Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bekraf Ajak Agan yang Kreatif untuk Bersiap Ikuti SXSW 2019 di Texas!

thatwasfunAvatar border
TS
thatwasfun
Bekraf Ajak Agan yang Kreatif untuk Bersiap Ikuti SXSW 2019 di Texas!
Di tahun 2019 mendatang bakalan jadi tahun yang sibuk Gan! Salah satunya adalah akan berlangsungnya South by Southwest (SXSW) 2019 di Austin, Texas, Amerika Serikat.



Apa itu SXSW?

SXSW adalah festival seni kreatif dan teknologi terbesar di dunia! Yes di dunia! Dan tahun ini Indonesia kembali ambil bagian untuk yang ketiga kalinya di gelaran SXSW. Untuk tahun 2019 nanti, SXSW akan berlangsung dari tanggal 8-17 Maret.

Untuk tema tahun 2019, Bekraf masih mengusung tema yang sama dengan menghadirkan Paviliun Archipelageek. Namun, ada satu program baru yang sangat menarik nih Gan, yakni Hello Dangdut yang akan dipegang langsung oleh David Tarigan. Tujuannya, membawa musik dangdut yang jadi ciri khas Indonesia ke pasar global.

SXSW bisa dibilang adalah pintu masuk/gateway produk bernuansa teknologi dan inovasi untuk bisa masuk ke pasar Amerika Serikat, dan pastinya juga mengglobal. Meski SXSW adalah trade show, namun yang dicari bukan hanya untuk “berjualan produk” tapi juga mencari investor masuk ke Indonesia lewat produk kreatif dan juga rekanan bisnis dari berbagai negara.


Dok. Pribadi

“Bekraf secara konsisten memfasilitasi pelaku industri ekonomi kreatif dalam melakukan pemasaran kepada target pasar. Untuk itu, Bekraf senantiasa berupaya memperkenalkan produk dan talenta kreatif tanah air hingga menjangkau pasar yang lebih luas di gelaran bertaraf internasional semacam SXSW 2019,” jelas Wakil Kepala Bekraf, Ricky Joseph Persik.


Dok. Pribadi

Selain itu, menurut Deputi Pemasaran Bekraf, Joshua Pudji Mulia Simanjuntak, “Melihat kehadiran wakil Indonesia di SXSW 2018 lalu, kami melihat antusiasme dan ketertarikan para pengunjung yang berasal dari seluruh penjuru dunia.”

Sementara di tahun 2018 ini, Bekraf membawa perusahaan rintisan lokal yaitu Kata.ai, Mycotech, Saft7robotics, Seruniaudio, Squline, Digital Happiness, Minikino, dan Vestifarm. Di tahun depan, Bekraf berharap bisa mengajak lebih banyak lagi perusahaan rintisan lokal asal Indonesia dengan variasi produk yang lebih banyak dan lebih luas. Pastinya tujuannya adalah untuk memperkenalkan produk dan talenta kreatif tanah air supaya bisa menjangkau pasar yang lebih luas di pameran bertaraf internasional.

Baca juga: Serunya Pengalaman Para Inovator Indonesia di SXSW 2018 Texas Gan!


Dok: Bekraf

Menurut Edi Taslim, CEO KASKUS yang juga kurator Pavilion Archipelageek, ada beberapa syarat atau kriteria sebuah start-upbisa mengikuti pameran SXSW. Syarat yang paling penting adalah punya global appeal atau daya tarik global serta siap masuk ke pasar global, bukan dalam tahap development serta sudah memiliki users produknya sebagai bukti keseriusan dari start-up tersebut.


Dok. Pribadi

Satu hal yang perlu dicatat, ikut ambil bagian di SXSW bukanlah “jalan-jalan dibayarin pemerintah” atau sebuah achievement, menurut Andi Sadha, selaku Head of Committee Archipelageek, tapi sebuah permulaan atau titik start untuk para delegasi/start-up untuk bekerja bersama-sama Bekraf dan menunjukkan bahwa Indonesia juga bisa bersaing di kancah internasional di bidang teknologi.


Dok. Pribadi

Buat Agan para inovator yang punya start-up dan memenuhi syarat di atas, langsung aja daftarkan start-up Agan karena pendaftaran dibuka hari Senin, 30 Juli 2018 di bekraf.go.id/sxsw ya Gan!
Diubah oleh thatwasfun 27-07-2018 08:27
0
774
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.