Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Toyota akan Ramaikan GIIAS 2018 dengan Deretan Mobil Konsep Canggih

whatever0o0Avatar border
TS
whatever0o0
Toyota akan Ramaikan GIIAS 2018 dengan Deretan Mobil Konsep Canggih
Pada gelaran pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2018) pada 2 Agustus mendatang , PT Toyota Astra Motor (TAM) berjanji akan memamerkan banyak mobil konsepnya.

Toyota ternyata sedang menyiapkan special exhibition yang akan menampilkan teknologi elektrifikasi Toyota secara lengkap. Mulai dari kendaraan Hybrid Electric Vehicle (HEV) yang diisi Toyota C-HR, Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dan tentu juga yang terbaru yaitu Toyota Mirai dengan teknologi Fuell Cell Electric Vehicle (FCEV)




Mobil-mobil tersebut akan mengisi booth seluas 2.870 meter per segi di Hall 10B BSD City, Tanggerang. Di dalam booth tersebut diisi sekitar 28 unit mobil display.  Partisipasi Toyota di GIIAS 2018 salah satunya bertujuan untuk memberikan informasi dan mengedukasi masyarakat agar mengetahui lebih dalam mengenai teknologi canggih di Toyota.

Quote:

Bukan hanya itu, Toyota dikabarkan juga akan membawa sebuah display teknologi kendaraan konsep terbaru yang pertama kali dimunculkan pada gelaran Tokyo Motor Show tahun 2017 kemarin i-Series yang terdiri dari i-Ride, i-Walk, i-concept yang merupakan sebuah konsep electric car dengan teknologi artificial intelligence (AI) ini dibawa langsung dari Jepang yang memungkinkan mobil memahami karakter pengemudinya dengan teknologi automated driving.

Untuk kawasan kawasan Asia Tenggara, tampaknya Toyota di Indonesia menjadi yang pertama memperkenalkan konsep i-series ini langsung kepada masyarakat khusus di gelaran GIIAS 2018. Nah, kira-kira bentuk mobil-mobil Toyota Concept-i Series itu seperti apasih?

Yang pertama adalah Concept-i RIDE. Mobil ini memiliki desain kompak, berlantai rendah dengan atap tinggi. Dimensinya cukup mungil dengan panjang 2.500 mm, tinggi 1.500 mm, dan lebar 1.300 mm. Walaupun begitu, Concept-i RIDE memiliki kabin yang lapang. Concept-I RIDE ini diklaim sebagai mobil yang bersahabat dengan pengguna kursi roda.

Dengan pintu model gullwing memudahkan penumpang untuk masuk maupun keluar serta kursi yang juga dapat diatur maju mundur secara fleksibel. Karena itulah mobil konsep ini bersahabat dengan pengguna kursi roda, dikarenakan pintu gullwing atau model sayap yang terbuka ke atas ini dapat dimanfaatkan pengguna kursi roda untuk memasukkan maupun mengeluarkan kursi roda dari dalam mobil.




Bagaimana caranya? Caranya sangat mudah. Begitu pengguna kursi roda masuk ke dalam kabin, mereka bisa menarik tali pada sisi luar kursi roda dan mengaitkannya pada pintu gullwing. Nah, pintu gullwing nantinya akan otomatis naik ke atas sehingga kursi roda ikut terangkat. Saat inilah, pengguna akan menarik kursi roda ke dalam kabin dan meletakkannya pada tempat yang telah disiapkan khusus untuk kursi roda.


Menurut pihak Toyota, pengguna dapat dengan mudah mengoperasikan mobil ini hanya dengan sebuah joystik. Ya, layaknya orang yang sedang main game, Joystik ini juga menggantikan peran pedal gas, rem, serta setir sehingga memudahkan mereka yang kesulitan menyetir dengan normal.


Quote:


Lanjut ke kendaraan masa depan yang kedua yaitu Concept-i Walk. Kendaraan konsep ini bentuk dan fungsinya mirip Hoverboard ataupun Segway yang diperkecil, dirancang menggunakan sebuah joystick juga untuk navigasi dan akselerasi agar memudahkan pengoperasiannya bagi siapa saja yang.

Menariknya, kendaraan ini dirancang untuk mendeteksi bahaya menggunakan sensor on-boardnya, maka kendaraan tersebut memberikan peringatan dan kemudian secara otomatis menghindari objek yang berppotensi menimbulkan bahaya bagi pengendaranya, seperti ketika ada anak kecil yang lewat di depan jalannya secara tiba-tiba.


Kerennya, kendaraan yang satu ini juga dilengkapi dengan teknologi artificial intelligence. Jika di Tony Stark punya asisten yang bernama jarvis, maka Toyota Concept-i Walk ini mempunyai asisten bernama Yui. Berfungsi layaknya seorang patner, Yui secara garis besar akan membantu sang pengendara dan Yui pada Concept-i Walk ini memiliki micro proyektor untuk berkomunikasi lewat visual, dan speaker untuk komunikasi suara.

Quote:


Lanjut ke Mobil Konsep yang Ketiga

Toyota i-concept, diresmikan di Tokyo motor show, mobil konsep empat kursi ini dapat membangun konektivitas antara manusia dengan mobil itu sendiri. Mobil ini dikenal dengan sebutan ‘aisha’,  yang dilengkapi artificial intelligence atau semacam kecerdasan buatan. Mobil konsep ini didesain Toyota sebagai mobil masa depan yang mampu mendeteksi emosi pengemudi.

Caranya? lewat kamera yang terpasang di dashboard, mobil ini mampu membaca mimik muka atau bahasa tubuh pengemudi. "Concept-i ini mampu mengetahui mood pengemudi itu apakah sedang bahagia, sedih, atau kelelahan,” kata Makoto Okabe, Project General Manager Toyota Motor Corporation untuk pengembangan Concept-i Series kepada sejumlah jurnalis 2017 Kemarin.

Sebagai contoh misalnya, jika pengemudi marah, artificial intelligence ini akan berupaya membuat pengemudi tenang agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Banyak cara yang dilakukan ‘kecerdasan buatan’ ini dalam membangun koneksitivitasnya seperti menyemprotkan semacam cairan yang beraroma ke dalam kabinnya, mengubah warna cahaya interior, menghangatkan atau mendinginkan kursi atau memulai percakapan sehingga penumpang tersebut menjadi lebih tenang.

Mobil-mobil seperti ini cocok bagi para jomblo-jomblo di tanah air. Bagaimana tidak, seolah mengerti dengan emosi pengemudi, mobil akan otomatis mengarahkan pengemudi ke kondisi yang lebih baik lagi. Atau bahasa yang lebih mudah dipahami adalah, mobil ini akan mengembalikan kondisi atau mood pengemudi menjadi lebih baik lagi sehingga meminimalisasi angka kecelakaan.

Meter cluster tak lagi tampak seperti pada dashboard mobil konvensional. Tapi dialihkan ke layar kaca, persis di depan mata dengan pandangan lurus ke depan. Desain dalam interior juga dibuat sedemikian rupa sehingga meninggalkan estetika mobil konvensional pada umumnya. “Mobil ini juga mengedepankan pengalaman ‘fun to drive’,” ujar Okabe.

Yang penasaran langsung saja tonton videonya

Semoga pengunjung pameran otomotif GIIAS 2018 nanti diberi kesempatan untuk lebih dengan Toyota Concept-i RIDE, terutama tentang cara kerjanya.

Tak hanya memperkenalkan teknologi konsep yang akan datang, untuk pertama kalinya Toyota menampilkan seluruh produk displaynya dengan balutan dress-up yang ditujukan memberikan inspirasi dan gambaran kepada para pengunjung yang ingin mengetahui kelebihan yang dapat diberikan oleh produk-produk tersebut.


Penasaran? Langsung saja kunjungi booth Toyota di GIIAS 2018 di Hall 10B BSD City, Tanggerang. Semoga pengunjung nantinya diberi kesempatan untuk lebih dekat dengan Toyota Concept-i RIDE, terutama tentang cara kerjanya.


Diubah oleh whatever0o0 30-07-2018 06:03
0
6.3K
128
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.