- Beranda
- Kendaraan Roda 4
FORUM FJ40 Drive a Legend - Drive a LandCruiser
...
TS
Middlechild
FORUM FJ40 Drive a Legend - Drive a LandCruiser
Forum Khusus Buat Para Pengguna/Penggemar Toyota Hardtop AKA FJ40
1. Mau Posting Gambar Koleksi FJ40
2. Sharing Tips seputar FJ40
3. Mau Jual Beli Juga Boleh
Berbicara mengenai mobil Toyota Land Cruiser tentunya tidak luput dari FJ40 yang merupakan akar pokok pengembangan kendaraan dengan sistem penggerak 4 roda. Hingga saat ini telah banyak diproduksi mobil dengan sistem double gardan yang memiliki fungsi yang sangat bervariasi. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mendukung profesi tertentu, perang, hiburan, penelitian dan lain sebagainya. Mengenai bentuk dan spesifikasi juga sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Mulai dari bentuk asli dari pabrikan hingga pada modifikasi khusus.
Orang Jepang sendiri biasa menyebutnya Rando Kuruza yang di produksi pertama kali pada tahun 1954. Ketika Jepang menginvasi Filipina pada 1941,mereka terinpirasi oleh Bantam MKII yang merupakan kendaraan pengangkut dengan kemampuan multiguna.
Akhirnya untuk mendukung kampanye perang pasifik, pemerintah Jepang memerntahkan Toyota untuk membangun sebuah mobil multifungsi yang tangguh dengan perwatan yang mudah (miripdengan kebijakan pemeintah Jerman pada VW dan Jeep di Amerika). Akhirnya AK10 diciptakan dengan mesin 2259 cc,4 silider 3 percepatan dengan 2 percepatan 4x4 pada 1942. Ini adalah cikal bakal Toyota Land Cruiser.
Pada tahun 1954 technical director Toyota Hanji Umehara member nama Land Cruiser pada produk lanjutan dari AK10 yang menjadi BJ dan FJ Series. Produk ini juga mendapat saingan berat dari Inggris yang merilis Land Rover di tahun yang sama. Nama Land Cruiser sendiri sebenarnya sudah digunakan pada produsen sedan mewah Amerika Studebaker Land Cruiser.Namun ternyata pihak Studebaker mengijinkan.
Dari pengembangan seri BJ,maka pada 1955 Toyota memperkenalkan salah satu mesin tangguhnya yaitu F series dengan daya 3.9 liter 6 silinder berbahan bakar bensin. Pada tahun yang sama Toyota juga mengembangkan system per daun yang lebih tipis, ringan namun kuat dan nyaman. Tonggak teknologi ini lah yang akan di masukan pada Toyota seri FJ dimana peruntukannya adalah selain untuk kendaraan multiguna, namun juga angkutan barang serba bisa (light truck) dengan kapasitas penumpang yang juga besar.
1960 merupakan tonggak bersejarah buat FJ series dimana the classic FJ 40 diperkenalkan dengan berbagai kelebihan seperti mesin F 3.9 liter, design yang fashion dan abadi serta konstruksi chassis yang kuat namun tetap lentur dengan topangan kaki-kaki khas FJ series. Hanya 5 tahun, FJ 40 mampu menembus angka 50.000 unit penjualan dan 3 tahun berikutnya pada 1968 angka 300.000 unit mampu terjual pada pasaran dunia.
Namun bila kita dilihat dalam perkembangannya hingga saat ini keberadaan mobil BJ40/FJ40 masih tetap eksis meski telah banyak tipe jenis mobil baru yang beredar di jalanan. Perhatikan saja dari segi model/style, fungsi/utilty, spesifikasi, kemampuan masih tidak kalah dengan produk mobil keluaran terbaru. Bahkan bengkel-bengkel khusus perawatan maupun modifikasinya juga tetap bisa bertahan dan laris di pasaran. Tidak sedikit mobil jenis FJ40/BJ40 yang telah direnovasi kembali, modifikasi ulang, bahkan tidak menutup kemungkinan masih ada yang masih mempertahankan kondisinya seperti semula. Hal ini membuktikan bahwa mobil type mobil ini tangguh dan dapat menembus segala zaman.
BJ40/FJ40 terkenal sangat tangguh karena seluruh body mobil ini terbuat dari bahan baja yang solid dan dipasangkan dengan chasis baja yang sangat kokoh menggunakan penggerak 4 roda (4 wheel drive) yang mampu membawanya ke berbagai medan yang sangat sulit sekalipun. Pengemudi dan penumpang juga tetap diberi rasa aman selama dalam perjalanan berkat tersedianya ruang kabin dan ruang kemudi yang cukup. Termasuk juga tersedia tempat untuk bagasi untuk barang atau penumpang. Bahkan ada tempat untuk memasang tempat bagasi di atas bila dipasangi roll bar atau rak bagasi maupun untuk menarik trolley di belakang. Untuk menambah kemampuannya dapat ditambahkan beberapa peralatan lain berupa winch yang dapat dipasang di depan maupun belakang mobil. Banyak asesoris yang dapat dipasang dan tetap meningkatkan penampilan kendaraan ini.
Pada awalnya, tahun 1951 dilakukan uji ketangguhan dengan melakukan pendakian ke puncak Gunung Fuji di Jepang yang memiliki ketingian 12.388 meter. Mobil BJ dikemudikan oleh Ichiro Taira melalui pos-pos(checkpoint) yang telah ditentukan. Keberhasilan ini membuat pengamat dari kepolisian Jepang sangat menyukai apa yang mereka saksikan dan langsung melakukan pemesanan. Hal ini diikuti oleh pemerintah dan lembaga kehutanan yang membuat produsen membangun 1.300 unit. Pada tahap awal ini juga telah dilakukan ekspor ke negara lain diantaranya Brazil dan Arab Saudi. Di tahun 1955 Seri B diganti menjadi seri F termasuk menambah beberapa model diantaranya Hardtop standar, pick up, station wagon, kanfas, dengan chasis yang pendek maupun panjang. Sasaran Ekspor pun bertambah ke Venezuela, Malaysia, Kuwait, Jordania, Dubai dan Australia serta Amerika di tahun 1958 yang hanya laku terjual 1 unit saja di tahun pertama.
Perkembangan pembuatan mobil ini telah melalui berbagai perubahan dalam performa mesin sementara dalam penampilan tidak banyak yang berubah selain penambahan beberapa asesoris pelengkap keamanan.
1. Mau Posting Gambar Koleksi FJ40
2. Sharing Tips seputar FJ40
3. Mau Jual Beli Juga Boleh
Berbicara mengenai mobil Toyota Land Cruiser tentunya tidak luput dari FJ40 yang merupakan akar pokok pengembangan kendaraan dengan sistem penggerak 4 roda. Hingga saat ini telah banyak diproduksi mobil dengan sistem double gardan yang memiliki fungsi yang sangat bervariasi. Mulai dari untuk memenuhi kebutuhan keluarga, mendukung profesi tertentu, perang, hiburan, penelitian dan lain sebagainya. Mengenai bentuk dan spesifikasi juga sangat beragam disesuaikan dengan kebutuhan dari penggunanya. Mulai dari bentuk asli dari pabrikan hingga pada modifikasi khusus.
Orang Jepang sendiri biasa menyebutnya Rando Kuruza yang di produksi pertama kali pada tahun 1954. Ketika Jepang menginvasi Filipina pada 1941,mereka terinpirasi oleh Bantam MKII yang merupakan kendaraan pengangkut dengan kemampuan multiguna.
Akhirnya untuk mendukung kampanye perang pasifik, pemerintah Jepang memerntahkan Toyota untuk membangun sebuah mobil multifungsi yang tangguh dengan perwatan yang mudah (miripdengan kebijakan pemeintah Jerman pada VW dan Jeep di Amerika). Akhirnya AK10 diciptakan dengan mesin 2259 cc,4 silider 3 percepatan dengan 2 percepatan 4x4 pada 1942. Ini adalah cikal bakal Toyota Land Cruiser.
Pada tahun 1954 technical director Toyota Hanji Umehara member nama Land Cruiser pada produk lanjutan dari AK10 yang menjadi BJ dan FJ Series. Produk ini juga mendapat saingan berat dari Inggris yang merilis Land Rover di tahun yang sama. Nama Land Cruiser sendiri sebenarnya sudah digunakan pada produsen sedan mewah Amerika Studebaker Land Cruiser.Namun ternyata pihak Studebaker mengijinkan.
Dari pengembangan seri BJ,maka pada 1955 Toyota memperkenalkan salah satu mesin tangguhnya yaitu F series dengan daya 3.9 liter 6 silinder berbahan bakar bensin. Pada tahun yang sama Toyota juga mengembangkan system per daun yang lebih tipis, ringan namun kuat dan nyaman. Tonggak teknologi ini lah yang akan di masukan pada Toyota seri FJ dimana peruntukannya adalah selain untuk kendaraan multiguna, namun juga angkutan barang serba bisa (light truck) dengan kapasitas penumpang yang juga besar.
1960 merupakan tonggak bersejarah buat FJ series dimana the classic FJ 40 diperkenalkan dengan berbagai kelebihan seperti mesin F 3.9 liter, design yang fashion dan abadi serta konstruksi chassis yang kuat namun tetap lentur dengan topangan kaki-kaki khas FJ series. Hanya 5 tahun, FJ 40 mampu menembus angka 50.000 unit penjualan dan 3 tahun berikutnya pada 1968 angka 300.000 unit mampu terjual pada pasaran dunia.
Namun bila kita dilihat dalam perkembangannya hingga saat ini keberadaan mobil BJ40/FJ40 masih tetap eksis meski telah banyak tipe jenis mobil baru yang beredar di jalanan. Perhatikan saja dari segi model/style, fungsi/utilty, spesifikasi, kemampuan masih tidak kalah dengan produk mobil keluaran terbaru. Bahkan bengkel-bengkel khusus perawatan maupun modifikasinya juga tetap bisa bertahan dan laris di pasaran. Tidak sedikit mobil jenis FJ40/BJ40 yang telah direnovasi kembali, modifikasi ulang, bahkan tidak menutup kemungkinan masih ada yang masih mempertahankan kondisinya seperti semula. Hal ini membuktikan bahwa mobil type mobil ini tangguh dan dapat menembus segala zaman.
BJ40/FJ40 terkenal sangat tangguh karena seluruh body mobil ini terbuat dari bahan baja yang solid dan dipasangkan dengan chasis baja yang sangat kokoh menggunakan penggerak 4 roda (4 wheel drive) yang mampu membawanya ke berbagai medan yang sangat sulit sekalipun. Pengemudi dan penumpang juga tetap diberi rasa aman selama dalam perjalanan berkat tersedianya ruang kabin dan ruang kemudi yang cukup. Termasuk juga tersedia tempat untuk bagasi untuk barang atau penumpang. Bahkan ada tempat untuk memasang tempat bagasi di atas bila dipasangi roll bar atau rak bagasi maupun untuk menarik trolley di belakang. Untuk menambah kemampuannya dapat ditambahkan beberapa peralatan lain berupa winch yang dapat dipasang di depan maupun belakang mobil. Banyak asesoris yang dapat dipasang dan tetap meningkatkan penampilan kendaraan ini.
Pada awalnya, tahun 1951 dilakukan uji ketangguhan dengan melakukan pendakian ke puncak Gunung Fuji di Jepang yang memiliki ketingian 12.388 meter. Mobil BJ dikemudikan oleh Ichiro Taira melalui pos-pos(checkpoint) yang telah ditentukan. Keberhasilan ini membuat pengamat dari kepolisian Jepang sangat menyukai apa yang mereka saksikan dan langsung melakukan pemesanan. Hal ini diikuti oleh pemerintah dan lembaga kehutanan yang membuat produsen membangun 1.300 unit. Pada tahap awal ini juga telah dilakukan ekspor ke negara lain diantaranya Brazil dan Arab Saudi. Di tahun 1955 Seri B diganti menjadi seri F termasuk menambah beberapa model diantaranya Hardtop standar, pick up, station wagon, kanfas, dengan chasis yang pendek maupun panjang. Sasaran Ekspor pun bertambah ke Venezuela, Malaysia, Kuwait, Jordania, Dubai dan Australia serta Amerika di tahun 1958 yang hanya laku terjual 1 unit saja di tahun pertama.
Perkembangan pembuatan mobil ini telah melalui berbagai perubahan dalam performa mesin sementara dalam penampilan tidak banyak yang berubah selain penambahan beberapa asesoris pelengkap keamanan.
nona212 memberi reputasi
1
59.7K
82
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kendaraan Roda 4
25.1KThread•15.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya