Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AboeyyAvatar border
TS
Aboeyy
Inilah Tanda Tangan Terunik di Dunia


Tanda tangan (Inggris: signature berasal dari Latin: signare yang berarti "tanda") atau Paraf adalah tulisan tangan, kadang-kadang diberi gaya tulisan tertentu dari nama seseorang atau tanda identifikasi lainnya yang ditulis pada dokumen sebagai sebuah bukti dari identitas dan kemauan. Tanda tangan berlaku sebagai segel. (Tanda Tangan)

Barangkali GanSis semua sudah pernah melihat tanda tangan seseorang yang paling simpel, yang hanya berupa titik atau garis, hingga yang paling rumit berupa garis yang berkelit-kelit rumit bak benang kusut.

Namun pernahkah GanSis melihat tanda tangan berupa sebuah gambar atau simbol tertentu? Nah GanSis, baru-baru ini tengah viral sebuah tanda tangan yang bisa dibilang paling unik di dunia.

Dilansir dari Kompas.com(31/7), seorang pria di Peru menjadi viral setelah kepolisian setempat mengunggah dokumen berisi tanda tangan yang dibuatnya. Pria tersebut bernama Juan Carlos Varillas Bazan.

Cerita berawal ketika Juan bersama lima temanya ditangkap pada 18 Juli lalu, karena kepemilikan senjata ilegal. Sebelum dimasukkan ke penjara kantor Polisi, Juan harus menandatangani dokumen terlebih dahulu. Namun, petugas penjara langsung terkejut ketika melihat tanda tangannya. Bukan simbol, nama, garis atau titik yang dibuat Juan sebagai tanda tangan, melainkan gambar seekor kucing.

Semula petugas mengira Juan hanya bercanda. Namun akhirnya mereka percaya itu asli tanda tangannya, setelah dibandingkan dengan tanda tangan yang ada pada KTP-nya.

Karena menganggap tanda tangan Juan itu lucu dan unik, maka petugas penjara kemudian mengunggah "tanda tangan" itu ke Facebook, sehingga menjadi viral.

Kepada La Republica, Juan menjelaskan mengapa dia terus menggunakan tanda tangan tak lazim tersebut. Menurutnya, ketika dia berusia 16 tahun, dia memiliki seekor kucing yang sangat disayanginya. Jadi, ketika mendapat KTP, dia mendedikasikan tanda tangannya untuk si kucing kesayangannya tersebut.

Ketika bikin KTP, Petugas Kantor Pencatatan Sipil (RENIEC) sempat menasihatinya untuk mengganti tanda tangannya, karena dikhawatirkan akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Namun Juan menolak usul tersebut, sehingga ia tetap menggunakan gambar kucing tersebut sebagai tanda tangannya hingga sekarang.

Atas unggahan tanda tangannya tersebut, kini Juan balik menuntut kantor polisi yang sudah mengunggah tanda tangannya ke media sosial tanpa izin.***
***
Duh semakin ramai aja nih tuntut menuntutnya. Barangkali ini hikmah dari tanda tangan yang unik tersebut, yaitu bisa dijadikan senjata untuk menuntut balik pihak kepolisian. Ah, tapi itu cuman kebetulan doang. Serumit, seunik atau semudah apapun tanda tangan seseorang, rasanya tidak ada pengaruhnya terhadap nasib. Namun secara psikologis memang tanda tangan bisa menggambarkan kepribadian seseorang. Ilmu ini disebut Grafologi.
***
Menurut Notepam.com, ilmu membaca tulisan tangan dikenal dengan Grafologi yang pertama kali digunakan oleh orang Prancis bernama Michon tahun 1875.

Grafologi adalah metode ilmiah untuk mengenali, mengevaluasi dan mengetahui kepribadian kita melalui tarikan dan pola yang ditampilkan oleh tulisan tangan.

Pada saat menulis, kita tidak sadar mengindikasikan banyak kepribadian.

Gerakan otot-otot halus jari jemari kita pada saat menulis itu merupakan perwujudan dari Ideo Motor Responses (IMR), yaitu proses gerakan refleks otot-otot halus reaksi atas stimulasi bawah sadar kita.

Oleh karena gerakan ini spontan dan otomatis, tulisan tangan akan secara ‘jujur’ mengungkapkan apa yang ada di dalam pikiran bawah sadar kita, tanpa kita menyadarinya.
***
Lalu, kira-kira apa ya makna kepribadian yang terdapat pada tanda tangan Juan tersebut menurut Grafologi?

Ah sudahlah, tak usah deh bikin yang aneh-aneh, jika akhirnya akan menyulitkan diri sendiri aja. Lalu gimana dengan bentuk tanda tangan GanSis semua?***
***
Diolah sendiri dengan sumber direct link.
Diubah oleh Aboeyy 01-08-2018 08:29
adestiey
adestiey memberi reputasi
1
28.9K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.