Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lickmyballsAvatar border
TS
lickmyballs
Ekonomi Ambruk, Harga Secangkir Kopi di Venezuela Capai Rp 240 Ribu


Tommy Kurnia
pada 28 Jul 2018, 20:00 WIB

Liputan6.com, Caracas - Venezuela dikenal kaya akan minyak dan membanggakan diri sebagai negara penganut sosialisme. Sayangnya, para sosialis akan lebih sulit minum kopi di Venezuela ketimbang di kafe milik kapitalis.

Dilansir dari Bloomberg, kopi menjadi korban selanjutnya di Venezuela. Berkat inflasi yang meroket, harga secangkir kopi di Venezuela juga naik menjadi 2 juta bolivar atau sekitar Rp 240 ribu. (1 bolivar = Rp 0,12).

Harga tersebut naik dari minggu lalu ketika secangkir kopi "hanya" seharga 1,4 juta bolivar atau sekitar Rp 168 ribu. Padahal, tiga bulan lalu harga secangkir kopi di Venezuela masih terbilang wajar, yakni 190 ribu bolivar atau sekitar Rp 22 ribu.

Sebelumnya, IMF memprediksi Venezuela akan mengalami inflasi sampai 1.000.000 persen di akhir 2018. Fox Business menghitung, bila itu benar terjadi, maka harga makanan cepat saji pun bisa terimbas sampai menyentuh USD 35 ribu atau sekitar 4,2 miliar bolivar (1 bolivar = USD 0.0000083) atau Rp 505 juta.

Presiden Venezuela Nicolas Maduro sejauh ini hanya bisa melawan hiperinflasi dengan cara mencetak lebih banyak uang, alhasil nilai uang pun anjlok. Selain itu, ia berusaha menaikan upah mininum negara menjadi 5 juta bolivar. Tapi, jumlah itu pun tidak cukup untuk membeli 3 cangkir kopi.

Sebelumnya, diberitakan bahwa IMF inflasi yang terjadi di Venezuela lebih buruk dari Jerman pasca Perang Dunia I dan Zimbabwe pada dekade lalu. Kondisi Venezuela pun disebut lebih sulit dari Zimbabwe, sebab negara Afrika tersebut memiliki ekonomi yang lebih terdiversifikasi, sementara Venezuela bergantung pada minyak semata.

Kedepannya, Maduro akan mencetak mata uang baru sekaligus melakukan denominasi. Lima angka nol di Bolivar akan dihilangkan. Hal ini meningkat ketimbang denominasi pada Maret lalu yang menghilangkan tiga angka nol pada bolivar.
https://m.liputan6.com/amp/3601879/e...mpression=true
ini baru beneran negara di ambang bubar..
konyol sih presidennya, hiper inflasi malah banyakin nyetak duit
emoticon-Wakaka
anasabila
nona212
nona212 dan anasabila memberi reputasi
2
6.1K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.