ameliajordanaaAvatar border
TS
ameliajordanaa
Belajar Bahasa Korea Seorang Diri? Sangat bisa, kok!
Hai agan sista!


Pernah tidak agan sista disini, terlintas di pikiran untuk menguasai bahasa asing lain selain bahasa Inggris?
Mungkin, bahasa Jepang, bahasa China, atau bahasa Korea sebagai bahasa yang lazim dipelajari di benua Asia?

Saya rasa, setidaknya beberapa diantara agan sista setidaknya pernah berkeinginan untuk menguasai bahasa asing selain bahasa Inggris. Terlebih lagi, bahasa Inggris memang sudah terpelajarisejak usia dini

Nah, bagi orang-orang yang menyukai budaya Korea, pasti jelas memiliki keinginan untuk memahami bahasa Korea.
Yah, mulai dari alasan untuk sekedar memahami tweets twitteratau caption instagram artis idola, hingga alasan untuk menambah kompetensi berbahasa Korea dan paham tweets/caption artis idola sebagai bonus.




Sekarang, yuk masuk ke topik!


Lewat thread pertama saya ini, saya terpikir untuk membagi pengalaman saya dalam belajar berbahasa korea seorang diri, atau yang sering disebut sebagai self-learning. Mungkin, bisa diaplikasikan pula ke pembelajaran bahasa asing lainnya.


Sebelum masuk ke tips belajar bahasa Korea sendiri, saya mau berbagi sedikit latar belakang saya mempelajari bahasa ini.

Sekitar enam setengah tahun yang lalu, saya menyukai musik Korea untuk pertama kali. Saya bukantipikal penggemar artis idola Korea yang aktif membeli sana sini, atau penggemar yang menonjol. Saya lebih kepada tipikal penggemar yang tenang, pasif, dan cenderung tidak menginginkan sesuatu yang muluk muluk.

Pada waktu itu, satu-satunya hal yang saya pikirkan adalah tentang bagaimana saya dapat memahami pesan artis idola Korea di twitter, tanpa perlu menunggu terjemahan. Saya rasa, pasti akan sangat menyenangkan jika memahami pesan mereka terlebih dahulu daripada penggemar lainnya.

Dari situ, mulailah saya bersikeras untuk mempelajari bahasa itu seorang diri tanpa kursus, dan hanya berbekal sebuah situs belajar bahasa Korea di dunia maya. Sangat susah untuk belajar sendiri, memang. Namun, karena tekad saya cukup besar, maka saya paksa diri saya untuk mempelajari bahasa yang sebelumnya asing di telinga saya.


Lalu, dengan cara apa saja saya mempelajari bahasa Korea tersebut?


1. Materi pembelajaran Bahasa Korea yang saya jadikan sebagai acuan, hanya satu situs. Hal itu saya lakukan agar pelajaran bahasa tidak terbagi-bagi dan belajar secara urut-bertahap.

Situs belajar bahasa Korea yang saya akses yaitu website Talk to Me in Korean.

Saya sengaja memilih situs tersebut karena memang dikelola oleh native speaker Korea Selatan itu sendiri. Adapun alasan lainnya, memang saya sendiri ingin belajar bahasa Korea dengan menggunakan bahasa Inggris. Agar sekalian belajar dua bahasa sekaligus.

Situs itu menawarkan pembelajaran bahasa Korea secara bertahap, dimulai dari level 1 hingga level 9 (plus pelajaran tambahan).
Pdf dalam situs tersebut pun dapat diakses secara gratis, dengan pelajaran yang bagi saya mudah dimengerti.


2. Membiasakan diri membaca hangul (huruf korea) tanpa romanji-nya.

Pada awalnya, cukup sulit menghafalkan hangul dikarenakan jumlah yang cukup banyak, beragam, dan tidak sedikit yang memiliki kemiripan. Terlebih lagi, teknik pembacaan dan penulisannya yang cukup ragam. Karena itu, saya sarankan untuk sedikit demi sedikit membiasakan diri dengan hangul, walaupun cukup sulit. Perlahan tapi pasti, hingga akhirnya nanti akan hafal dan terbiasa dengan sendirinya


3. Menonton reality show atau variety show Korea Selatan yang memiliki tulisan percakapaan (dalam bahasa korea) di bawah.

Tentu saja, menonton reality show atau variety show yang sudah diterjemahkan. Namun, kegiatan ini saya lakukan untuk menambah vocabularysaya. Walaupun pada akhirnya saya harus sedikit bolak-balik google terjemahan untuk menerjemahkan teks tulisan korea di bawah dengan subtitle yang sudah ada. Langkah ini bisa dilakukan sampai bosan. Kalau sudah bosan dan lelah, ya tinggal menonton saja tanpa menyibukkan diri menerjemahkan kata.




4. Perlahan tapi berusaha, sedikit demi sedikit menerjemahkan tweets artis idola Korea demi lagi-lagi menambah kemampuan vocabulary.

Karena inilah yang melatarbelakangi tekad saya dalam mempelajari bahasa Korea, maka saya benar-benar melakukan hal ini dengan sepenuh hati. Walaupun hanya sedikit yang bisa saya artikan pada mulanya, namun seiring berjalannya waktu, kemampuan saya dalam menerjemahkan tweetsmereka akan bertambah. Mungkin bisa dicoba pula?


5. Nekat mencari teman orang Korea, yang kurang bisa berbahasa Inggris.

Cukup sulit untuk melakukan ini, karena tidak semua orang sana mau menerima kemampuan berbahasa Korea kita yang minim.
Karena itu, saya baru berani melakukan ini kira-kira lima tahun sejak pertama kali saya belajar. Seringkali, kenekatan malah memaksa untuk melakukan yang terbaik sebisa kita. Karena itu saya sarankan untuk nekat saja mencari teman. Kalau saya, pencarian teman ini saya mulai dari komunitas penggemar khusus orang Koreadi aplikasi Twitter. Nekat memang, namun saya berhasil kok pada akhirnya. Mungkin bisa dicoba setelah bahasa Korea agan sista telah cukup mumpuni ^^


Belajar bahasa asing, terlebih lagi bahasa yang menggunakan aksara seperti bahasa Korea, memang tidaklah mudah. Apalagi jika pelajaran bahasa ini dilakukan seorang diri atau otodidak. Sulit memang, namun jelas akan sangat amat berguna jika berhasil di kedepannya. Walau kemampuan berbahasa Korea saya masih belum sebagus itu, paling tidak saya merasakan kepuasan yang besar terhadap hasil kerja keras saya dalam belajar.


Sekian cerita dan tips dari saya. Semoga thread ini bermanfaat bagi agan sista yang mau memulai belajar bahasa Korea seorang diri. Semangat!!

bamzbatam
bamzbatam memberi reputasi
1
9.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Korea Selatan
Korea SelatanKASKUS Official
835Thread336Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.