Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Deretan Event dan Festival yang Harus Masuk Agendamu di Bulan Agustus Nanti!

mthayayayaAvatar border
TS
mthayayaya
Deretan Event dan Festival yang Harus Masuk Agendamu di Bulan Agustus Nanti!
Sudah lewat pertengahan tahun 2018, tapi masih belum sempat liburan juga? Tenang Gan. Meski dari awal tahun belum sempat mewujudkan wacana liburan, tapi ada beragam event dan festival di berbagai daerah di Indonesia yang bisa masuk dalam agenda liburanmu di bulan Agustus mendatang loh! Nggak percaya? Catat nih!


Foto: panduanwisata.id


Dieng Culture Festival 2018 , 3-5 Agustus 2018

Ingin liburan ke Dieng jadi tak biasa? Datanglah pada tanggal 3 – 5 Agustus 2018 mendatang Gan. Apalagi kalau bukan karena ada Dieng Culture Festival, sebuah acara tahunan khas Dataran Tinggi Dieng. Memasuki edisi ke-9, festival ini kembali akan menyuguhkan berbagai pertunjukan seni dan budaya, pameran produk terbaik Dieng, dan acara puncak yaitu ritual pemotongan rambut gimbal anak-anak. Tak hanya itu, DCF dijamin bakal seru dan meriah karena diramaikan dengan festival caping, festival kembang api, festival tumpeng, festival lentera, hingga pertunjukan musik Jazz Atas Awan. Menikmati keindahan Dieng dengan beragam pertunjukan ini bakal bikin hawa dingin Dieng berasa hangat Gan!


Foto: beritasatu.com


Tomohon International Flower Festival , 8- 10 Agustus 2018

Bulan Agustus memang paling enak kalau mlipir ke kota Tomohon Gan. Ini karena di bulan ini lah kota yang dijuluki sebagai kota bunga ini akan dimeriahkan oleh event Tomohon International Flower Festival. Tahun ini menjadi kali ke 8 festival ini diadakan. Mengangkat tema “Beautiful Tomohon, Sing With Flowers”, Tomohon International Flower Festival 2018 kali ini juga tetap akan menyuguhkan para pengunjung tentang keindahan alamnya yang sejuk dan indah dengan berbagai bunga yang berwarna warni. Dalam festival ini akan ada beragam kegiatan. Mulai dari turnament of flowers atau pawai kendaraan hias yang juga akan diikuti oleh perwakilan negara sahabat seperti negara-negara anggota Council of Asian Flower Exhibiton dan negara lain seperti Ceko, Nepal, Pakistan, Jepang, Kazakhstan dan Georgia. Selain itu juga ada kontes ratu bunga, pameran bunga hingga pameran seni dan budaya.


Foto: baliemfestival.com


Baliem Valley Festival, 9 – 10 Agustus 2018

Baliem Valley Festival atau Festival Lembah Baliem merupakan salah satu festival budaya tertua di tanah Papua Gan. Festival ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 1989 silam. Dalam festival ini Agan bisa melihat aksi perang antarsuku. Tenang, walau judulnya perang, namun bukan seperti perang yang Agan bayangkan kok. Aksinya tetap aman untuk disaksikan para wisatawan karena hanya merupakan simulasi perang dan pertunjukan tarian perang yang dilakukan sebagai simbol kesuburan dan kesejahteraan. Festival ini juga akan menjadi kesempatan untuk semua suku yang berbeda dari dataran tinggi Wamena dan Lemah Baliem seperti Dani, Lani dan Yani berkumpul dan merayakan festival tahunan mereka. Selain itu akan ada pula pertunjukan tradisional lain seperti pertunjukan musik tradisional menggunakan Pikon, karapan babi, aksi teatrikal, lomba panahan dan lempar tombak, permainan Sikoko dan Pradaan, peragaan memasak dengan cara tradisional dan pameran kerajinan tangan masyarakat suku adat. Tak hanya deretan pertunjukan seni budaya, mengunjungi festival ini juga akan membawa Agan dalam pengalaman baru menikmati keindahan alam Papua. Ini karena Lembah Baliem memang dikenal menyimpan keindahan alam yang menawan Gan.


Foto: cnnindonesia.com


Sandeq Race Festival 2018, 11- 17 Agustus 2018

Datang ke Sulawesi Barat di Agustus nanti cocok banget nih untuk si pecinta adu adrenalin. Tepatnya pada tanggal 11 hingga 17 Agustus 2018 di Kabupaten Polewali Mandar akan diadakan Sandeq Race Festival 2018. Dalam festival yang mengusung tema “The Hardest, The Longest and The Fastest” ini Gan Sis bisa melihat perlombaan Sandeq, perahu atau kapal tradisional Suku Mandar. Kapal ini dianggap sebagai kapal tanpa mesin tercepat di dunia loh Gan. Sekali berlayar, kapal ini bisa melaju dengan kecepatan 20 sampai 30 knot atau kira-kira 50 km/jam. Selain ditujukan sebagai wujud penghormatan kepada semangat leluhur Suku Mandar yang tinggi, festival ini juga akan menyuguhkan perpaduan unik wisata bahari dan sport tourism. Festival yang sudah masuk dalam agenda nasional Top 100 Wonderful Indonesia Events ini juga akan dihadiri oleh ratusan wisatawan asing yang setia menyaksikan Festival Sandeq Race. Di antaranya wisatawan dari Rusia, India, Denmark, Malaysia dan Korea Selatan.



Foto: toptier.id


Asian Games 2018 , 18 Agustus - 2 september 2018

Kalau yang ini pasti tahu kan Gan. Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games untuk kedua kalinya. Di tahun ini pelaksanaan Asian Games dilakukan di dua kota yakni Jakarta dan Palembang. Ada 40 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan diikuti oleh 45 negara peserta. Di Asian Games 2018 kali ini Gan Sis juga bisa berkesempatan untuk melihat beberapa cabang olahraga yang baru pertama kali dipertandingkan di Asian Games, seperti rollersport, bridge, basket 3x3, jet ski, pencak silat, jiu jitsu, sambo, kurash , paralayang, dan panjat tebing loh.

emoticon-Request

Itu dia beberapa event dan festival yang bisa kamu kunjungi di bulan Agustus 2018 nanti Gan.
Mana nih kira-kira yang bakal kamu kunjungi Gan?




Referensi: (1), (2), (3), (4)
0
5.3K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.