• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bonus Demografi, Sebuah Kado Kebahagiaan Untuk Indonesia? #IniIndonesiaku

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Bonus Demografi, Sebuah Kado Kebahagiaan Untuk Indonesia? #IniIndonesiaku


Bicara tentang negara indonesia tentunya tak lepas dari kehidupannya yang beragam serta penduduknya yang banyak, berdasar data yang diperoleh dari wikipedia, penduduk indonesia saat ini berada di urutan keempat negara yang memiliki penduduk terbesar di dunia, hingga tahun 2017 indonesia memiliki penduduk sebanyak 261,8 juta jiwa. Tentunya banyaknya penduduk di indonesia menjadi sebuah kebanggaan bagi negeri ini karena memiliki banyak keberagaman mulai dari suku, etnis, ras hingga budaya dan juga agama serta jenis-jenis keberagaman lainnya.

Dalam perjalanan setiap masanya tentu negeri yang kita cintai ini mengalami banyak peristiwa dan banyak hal mulai dari awal kemerdekaan indonesia yang berjuang mati-matian dalam mempertahankan indonesia dari tangan penjajah, masa-masa pembangunan, hingga masa-masa saat ini yang tak terasa sudah mencapai usia 73 tahun kemerdekaan Indonesia di tahun 2018 ini.


Credit : nusantara.news


Dengan banyaknya penduduk di negeri ini tentunya menjadi satu kekuatan tersendiri, banyaknya penduduk inilah negara indonesia sebentar lagi akan mengalami masa-masa bonus demografi dari mulai kurun 2020-2030. Bonus Demografi sendiri merupakan kondisi dimana jumlah penduduk di suatu negara atau wilayah memiliki lebih banyak penduduk yang berusia produktif (15-64 Tahun) daripada penduduk yang berusia non produktif (65 Tahun keatas). Mengapa dikatakan bonus demografi? karena kondisi seperti ini tidaklah terjadi terus menerus dan terjadi hanya sesekali saja. Bonus demografi menjadi keuntungan tersendiri karena peluang untuk menciptakan negara maju sangatlah besar bila ditopang dengan banyaknya penduduk yang berusia produktif yang memiliki kualitas mumpuni dalam setiap bidangnya. Terbukti negara jepang yang porak poranda akibat perang dunia kedua ketika mengalami bonus demografi di tahun 1950, perlahan namun pasti perekonomian jepang membaik dan perekonomiannya  mampu bersaing dengan Amerika Serikat dan uni Soviet di tahun 1970an.

Dalam beberapa tahun terakhir, kabar akan hadirnya bonus demografi di negeri ini berhembus kencang termasuk di tahun sekarang ini menjadi sebuah kabar gembira bagi bangsa ini ditengah carut marutnya kondisi indonesia saat ini yang dikarenakan kondisi sosial, ekonomi dan juga politik yang sedang memanas. Setiap tahunnya termasuk tahun ini pemerintah selalu menggaungkan bahwa indonesia sebentar lagi akan menghadapi bonus demografi mulai tahun 2020. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk bisa menyambut datangnya bonus dmografi di indonesia mulai dari bantuan hingga sosialisasi ke masyarakat serta kebijakan-kebijakan yang tentunya menunjang untuk meningkatkan kualitas SDM di negeri ini.

Menjelang datangnya masa bonus demografi ini, indonesia sendiri sudah mulai merasakan dampak positifnya di tahun ini, diantaranya dari segi ekonomi, dilansir dari inews.id berdasarkan laporan World Economic Forum yang berjudul Global Competitiveness Report 2017-2018, daya saing Indonesia saat ini berada di peringkat ke 36 dari 137 Negara di dunia, naik lima peringkat dari tahun-tahun sebelumnya.


Credit : radarbogor.id


Dampak positif lainnya juga mulai terlihat dari segi lainnya, seperti dari segi olahraga pun indonesia mulai mendulang banyak prestasi dari para generasi mudanya mulai dari sepak bola, bulu tangkis dan olahraga lainnya, sebagai contohnya adalah Muhammad Zohri yang mampu meraih kejuaraan lomba lari 100 meter di kejuaraan dunia atletik U-20 tahun 2018 yang dilaksanakan di Finlandia. Dari segi dunia politik pun para generasi produktif di indonesia terutama generasi muda sudah mulai terlihat di kancah perpolitikan dan siap meramaikan dunia politik guna ikut serta membangun indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Tak dapat dipungkiri lagi generasi muda masa kini sudah mulai unjuk gigi untuk memperlihatkan kualitas mereka demi memajukan bangsa ini.

Bonus Demografi bisa menjadi kado terindah untuk indonesia, asalkan negeri ini siap untuk menghadapi datangnya masa-masa tersebut melalui perbaikan dalam berbagai sektor mulai dari peningkatan kualitas SDM, kualitas ekonomi dan kesejahteraan rakyat dan juga kebijakan-kebijakan yang mampu memfasilitasi datangnya bonus demografi yang hanya dalam hitungan tahun akan segera tiba. Agan dan Sista Ingin menambahkan atau menanggapi? silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber :
Opini Pribadi
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4
Sumber 5
Sumber 6
Sumber gambar via google images
0
9.6K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.