya bernama Syekh Nawawi Al Bantani, seorang ulama asal Banten yang pernah menjadi Imam Masjidil Haram.

Ahmad Muayyad (40), anak ke-6 dari Ma'ruf Amin membenarkan bahwa ayahnya adalah salah satu cicit dari Syekh Nawawi Al Bantani. Meskipun ayahnya lahir di Kresek, Tangerang, ia kemudian berjuang mendirikan pesantren di tempat kelahiran kakek buyutnya di Tanara.

"Iya, beliau adalah cicitnya. Di sini tempat kelahiran Syekh Nawawi," ujarnya kepada detikcom di Tanara, Serang, Banten, Jumat (10/8/2018).
Baca juga: Kisah Kakek Ma'ruf Amin yang Pernah Jadi Imam Besar Masjidil Haram

Lalu, siapakah sebetulnya Syekh Nawawi Al Bantani tersebut? Pada Jumat (13/7) lalu saat Haul ke-125 Syekh Nawawi, Ma'ruf Amin bercerita siapa sosok tersebut.

Ma'ruf mengatakan Syekh Nawawi merupakan putra kampung Tanara, Banten yang meninggalkan tanah air untuk belajar ilmu agama di Timur Tengah. Ia kemudian dikenal sebagai pemimpun ulama di daratan Saudi Arabia dan dikenal sebagai ulama besar abad ke-14 H.

Nama Syekh Nawawi disebutkan dalam Kamus Besar Bahasa Arab Al Munjid. Di kamus tersebut, hanya ada dua orang Indonesia yang disebutkan yaitu An Nawawi dan Sukarno.

"Di Munjid tersebut disebut Syekh Nawawi seorang Jawa yang adalah ahli fiqh mazhab Syafi'i, seorang ahli tasawuf, unggul dalam bidang tafsir dilahirkan di Jawa kemudian pindah ke Mekah," kata Ma'ruf Amin.

Sosok Syekh Nawawi sangat produktif dalam menyusun kitab. Kitabya hampir ratusan karya mulai dari tasawuf, tafsir, ilmu fiqh dan tasawuf. Kitabnya dijadikan rujukan di Mesir dan Libya dan jadi sumber penelitian.
Baca juga: Pesan Aa Gym Untuk Jokowi Vs Prabowo

Di samping melahirkan karya, Syekh Nawawi juga menjadi guru dari banyak ulama Indonesia. Beberapa muridnya yang dikenal adalah Hasyim Asyari pendiri Nahdatul Ulama, KH Kholil Bangkalan, sampai Ahmad Dahlan yang juga pendiri Muhammadiyah.

"Hampir seluruh organisasi Islam di Indonesia ternyata didirikan oleh murid beliau," ujarnya.

Sosok Syekh Nawawi juga menurutnya adalah ulama yang melahirkan pemikiran Islam moderat. Konsep ini yang dibawa oleh murid-muridnya saat kembali ke Indonesia

sumber

Ntap sampai cina dan ngarab hormat,

Mari teman2 ahok, bulatkan tekad utk aksi bela ulama dan sahabatnya melawan para penista. KoRuf 2019 emoticon-Imlek

Melihat Silsilah Ma'ruf Amin yang Buyutnya Sangat Dihormati di Arab
bukan.bomat
bukan.bomat memberi reputasi
-1
4.8K
38
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.