1aboveallAvatar border
TS
1aboveall
Anies-Sandi salahkan tiga pihak ini terkait masalah Kali Item


Merdeka.com - Menjelang diadakannyapesta olahraga negara-negara Asia yang bertajuk Asian Games 2018 yang akan digelar pada Agustus mendatang, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dibuat bingung. Pasalnya, mereka belum bisa menutupi pemandangan yang kurang menyenangkan dan bau yang kurang sedap Kali Item yang terletak di sekitar wisma atlet.

Untuk menyamarkan bau yang tak sedap dan air yang kotor, Pemprov DKI, Anies Baswedan Kali Item akan ditutupi dengan jaring hitam. Kali Item yang berada di samping Wisma Atlet itu bagian tepinya juga dicat warna-warni agar tampak indah.


Kali Item ditutup kain hitam Liputan6.com/Arya Manggala




Namun, pemasangan kain hitam di Kali Item ini menuai pro dan kontra. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno pun tak mau disalahkan.
Keduanya pun menuding pihak lain atas buruknya Kali Item. Berikut pihak-pihak yang disalahkan Anies-Sandi soal Kali Item.

1. Warga yang Beri Nama Kali Item
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan ke depan Pemprov DKI akan memasang turab di Kali Item atau Kali Sentiong. Hal itu merupakan upaya jangka panjang untuk mengurangi polusi di kali tersebut. Meski demikian, dengan nada bercanda Sandi meminta warga tidak asal menyebut Kali Sentiong dengan Kali Item.
"Kalau kasih nama jangan sembarangan, karena nama adalah doa. Disebut Kali Item ya makanya kalinya item. Akan dipasang turab pemasangan masuk anggaran tahun ini dan lelang sudah selesai," kata Sandi di Balai Kota Jakarta, Selasa (24/7/2018).
Saat ini anggaran untuk pemasangan jaring hitam sebesar Rp 580 juta. Selain pemasangan jaring, DKI juga memanfaatkan teknologi nano buble dan airator untuk memfilter air dan mengurangi polusi.

2. Pemerintahan Zaman Dulu
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, masalah polusi di kali tersebut bukanlah hal baru, tapi masalah bertahun yang diwariskan padanya.
"Ya nomor satu, problem ini bukan problem yang munculnya bulan lalu. Ini adalah masalah yang sudah menahun dan di masa-masa lalu tidak diselesaikan. Jadi, kami terima warisan masalah ini," kata Anies di Ragunan, Selasa (24/7/2018).
Anies mengatakan, kotornya Kali Item bukan karena perbuatan Pemprov DKI. "Kenyataannya ada kali yang hitam, kotor, bau. Itu kenyataan yang kita terima, bukan kita yang membuat. Itu ada di situ. Jadi, kalau dulu sudah dibersihkan, ya kita enggak nerima masalah ini. Tapi sekarang masih ada," ujar Anies.
Namun, karena akan ada perhelatan Asian Games, Pemprov DKI harus menerima warisan masalah itu dan mencari solusi, salah satunya dengan menutup dengan jaring.
"Sekarang kita terima masalah itu. Yang kedua ada Asian Games yang bulan depan akan berjalan, sedunia akan menyaksikan. Lalu kita buat langkahnya. Satu, dengan melakukan penutupan untuk mengurangi satu, pemandangan, yang kedua adalah utamanya evaporasi, penguapan," ujarnya.

3. Tukang Tahu
Anies Baswedan menyebut Kali Item memiliki permasalahan sejak lama lantaran polusi yang cukup tinggi. Kemudian permasalahan lain, yakni lokasi sebuah cafetaria Wisma Atlet, letaknya tak jauh dari Kali Item.
"Sehingga pada waktu-waktu tertentu utamanya siang-sore ketika sungai mengalami penguapan, maka aroma dari sungai itu terhembus angin dan tercium di lingkungan," ucap Anies.
Pihaknya juga meminta kepada pengusaha tahu agar tidak membuang limbahnya ke Kali Item.
"Nah Kita sudah melakukan penertiban kepada pengusaha-pengusaha tahu yang ampasnya dibuang ke sungai, agar ampasnya tidak dibuang ke sungai. Sudah dilakukan pengawasan di sana. Tetapi bukan berarti problem-nya langsung selesai karena sudah menahun di situ," ucapnya.
Asian Games sudah semakin dekat. Kita berharapsemoga Pemprov DKI Jakarta bisa bekerja maksimal untuk menyelenggarakan pesta olahraga tersebut. Pastinya jangan sampai hal mengenai kali item yang kotor dan bau tersebut menjadi sorotan media luar negeri karena bisa membuat citra Indonesia turun.

Sumber: Liputan6.com [mg2]



Sumur

emoticon-Matabeloternyata mereka bertiga itu biang nya emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Marah
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.9K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.