Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Jangan Masuk Dunia Perhotelan Kalau Tidak Mau Mendapatkan 7 Hal Ini..!!

cikoniko2688Avatar border
TS
cikoniko2688
Jangan Masuk Dunia Perhotelan Kalau Tidak Mau Mendapatkan 7 Hal Ini..!!
WELCOME IN MY FIRST THREAD


Hospitality Industry, itulah kalimat pertama yang membawa Bisnis Perhotelan masuk dalam kategori ini. Buat yang belum tau apa itu Hospitality Industry, disini saya akan share wawasan saya. Hospitality menurut bahasa berarti "keramah-tamahan" sedangkan Industry berarti "kegiatan usaha/pengelolaan sebuah bisnis", jadi bisa diartikan kalau Hospitality Industry adalah sebuah usaha/pengelolaan bisnis yang mengutamakan keramah-tamahan dalam bentuk pelayanannya. Contoh bidang kerja yang termasuk dalam Hospitaity Industry adalah Pariwisata, Perhotelan, Restoran, Biro/Agen Perjalanan Wisata, Tourism Guide, Pasar Cinderemata dan Souvenir serta lain sebagainya.

Namun disini kita tidak akan membahas semua hal itu, saya lebih menitik-beratkan ke poin Perhotelan, dimana bidang ini mendadak menjadi "Trending Topic" di kalangan masyarakat Indonesia, terutama bagi mereka yang ingin mengawali karir dengan menjadi staff atau karyawan di bisnis penyedia jasa penginapan ini. Sebenarnya ada banyak sekali jenis penginapan yang ada di sekitar kita, hotel adalah salah satunya, selain terdapat juga Vila, Losmen dan Homestay/Guest House. Berbicara tentang Hotel pun tidak melulu soal "tempat beristirahat", karena kita maklum, masih banyak sekali orang-orang Indonesia yang salah kaprah tentang Hotel, mulai yang dari kelas melati sampai yang kelas berbintang, hal ini tentu membawa dampak yang kurang baik mengingat citra hotel atau penginapan sering di identikan dengan hal-hal berbau negatif.

Spoiler for Contoh Hotel Kelas Melati:


Spoiler for Contoh Hotel Kelas Berbintang:


Contoh foto diatas hanya perbedaan dari tampilan kamar antara hotel kelas melati dan hotel kelas berbintang, jelas sekali kan bedanya. Selain perbedaan tampilan kamar, dari sisi fasilitas, harga dan Standart Service juga banyak ditemukan perbedaan, belum lagi jika kita berbicara soal pengalaman, tentu pengalaman menginap di hotel berbintang jauh lebih berkesan dan memorable ketimbang di hotel kelas melati. Apalagi sekarang banyak sekali program penawaran/promo yang bisa kita manfaatkan saat menentukan jenis hotel. Dalam hal sewa kamar per harinya, selisih harga antara hotel kelas melati dan hotel kelas berbintang tidak terpaut jauh, antara 200-350 ribu saja.

Apalagi Indonesia sendiri juga sedang giatnya menggerakan sisi pariwisata, hal ini tentu akan membawa dampak positif terhadap pengadaan Hotel yang memadai untuk para wisatawan/pengunjung baik yang datang dari dalam atau luar negeri. Banyak dibangun hotel-hotel kelas berbintang di beberapa kota besar di Indonesia seakan memberi isyarat pada kita bahwa peluang dengan mengambil karir di bidang ini sudah terbuka lebar. Sedikitnya ada 7 hal yang bisa membuat kita semakin tertarik mengambil peluang/karir di bidang ini.



1. Gaji Tinggi Diatas Rata-Rata..!!
Spoiler for Gaji Anak Perhotelan:

Berbeda seperti orang yang bekerja di perkantoran, mereka yang bekerja di hotel-hotel berbintang memiliki lebih banyak penghasilan, sedikitnya ada 3 sumber penghasilan yang bisa mereka dapatkan ketika sudah menjadi Staff di Hotel Berbintang. Selain tentu saja mendapatkan gaji pokok sesuai nilai UMK di masing-masing wilayah, mereka juga akan mendapatkan tambahan berupa UANG SERVICE dan UANG TIPS. Hal tersebut tentu saja tidak akan ditemui di wilayah kerja perkantoran, dimana nilai dari Uang Service & Uang Tips ini seringkali melebihi dari nilai gaji pokok. Di wilayah Bali saja, untuk standar hotel bintang 5, rata-rata kita bisa mendapatkan uang tips dengan nominal paling kecil Rp. 200.000 per hari..!! bayangkan jika kita bekerja selama 25 hari kerja. 25 x Rp. 200.000 = Rp. 5.000.000..!! itu belum termasuk uang gaji pokok dan uang service, jika di total setiap bulan, Staff Perhotelan bisa menerima Total Salary sejumlah 7-9 juta rupiah setiap bulan..!! Wow!! Itulah kenapa orang-orang perhotelan bisa tampil bergaya mewah dengan penampilan elegan dan mentereng.


2. Peluang Karir Yang Luas..!!
Spoiler for Kerja Anak Perhotelan:

Kita mungkin bertanya-tanya, "kerja di hotel? kerjanya ngapain?", pertanyaan seperti itu memang banyak sekali dipertanyakan terutama bagi mereka yang sedang mencari informasi tentang bidang pekerjaan yang tersedia di suatu hotel. Yang dimaksudkan disini bukan di hotel kelas melati, karena jika di hotel kelas melati, mengingat fasilitas serba terbatas, otomatis staff dan karyawannya juga terbatas dan bidang pekerjaan yang dimiliki juga terbatas. Tapi kalau di hotel berbintang, sedikitnya ada 4 departemen yang bisa kita pilih sesuai dengan passion kita. Mulai Front Office, Housekeeping, Food Beverage dan Kitchen. Bahkan di beberapa Hotel berbintang lain juga ada yang menyediakan fasilitas MICE (Meeting, Incentives, Convention, Exhibition) melalui Ballroom yang rata-rata ada di setiap hotel berbintang. Kalau kita cenderung menyukai komunikasi, kita bisa bergabung di departemen Front Office. Suka kerapian? maka Housekeeping tempatnya. Tapi kalau kita suka dengan kuliner, maka kita bisa memilih departemen Food Beverage. Suka masak atau ingin menjadi Cook/Chef, maka kita bisa bergabung di departemen Kitchen. Banyak kan?


3. Pendidikan Perhotelan Itu Singkat dan Tidak Perlu Gelar!!
Spoiler for Sekolah Perhotelan Terbaik:

Tingginya permintaan tenaga-tenaga kerja di bidang perhotelan membuka peluang bagi sekolah atau lembaga pendidikan untuk membina, mendidikan dan meluluskan alumni yang siap berkarir dan bekerja di bidang perhotelan. Berita baiknya, jika dulu kita harus mengabil studi D3 ataui S1 Pariwisata, saat ini lulusan D1 Perhotelan pun sudah bisa mengawali karir du bidang Perhotelan. Bahkan, di beberapa kasus juga ditemukan, lulusan SMK bidang kejuruan Perhotelan dan sejenisnya juga punya kesempatan untuk bisa mengawali karir di bidang ini. Hal ini tentu merupakan kabar bagus terutama buat kita yang sedang mencari referensi Sekolah Perhotelan Terbaikdengan biaya yang relatif terjangkau dengan mitra kerja dan panyaluran yang terpercaya.


4. Menjadi Orang Yang Berwawasan..!!
Spoiler for Expand Your Knowledge:

Ada banyak sekali istilah dalam dunia kerja Perhotelan, selain itu, bidang ini identik dengan Pariwisata, Travel dan Kuliner, dimana ketiga hal itu menuntut seseorang harus berwawasan luas, baik dalam segi pengenalan area kerja, atau juga dari sisi sejarahnya. Belum lagi jika kita telisik dari ragam kuliner yang disediakan hotel-hotel berbintang, termasuk penggunaan bahasa di area kerja (Inggris/Mandarin/Jepang), karena memang dunia kerja perhotelan menggunakan Standar Service International di setiap bentuk pelayanannya. Belum lagi dengan banyaknya orang (Guest/Tamu) yang kita temui setiap harinya secara silih berganti, tentu melalui obrolan, diskusi dan sharing pengalaman atau sekedar cerita, kita bisa mendapatkan banyak sekali wawasan. Terlebih lagi dengan para Staff Senior atau para Manager yang ada di sebuah hotel berbintang, mereka akan dengan senang hati berbagi ilmu pengetahun, wawasan dan pengalaman untuk kita. Belum lagi ketika kita bekerja di luar Indonesia, pasti wawasan dan pengalaman yang kita dapatkan jauh lebih berkembang.


5. Kesempatan Yang Mudah, Murah dan Cepat Untuk "UPGRADE" Ke Level Internasional..!!
Spoiler for Upgrade Pekerjaan ke Kapal Pesiar Internasional:

Jika Perhotelan itu di darat, maka Kapal Pesiar itu di laut. Jika Perhotelan itu di dalam gedung, maka Kapal Pesiar adalah Hotel di dalam Kapal..!! Kapal Pesiar (Cruise Ship) biasa disebut sebagi The Floating Hotel atau Hotel yang mengapung. Lantas apa hubungannya Perhotelan dan Kapal Pesiar? Jelas hubungannya adalah PENINGKATAN..!! Hampir segala sesuatu yang pernah kita alami selama bekerja di Hotel Berbintang (darat) akan meningkat (upgrade) mulai dari tempat kita bekerja, teman-teman seperkajaan kita, manajemen tempat kita bekerja, pengalaman, skill (kemampuan kerja) dan tentu saja, GAJI..!! Untuk mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja di Hotel selama minimal 2 atau 3 tahun, mereka bisa Upgrade ke Kapal Pesiar dengan gaji kisaran US. 1500 - 1800 (19-23 jutaan per bulan..!!) Namun perlu diwaspadai, dikarenakan banyak sekali keuntungan yang bisa di dapatkan saat bekerja di kapal pesiar, maka muncul banyak oknum dan calo yang memanfaatkan keawaman orang-orang tentang prosedur untuk bekerja di kapal pesiar. Sejatinya, prosedur yang mutlak diperlukan untuk bisa bekerja di kapal pesiar adalah, bisa berbahasa inggris, memiliki pengalaman kerja di hotel berbintang dan memiliki dokumen pendukung (Paspor, Visa, Seaman Book Dll). Jika kita pernah bekerja di Hotel Berbintang maka untuk biaya pengurusan dokumen itu bisa kita dapatkan dari gaji saat kita bekerja di hotel, sedangkan untuk perekrutan, banyak sekali Agent terpercaya yang tidak memungut biaya alias gratis, bahkan banyak perusahaan kapal pesiar sperti Norwegian Cruise Line memberikan fasilitas tiket pesawat dan biaya Visa gratis. Menariknya untuk bisa bekerja di Kapal Pesiar seperti ini, hanya bisa terjadi jika kita adalah lulusan Perhotelan, bukan yang lain!


6. Lingkungan Kerja Yang Bonafid dan Menyenangkan
Spoiler for Best Teamwork:

Berbeda dengan suasana kerja di wilayah perkantoran dimana kita lebih cenderung fokus, di Perhotelan suasana kerja kita cenderung Stylish dan penuh dengan makna Entertainment, memang hal itu tidak terjadi di semua departemen, semisal di bagian HRD atau Accounting, suasana kerja mereka juga layaknya orang perkantoran. Disini yang ingin saya sampaikan adalah, jika kita bekerja di Hotel Berbintang, maka lingkungan, suasana dan teman-teman yang seprofesi dengan kita bisa jadi menjadi "SECOND HOME" atau rumah kedua kita. Bagaimana tidak, sebagai Staff karyawan hotel kita berhak atas fasilitas Uniform (seragam kerja), Meal Allowment (jatah makan makanan ala hotel), Staff Access (akses khusus untuk Staff), Wi-Fi Connection (Internet via Wi-Fi) dan juga Human Resources Development Program (program/training pengembangan sumber daya manusia).


7. Pengalaman Kerja Yang "FUN-tastic...!!!"
Spoiler for Excellent Career:

Berbicara tentang hidup dan masa depan, siapa sih yang tidak ingin sukses, tidak ingin berhasil atau meraih kejayaan masa depan. Banyaknya peluang dan informasi untuk menjadi orang yang berhasil, terkadang membuat kita sejenak merasa bingung, jalan mana yang harus dipilih. Di Perhotelan, 6 keuntungan yang sudah kita sama-sama ketahui bersama tadi hanya sebagian kecil dan merupakan sebuah akibat dari suatu sebab, yang jika kita tidak lakukan maka tentu tidak akan terjadi. Jika kita menginginkan sebuah perjalanan karir menuju kesuksesan dan keberhasilan memiliki impian masa depan, maka bidang Perhotelan ini layak untuk kita jadikan referensi utama. Selain prosesnya yang singkat dan cepat, peluang yang tersedia juga luas sampai ke tingkat dunia, apalagi jika kita kita sebagai pekerja yang pasti mencari gaji, penghasilan di bidang Perhotelan, tentu saja menjadi pertimbangan tersendiri. Apalagi untuk Anda yang ingin menjadi seorang pengusaha atau pebisnis, untum mendapatkan modal dalam jumlah besar dengan waktu yang realtif singkat, maka bekerja di kapal pesiar adalah solusinya.


Demikian, Semoga Bermanfaat
SALAM HOTELIER!
Polling
0 suara
Apakah Artikel Ini Menarik?
Diubah oleh cikoniko2688 13-03-2017 04:29
0
33.7K
40
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.