c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Jenis Hewan Laut Yang Diasinkan


Hewan laut sering menjadi lauk untuk juragan di rumah bahkan dengan omega 3 yang tinggi gerakan makan sea food pun di galakkan, tapi ingat jangan banyak-banyak juga ya gan nanti manfaatnya jadi tidak terasa.



Nah tapi kalian tahu tidak hewan laut apa saja yang diasinkan dan nikmat untuk di makan bersama keluarga di rumah, banyaknya variasi ikan asin di nusantara memang membuat tanah kita ini layaknya tanah surga.

Untuk itu kita ulas isi dari dalam laut nusantara ini dan menjadi komoditas alam yang dikonsumsi agar terhindar dari gizi buruk yang sering terjadi, mungkin banyak orang mengenalnya dengan nama ikan asin walau hewan laut yang diasinkan tidak hanya dari jenis ikan ya juragan, pengertian dari ikan asin sendiri adalah ikan yang diawetkan dengan diberikan banyak garam dan di jemur hingga kering, ok yuk kita ulas hewan laut apa saja yang sering diasinkan.

Ikan Kembung



Ikan ini sering dijadikan ikan asin dengan nama ikan peda asin, ikan peda sendiri biasanya dari jenis ikan kembung yang betina ikan ini masuk kedalam genus Rastelliger dengan famili Scombridae. Masih kerabat dengan tenggiri, tongkol dan lainnya.

Ketika diolah menjadi ikan asin, tubuhnya hanya dibiarkan setengah kering bahkan sering menjadi macam rupa makanan di nusantara biasanya di pepes.

Ikan Teri



Ikan kecil ini banyak terdapat di nusantara dan menjadi komoditas penduduk negeri ini, yang sering djadikan ikan asin biasanya dari jenis Teri Jengki. Nilai gizi yang tinggi memang memberikan ikan ini menjadi sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain kalsium yang tinggi lengkapnya ikan teri ini mempunyai kandungan gizi yang meliputi energi 77 kkal; protein l6gr; lemak 1.0 gr; kalsium 500 mg; phosfor 500 mg; besi 1.0 mg; Vit A RE 47; dan Vit B 0.1 mg.

Ciri-ciri dari ikan teri bisa kita lihat badan nya silindris, bagian perut membulat, kepala pendek, moncong nampak jelas dan runcing, anal sirip dubur sedikit dibelakang dan warna tubuh pucat, bahkan dari kepala hingga ekor bisa langsung dikonsumsi, masih ragu juragan konsumsi ikan teri.

Ikan Cucut



Ikan cucut memang menjadi ikan yang unik bentuk mulutnya yang menyerupai pedang memang terlihat keren, namun manfaat ikan ini ternyata sangat banyak untuk tubuh manusia karena mempunyai protein dan mineral yang tinggi, ikan ini mempunyai nama latin Rhizoprionodon acutus yang merupakan jenis elasmobranchii.

Ikan cucut pun menjadi salah satu ikan yang diasinkan, rasanyapun antara asem dan asin menjadi satu.

Ikan Terapon



Ikan ini lebih dikenal masyarakat sebagai ikan asin bernama ikan Jambrong, ikan ini hidup di area muara dan lautan dangkal terkadang ikan ini juga dinamakan kerong-kerong. Bentuknya yang unik memang menjadi ciri khas dari ikan ini, rasanya yang nikmat menjadikan ikan ini sering diasinkan oleh pengusaha ikan asin.

Cumi Asin



Hewan laut satu ini sering menjadi santapan rumah tangga, bahkan rasanya yang lezat menambah selera makan menjadi menggelora. Sering juga disebut hewan moluska, manfaat cumi-cumi pun sangat besar dengan kandungan gizi yang tinggi, lengkapnya kandungan gizi dalam cumi-cumi yang baik untuk manusia, yaitu selenium, riboflavin, dan vitamin B 12, bahkan tinta pada cumi-cumi bisa mencegah kanker.

Cumi asin sering diolah menjadi berbagai jenis masakan, dari cumi pedas manis, sambel cumi asin pete, cumi cabe hijau, dan balado cumi asin.

Udang Rebon



Udang Rebon merupakan udang kecil yang banyak terdapat di Asia Tenggara, dengan nama Acetes indicus dinamakan rebon karena ukurannya yang kecil bukan karena berasal dari Cirebon ya juragan.

Ukuran udang tersebut hanya 1-3 cm, secara fisik udang rebon sama saja dengan udang biasa, tak hanya itu udang rebon pun mudah di temukan di pinggir pantai laut yang dangkal. Dengan tehnik diberikan garam dan dikeringkan udang rebon menjadi santapan yang nikmat terlebih lagi sering dijadikan terasi yang nikmat. Karena dengan diolah menjadi terasi nilai jual udang rebon menjadi tinggi.

Itulah hewan laut yang sering diasinkan dan dikonsumsi oleh masyarakat di nusantara, walau masih banyak jenis hewan laut yang diasinkan semoga artikel ini menambah pengetahuan untuk juragan, monggo serupuutt dolo.



c4punk@2018

Referensi tulisan

https://resepkoki.id/2016/11/18/anek...-di-indonesia/


Diubah oleh c4punk1950... 31-07-2018 13:17
0
8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.