cuman.numpangAvatar border
TS
cuman.numpang
Jokowi Segera Kumpul Lagi dengan Ketum Koalisi Bahas Cawapres
Jakarta - Presiden Joko Widodo segera mengadakan pertemuan kembali dengan ketum-ketum parpol koalisi pendukungnya. Pertemuan tersebut merupakan lanjutan dari agenda sebelumnya dengan bahasan yang masih sama, yakni soal cawapres yang akan dipilih Jokowi untuk Pilpres 2019.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sempat menyatakan Jokowi punya waktu satu minggu sejak pertemuan koalisi pada Senin (23/7) untuk memikirkan cawapres yang akan dipilihnya. Namun hingga satu pekan berlalu, Jokowi belum juga memberi tanda akan mengumumkan cawapresnya.

"Belum, tunggu koalisi kumpul kembali. Harusnya dalam minggu ini. Iya (Jokowi bertemu para ketum koalisi)," ujar Wasekjen PKB Daniel Johan saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (30/7/2018).


Baca juga: Hasil Dinner Koalisi, Cak Imin: Jokowi Pilih Cawapres 1 Minggu Ini

Wasekjen PKB lainnya, Jazilul Fawaid, juga membenarkan hal tersebut. Namun pertemuan itu, menurutnya, akan dilakukan setelah perwakilan partai koalisi membahas teknis menjelang pendaftaran pilpres 2019 pada 4-10 Agustus mendatang.

"Memang janjinya para ketum ketemuan lagi. Mungkin setelah dengan para sekjen. Apalagi empat hari lagi loket pendaftaran capres/cawapres dibuka," ungkap Jazilul saat dihubungi terpisah.

"Masih pematangan, saya dengar info para sekjen koalisi Jokowi segera kumpul-kumpul," imbuhnya.

Belum diketahui di mana pertemuan akan dilakukan. Namun pertemuan tersebut akan diselenggarakan dalam waktu dekat. Seskab Pramono Anung juga disebut akan ikut dalam pertemuan itu.

"Kalau nggak malam ini, ya besok. Agendanya kumpul-kumpul saja biar lebih mengkristal. Mungkin dengan Pak Pramono Anung, dengan para sekjen, biasanya soal-soal yang teknis," jelas Jazilul.

Baca juga: Pertemuan 4 Jam Jokowi dan Ketum Parpol Sepakati 1 Nama Cawapres

Seperti diketahui, Jokowi mengumpulkan para ketum koalisi pendukungnya di Istana Bogor pada Senin (23/7) malam. Selain Cak Imin, ada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum NasDem Surya Paloh, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang (OSO).

Cak Imin sebelumnya mengatakan, dalam satu minggu sejak dinner koalisi tersebut, Jokowi akan mempertimbangkan nama-nama cawapres yang sudah dikantonginya. Pertemuan itu juga sempat disebut telah mengerucutkan satu nama cawapres.

"Kita semua sepakat, Pak Jokowi dalam satu minggu ini memikirkan, menganalisis, menghitung siapa yang paling tepat di antara nama-nama yang ada," kata Cak Imin setelah menghadiri acara International Toys and Kids Expo di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (26/7).

==========
https://nasional.kompas.com/read/2018/07/24/09465171/sudah-putus-satu-nama-cawapres-jokowi-diumumkan-di-akhir-pendaftaran
JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dan partai koalisi telah menyepakati satu nama yang akan menjadi calon wakil presiden bagi Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang. Namun, Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy memastikan pengumuman nama tersebut tidak akan dilakukan dalam waktu dekat. "Kemungkinan besar pada hari akhir pendaftaran. Tidak dalam hari pertama pendaftaran," kata Romahurmuziy saat dihubungi, Selasa (24/7/2018). Pendaftaran pasangan capres-cawapres ke Komisi Pemilihan Umum akan dibuka 4-10 Agustus 2018. Politisi yang akrab disapa Romy ini menjelaskan, waktu pengumuman ini juga terkait dengan strategi politik. "Setiap koalisi memiliki cara komunikasi kepada publik yang berbeda-beda," kata dia. Baca juga: Jokowi dan Ketum Partai Koalisi Sepakati Satu Nama Cawapres, tetapi... Nantinya, kata Romy, Presiden Joko Widodo sendiri yang akan mengumumkan langsung siapa cawapresnya itu. Adapun nama capres dan cawapres ini disepakati oleh Jokowi dan parpol koalisi saat bertemu di Istana Bogor, Selasa (24/7/2018) malam. Selain Romy, hadir lima pimpinan parpol pendukung Jokowi lainnya, yakni Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sudah Putus Satu Nama, Cawapres Jokowi Diumumkan di Akhir Pendaftaran", https://nasional.kompas.com/read/2018/07/24/09465171/sudah-putus-satu-nama-cawapres-jokowi-diumumkan-di-akhir-pendaftaran

Penulis : Ihsanuddin
Editor : Bayu Galih
==========
tukang tipu emoticon-Najis

0
1.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.