Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

junleonAvatar border
TS
junleon
Jika Bayi Dapat Bermimpi Adalah Fakta, Lalu Apakah Isi Mimpinya?
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Agan tentu tak akan pernah mengetahui apa yang dimimpikan oleh para bayi mulai dari bayi lahir. Meski Agan kerap melihat bayi yang baru lahir sering tersenyum ketika sedang tidur, nyatanya sang bayi belumlah mengalami fase mimpi pada 2 minggu pertama bayi dilahirkan.

Sebenarnya, mimpi adalah cerminan dari apa yang dilihat serta terfikirkan sehari-hari. Nah, para bayi pastinya belum mengalami banyak berinteraksi dengan alam lingkungan sekitarnya layaknya manusia dewasa. Karena itu, bayi pun belum punya bayangan apapun guna dikirim ke otak mereka lalu diolah menjadi sebuah mimpi.

Menurut beberapa para ahli, bayi akan mulai bermimpi dengan aktif sejak umur 2 minggu. Ketika bayi mulai mampu bermimpi, yang akan muncul dalam mimpinya tersebut hanyalah sebuah kumpulan citra ataupun kejadian yang tanpa dialog. Hal tersebut dikarenakan bayi belum mengenal jelas bahasa yang ada seperti orang dewasa, sehingga menjadikan mimpi si bayi kemungkinan besar hanya diam tanpa adanya suara.

Yang sering muncul dalam mimpi para bayi hanya sekumpulan gambar-gambar tanpa adanya suara yang berhasil mereka rekam ketika sedang melek ataupun terjaga. Contohnya dalam suasana kamar, mainan, sampai wajah sang orangtua pun, namun itu semua tanpa adanya dialog atau alias hening.



Sama dengan orang dewasa, bayi pun juga mengalami yang namanya fase tidur yakni REM atau rapid eye movement, serta non-REM. Namun bedanya, bayi yang baru saja lahir dapat menghabiskan setengah waktu tidurnya di dalam fase REM. Sedangkan untuk orang dewasa cuma menghabiskan 1/4 waktu tidur di fase REM saja, serta sisanya akan lebih banyak pada fase non-REM.

Fase REM sendiri adalah tahapan tidur ketika seseorang mencapai tidur yang pulas atau nyenyak, mudah terbangun, serta sedang bermimpi. Untuk bayi, fase REM umumnya sering ditandai dengan bagian kelopak mata yang tiba-tiba saja berdenyut ataupun tubuh yang langsung menyentak. Hal tersebut menandakan jika otak sedang mengerjakan pemindaian waktu bayi bermimpi.

Fase tidur REM ini bisa membantu untuk menguatkan memori sang bayi akan hal-hal sekitar mereka. Ketika bayi melek ataupun sedang terjaga waktu siang hari, bayi sedang berusaha menangkap segala informasi yang ada di sekitar mereka dan membuatnya banyak belajar hal. Jadi faktanya, otak bayi justru sama sekali tak tertidur meskipun mereka sendiri sedang tertidur.



Terima Kasih dan Sampai Jumpa!

Sumur : Otak Pintar TS
Refrensi Lain : 1- 2
Handmade © Leon's



Rekomendasi Thread Lain :
Main Clash Of Clans? Ini 5 Tips Exclusive, Agar Selalu Menang Clan War Attack
0
13K
99
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.