Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
313 Warga Baduy Luar Minta Status Kolom Agama di E-KTP Dirubah
313 Warga Baduy Luar Minta Status Kolom Agama di E-KTP Dirubah

 0 Comment  Banten Nusantara Ragam

MITRAPOL.com – Sebanyak 313 Kartu Tanda Penduduk KTP milik warga Suku Baduy Luar tepatnya di Desa Kanekes Kecamatan Leuwi Damar Kabupaten Lebak meminta agar Dinas Kependudukan dan pencatatan sipil untuk mengganti E-KTP miliknya.

313 Warga Baduy Luar Minta Status Kolom Agama di E-KTP Dirubah

Permintaan tersebut disampaikan Mursid Tokoh Adat Suku Baduy karena dalam kolom agama yang terdapat pada E-KTP tertulis ISLAM, sementara Mursid menegaskan bahwa agama mereka adalah Sunda Wiwitan (Agama Kelam).

"Lain hewa ka islamna kamimah, minta dibenerkeun tulisana kana agama kami," ucap Mursid yang artinya kami bukan benci agama Islamnya cuma minta diperbaiki menjadi agama Sunda Wiwitan.

Dapat dipahami keinginan Mursid selaku Tokoh Adat Baduy yang sebenarnya menginginkan adanya pengakuan keberadaan agama Sunda Wiwitan atau Sunda Kelam di Indonesia dan keinginan itu sudah disampaikan Mursid kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri Zuldan Arif Fakrulloh saat datang mengunjungi Desa Kanekes beberapa waktu lalu.

Namun usulan Mursid dapat langsung terjawab saat itu pula bahwa keinginan warga Suku Baduy belum bisa dipenuhi dan mengenai kolom agama pada E-KTP akan dikosongkan saja.

Ahmad Nur Kepala Bidang Pengelolaan Administrasi Kependudukan saat dimintai keterangannya pada Rabu (1/8/2018) mengtakan bahwa pergantian kami lakukan atas permohonan warga sana (Suku Baduy), lantaran ada kesalahan pada kolom agama di KTP mereka tertulis sebagai agama Islam. 
Kesalahan tersebut terjadi, katanya, diperkirakan pada saat perekaman E-KTP secara massal oleh pihak Kemendagri dengan menggunakan server operator yang disediakannya.

"Waktu itu pihak Kemendagri tidak menggunakan server operator milik kita, tapi membawa sendiri. Sehingga saat proses penginputan data ada terjadi kesalahan pada kolom agama dan akibatnya secara otomatis hasil cetaknya juga akan salah," terang Ahmad Nur.

Ahmad Nur menambahkan, pihaknya akan mengganti E-KTP semuanya sekaligus menjadikan Suku Baduy agar tertib administrasi. Mengingat mereka juga bagian dari dari warga negara, dan jangan sampai terulang gara-gara kolom agama salah. 

“Sebab mereka tidak mau mengikuti pemilu 2019 seperti pada pilkada kemarin," pungkasnya.

Kendati proses pergantian E-KTP membutuhkan proses waktu cukup lama namun pihak Disdukcapil Lebak akan terus berupaya dan segera melakukan kordinasi dengan Kemandagri selaku pihak yang menyimpan server E-KTP tersebut.

Reporter : cecep sobari

http://www.mitrapol.com/2018/08/313-...kolom.html?m=1

Salut kepada warga baduy yang berani menolak jadi pangsa pasar pengembangan ideologi radikalisme agama
0
1.1K
12
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.