• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pesawat Siluman Iran Dahulu Jadi Bahan Tertawaan Israel, Kalau sekarang ??

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Pesawat Siluman Iran Dahulu Jadi Bahan Tertawaan Israel, Kalau sekarang ??


Para ilmuwan Iran memang beberapa tahun terakhir ini sedang berusaha memperkuat senjata mereka, walau banyak di embargo sana sini Iran memang tak mau berpangku tangan dengan negara adi daya di dunia yang senang menggoda Iran dengan embargonya.



Iran pun akhirnya membuat pesawat Siluman Qaher F 313 walau pesawat ini sudah diperkenalkan di tahun 2013 sebagai prototipe namun Israel sebagai lawan dari Iran di daerah timur tengah memberikan statement yang membuat banyak orang geleng-geleng kepala, Iran diremehkan negara hebat itu karena memproduksi pesawat yang dirasa sangat aneh, menurut media Israel jet tempur siluman ini mendapatkan kritik dari pakar aeronautika Tal Inbar karena bentuk sayap yang tidak konvensional, intake udara kecil dan tidak ada nozel mesin yang terlihat, bahkan pesawat ini dianggap hanya tipuan.



Namun berjalannya waktu pesawat itu pun di 2017-2018 terus di ujicoba, semakin lama penyempurnaan pun semakin dirasa saat itu pesawat melakukan uji coba taksi, yaitu bergerak cepat di landasan pacu. Walau pihak Israel tidak suka dengan pengembangan militer Iran terutama di bagian kekuatan udaranya.

Bisa dibilang Iran negara yang anggaran militernya tidak sehebat Israel, namun berjalannya waktu mereka bisa menciptakan senjata-senjata militer buatan sendiri.



Apa yang dilakukan Iran mirip dengan yang terjadi di Indonesia, ketika negeri ini terkena embargo senjata dari Amerika memang di tahap pertama militer kita terlihat menurun namun lambat laun berfikir untuk menciptakan sendiri, hingga lahirlah PT Pindad yang menelurkan senjata Senapan Serbu dan variasi pistol yang akurasinya tak kalah dari buatan Eropa bahkan Amerika.

Hingga akhirnya militer kita bisa mandiri sendiri untuk menjaga wilayahnya dari para pemberontak dan separatis negara, walau masih banyak kekurangan tapi dari tertekan menjadi bisa lebih mandiri.

Begitu juga Iran yang mulai berbenah disana-sini, walau diremehkan negara ini tak pernah berhenti untuk menunjukkan kualitasnya karena embargo yang dialami, terlebih lagi timur tengah penuh dengan gejolak dari masa lalu hingga kini daerah panas tersebut selalu saja masuk dalam catatan sejarah.



Setidaknya ini pembelajaran untuk kita janganlah meremehkan semut yang kecil dan mungil ketika mereka bersatu mereka akan kuat dan dapat mengalahkan seekor gajah sekalipun, kapan negeri ini bisa menciptakan pesawat tempur sendiri ? Riset yang mahal membuat kita lebih senang bekerjasama dengan negara lain, baik itu korea selatan maupun rusia. Yang tepenting alutista itu harus di perhatikan jangan sampai usang ketinggalan zaman. Monggo seruupuutt dolo juragan.



Referensi tulisan

https://www.militer.or.id/8798/uji-p...an-f-313-iran/

https://international.sindonews.com/...ael-1492562048



-2
21.7K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.