Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

beyoungcarerockAvatar border
TS
beyoungcarerock
Bocoran Cawapres Jokowi Versi Rommy Mengarah ke Mahfud Md


Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) mengungkap kisi-kisi cawapres pendamping Jokowi. Kisi-kisi yang diungkap Rommy diyakini mengarah ke Mahfud Md.

"Siapa cawapresnya? Yang jelas dia melengkapi pelangi NKRI di mana presiden dan wapres selalu mengikuti pola nasionalis-religius sebagaimana sejak Desember 2017 lalu secara konsisten saya sampaikan. Dia juga memiliki pengalaman paling luas dalam segala ranah pemerintahan," kata Rommy di akun twitternya @MRomahurmuziy, Rabu (8/8/2018).

"Dia juga mewakili warna religiusitas ormas Islam terbesar di Indonesia serta sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi. Dan yang pasti, seperti sudah saya tegaskan tidak akan keluar dari 10 nama yang saya pernah saya sampaikan Juli lalu," sambungnya.

Bulan Juli lalu Rommy memang pernah mengungkap daftar kandidat cawapres Jokowi. Mereka yang ada di daftar itu di antaranya adalah Rommy sendiri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketum MUI Ma'ruf Amin, Kepala Staf Kepresienan Moeldoko, dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md.

Kicauan kisi-kisi cawapres Rommy bisa dibagi menjadi beberapa poin, yaitu: 1. melengkapi pelangi NKRI di mana presiden dan wapres selalu mengikuti pola nasionalis-religius; 2. memiliki pengalaman paling luas dalam segala ranah pemerintahan; 3. mewakili warna religiusitas ormas Islam terbesar; 4. sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi; 5. tidak akan keluar dari 10 nama yang saya pernah saya sampaikan Juli lalu.

Dari nama-nama tersebut, Mahfud Md bisa dikatakan memenuhi kisi-kisi yang diungkap Rommy. Mahfud, meski bukan pengurus teras Nahdlatul Ulama (NU), namun lekat dengan imej sebagai tokoh NU, ormas Islam terbesar di Indonesia. Bisa dikatakan Mahfud memenuhi poin 1, 2, dan 3. Ada nama lain yang juga memenuhi 3 poin tersebut, yaitu Ma'ruf Amin. Keduanya juga masuk poin nomor 5, yaitu kandidat yang pernah disebut Rommy Juli lalu.

Bedanya dengan Ma'ruf, Mahfud malang melintang mengisi berbagai posisi penting di negeri ini pasca reformasi. Pria kelahiran Sampang, Madura, 61 tahun lalu itu pernah menjadi Menteri Pertahanan dan juga Menteri Kehakiman di kurun waktu 2000-2001.

Mahfud juga pernah menjadi anggota Komisi III DPR periode 2004-2008. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi. Kini, Mahfud menjabat sebagai Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila. Dengan sederet pengalaman tersebut, Mahfud memenuhi poin 4.

"MMD (Mahfud Md -red), karena kalau Ma'ruf Amien belum malang melintang di jabatan publik," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari kepada detikcom, Rabu (8/8/2018).


Sumber

emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2 emoticon-Shakehand2
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
8.4K
87
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.