bear89800Avatar border
TS
bear89800
Produktif Bukan Berarti Mengerjakan banyak Hal

Mengerjakan banyak hal atau multitasking adalah hal yang biasa di zaman ini.

Tapi perlu di sadari bahwa multitasking tidak melulu berdampak positif.

Multitasking juga bisa memberikan dampak negatif yaitu membuat fokus terpecah. Fokus pada satu pekerjaan sangat penting untuk meningkatkan kualitas pekerjaan.


Multitasking membuat seseorang menangani 2 problem yang berbeda dalam satu waktu, sehingga tidak bisa benar-benar fokus pada 1 masalah.

Disinilah otak kelelahan bekerja, akibatnya fokus berkurang dan pekerjaan tidak bisa di selesaikan dengan baik.


Sebenarnya ada banyak tips yang di berikan untuk mempertahankan fokus.

Hampir semua orang menyarankan kita untuk istirahat yang cukup.

Sama seperti organ yang lain, otak juga bisa kelelahan. Dampak dari kelelahan adalah hilangnya fokus, untuk itulah sangat disarankan bagi karyawan untuk istirahat yang cukup dan minum air yang cukup. Maka dari itu tidur yang cukup dan istirahat kerja adalah hal yang penting.




Ada baiknya kita mulai merencanakan pekerjaan kita sepanjang hari. Dengan membuat rencana, ente bakalan paham tujuan yang ingin di capai sehingga lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi hari ini.

Jika ente tidak punya rencana, itu akan membuat ente di seret kesana kemari tanpa fokus yang jelas.


Untuk lebih fokus ada baiknya ente mengurangi gangguan dari lingkungan sekitar. Hilangkan semua berkas selain berkas yang sedang ente kerjakan, dengan demikian ente tidak akan kesulitan mencari berkas yang berkaitan dengan proyek yang ente kerjakan.

Jika ente sedang mengetik berkas, tutup aplikasi lain sehingga fokus ente hanya pada pekerjaan ente.


Manusia adalah makhluk yang mengikuti kebiasaan.

Untuk itu, ada baiknya ente membangun kebiasaan untuk selalu bekerja ketika sedang di meja kerja, dengan demikian kita akan lebih mudah untuk menghindari godaan yang seharusnya tidak kita kerjakan misalnya bermain game. 

Sebaliknya, ketika istirahat biasakan pula untuk beristirahat dan berhenti bekerja. Dengan begitu, jam istirahat tubuh akan terpenuhi.



Lingkungan kerja juga menjadi penentu fokus atau tidaknya kita melakukan pekerjaan. Misalnya lingkungan kita berisik, ini akan membuat kita tidak bisa fokus menangani pekerjaan.

Maka dari itu perhatikan juga kondisi lingkungan kerja.


Kurangnya fokus akan menyebabkan hasil kerja yang kurang bagus dan proses kerja yang lambat.

Hanya dengan fokus kita bisa meningkatkan produktifitas.









1
17.1K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.