c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Tanaman Unik Di Indonesia, Dari Yang Langka Hingga Buatan


Nah juragan kaskus yang selalu setia membaca tulisan saya yang masih banyak kesalahan karena sangat jauh dari kata sempurna, kali ini saya akan mengulik tentang tanaman unik dan juga langka di nusantara ini.

Banyaknya flora dan fauna di negeri ini memang memberikan keuntungan tesendiri, ketika sang legenda koes plus mengucapkan syair bahwa tanah kita tanah surga memang bukan tanpa alasan, namun sayang di tanah surga yang kita tinggali banyak mahluk yang bernama syaithan hingga rusaklah lingkungan alam Indonesia saat ini, karena kebersihan tak dijaga dan penebangan liar menjadi hal yang biasa, hingga beberapa tanaman di nusantara menjadi langka. Namun dengan pintarnya ilmu manusia tentang ilmu pertanian, banyak rekayasa pada tanaman hingga menjadi unik. Tanaman apa saja itu yuk kita ulas tanaman tersebut,

Sanrego, Sulawesi



Tanaman Sanrego (Lunasia amara) berasal dari Kawasan Timur Indonesia saat ini menjadi tanaman yang langka, padahal tanaman ini sering menjadi tanaman herbal untuk pengobatan tradisional yang dilakukan masyarakat di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Baik dari akar, batang dan daun memang bisa menjadi pengobatan herbal bahkan sudah menjadi rahasia umum tanaman ini bisa meningkatkan libido seks pada lelaki karena sanrego mengandung senyawa kimia turunan saponin, alkaloid, tanin, dan senyawa lainnya yang dapat meningkatkan peredaran darah dalam tubuh sehingga memperbaiki fungsi organ tubuh, tak hanya itu sanrego juga sering digunakan sebagai obat malaria,diabetes, dan gigitan ular.

Sumber : https://m.merdeka.com/peristiwa/kayu...dari-bone.html

Pohon Pepaya Berbatang Banyak



Pohon pepaya aslinya memang tidak pernah bercabang, tapi dengan canggihnya ilmu pengetahuan manusia dengan tehnik menyambung atau cangkok pohon pepaya bisa dibuat bercabang, dan buahnya pun bisa besar seperti pepaya pada umumnya.

Untuk caranya pohon pepaya yang sudah tua tidak produktif lagi ditebang sisakan semeter dari tanah, lalu ditutup dengan plastik agar tidak terkena air hujan dan membusuk kemudian sambunglah pohon pepaya tadi dengan pohon pepaya jenis baru juga bisa, kalau di diamkan pohon yang tadi di tebang akan bercabang dengan sendirinya tumbuh pohon baru, namun jenis yang sama kalau ingin variasi jenis pepaya tadi harus disambung.

Sumber : http://www.agroloka.com/2015/03/poho...annya.html?m=1


Tanaman Buah Cinta



Tanaman buah cinta memang langka, karena tidak dibudidayakan secara intens oleh pemerintah. Tanaman buah cinta biasanya tumbuh di bebatuan karang sepanjang pesisir pantai wilayah timur Indonesia biasanya ada di Sulawesi. Saat ini keberadaan buah ini sangat sedikit, dan bisa dibilang terancam punah. Kelangkaan itu akibat dari perubahan lingkungannya sendiri yang sudah rusak akibat pengikisan pantai dan juga pengambilan secara liar oleh tangan-tangan jahil.

Buah ini modelnya seperti Cinta namun terbalik, warna buah yang sudah matang berwarna merah. Manfaatnya menurut masyarakat pesisir pantai sulawesi untuk meningkatkan stamina.

Sumber : https://www.pertanianku.com/mengenal...an-buah-cinta/

Manggis Merah Kalimantan



Manggis merah sering disebut buah Mundar buah ini asli dari kalimantan selatan, diantaranya ada di Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah, dan Hulu Sungai Selatan. Mundar sendiri memang mirip dengan buah manggis, rasanya manis dan asam memang nikmat untuk dicicipi.

Buahnya yang bundar dan berwarna merah menyala, memang sangat menggoda namun sayangnya tidak di tanam untuk produksi jadi tanaman ini tumbuh liar di hutan-hutan kalimantan, walau bibitnya banyak di jual online sekarang ini, tapi untuk membudidayakan buah ini nampaknya masyarakat masih ragu padahal kandungan gizinya cukup tinggi seperti vitamin C, kalsium, mineral dan serat. Sangat baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Sumber : http://m.jitunews.com/read/12281/mun...sli-kalimantan



Itulah tanaman yang unik dan ada di nusantara, namun sayang kita jarang sekali melihatnya apalagi daerah perkotaan dimana lahan untuk bertani sudah tidak ada lagi. Semua telah berganti dengan kebun beton yang tinggi disana sini, semoga artikel ini menambah wawasan juragan sekalian agar mencintai alam sekitar, kalau bukan kita siapa lagi yang menjaganya. Monggo seruupuutt dolo



c4punk@2018

Diubah oleh c4punk1950... 01-08-2018 07:29
0
11.8K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.