Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Sering Terbangun Tengah Malam Pada Waktu yang Sama ? Mungkin Ini Alasannya.

anvanvAvatar border
TS
anvanv
Sering Terbangun Tengah Malam Pada Waktu yang Sama ? Mungkin Ini Alasannya.


Menurut pakar obat-obatan tradisional Cina, gangguan tidur kronis terjadi karena tidak seimbangnya antara Yin dan Yang, mengakibatkan perginya energi dalam tubuh. Energi ini disebut dengan Qi dan dipercaya ada seluruh Bumi ini. Ketika anda dalam keadaan fisik yang mantap, Qi akan mengalir bebas di tubuh anda. Sebaliknya jika anda sedang mengalami gangguan kesehatan, kemungkinan Qi akan tertahan beberapa Organ dalam tubuh yang mengakibatkan anda bangun pada malam hari. 




Apa itu waktu Meridian Cina?





Energi Qi akan bersikulasi melalui 12 jadwal meridian di tubuh anda yang saling berhubungan dengan organ-organ di dalamnya. Putaran ini biasanya membutuhkan waktu 24 jam sementara setiap organ tubuh anda memerlukan 2 jam untuk pengisian Qi.
Pada malam hari Qi akan diserap ke dalam untuk mengisi kekuatan tubuh kita. Jadi apabila tidur anda selalu terganggu dan terbangun pada waktu tertentu, mungkin ada ketidakseimbangan atau masalah pada salah satu organ tubuh anda karena energi Qi tidak bisa melewati dan tertahan di sana, sehingga membuat anda terbangun.




21:00-23:00 - Tiroid




Saat tahap awal tidur, sistem endokrin kita akan menyeimbangkan diri sendiri dan membuat pembuluh darah ktia semakin aktif. Ini berarti bahwa masalah kesehatan kita berasosiasi dengan sistem imun tubuh, kelenjar tiroid, kelenajr adrenal, dan pencernaan dapat membuat anda tetap terjaga.
Kesulitan untuk terlelap juga merupakan tanda anda sedang mengalami stress, banyak pikiran atau cemas pada hari itu. Untuk meningkatkan kualitas tidur anda pada posisi ini, kamu dapat mempelajari cara meditasi, yoga sebelum tidur, atau latihan relaksasi semacamnya.




23:00-01:00 - Kantong Empedu




Kantong empedu kita memproduksi empedu yang diperlukan untuk pencernaan, penyerapan serta menghancurkan lemak yang kita konsumsi pada siang harinya. Sering Terbangun pada saat jam ini mungkin ada gangguan pada kantong empedu anda berupa batu empedu. Kamu harus memerhatikan asupan lemak anda dan makan lebih banyak minyak atau lemak yang sehat.

Kantong Empedu juga mempunyai hubungan dengan dengan rasa kekecewaan, rasa percaya diri yang kurang, kesedihan dan kebencian. Jadi ayo kembali tidur, anda harus belajar menerima keadaan dan diri sendiri. Juga cobalah belajar memaafkan.




01:00-03:00 - Hati





Dalam jam ini, tubuh anda akan membersihkan darah dari sisa-sisa kotoran dalam darah. Nah terbangun pada jam ini mungkin berarti hati anda terlalu banyak racun yang harus dibersihkan. Untuk membantunya mengatasi ini, coba deh minum lebih banyak air putih dalam 1 hari, kurangi minum minuman yang berakohol atau berkafein. 
Terbangun pada jam ini juga berarti anda adalah orang yang penuh dengan emosi negatif seperti marah, frustasi, rasa bersalah, amarah yang harus segera anda atasi kedepannya apabila anda mau kembali tidur dengan normal.




03:00-05:00 - Paru-paru





Paru-parumu merupakan organ pertama yang mulai diisi oleh energi Qi karena mengumpulkan oksigen dunia ini dan membagikannya ke seluruh sistem tubuh untuk persiapan menjalani hari yang baru. Jika anda selalu terbangun pada jam 3 subuh sampai 5 pagi dan mempunyai gejala seperti batuk, bersin atau masalah pada pernafasan anda, ini mungkin indikasi anda mempunyai kelebihan lendir pada paru-paru atau pola diet yang buruk.
Paru-paru juga berhubungan dengan emosi sedih, jadi terbangun pada jam ini adalah pertanda anda harus belajar melepas rasa sedih itu. Cobalah melakukan latihan pernafasan untuk membuat tidur anda lebih nyaman lagi.




05:00-07:00 - Usus Besar





Dalam jam di pagi hari ini, Energi Qi akan akan berkonsentrasi pada Usus besar anda. Jika ada ketidakseimbangan pada organ ini, kamu akan mengalami sembelit, kenaikan berat badan atau bahkan penuaan dini. Untuk membuat usus besar anda bekerja dengan baik dan menanggulangi terbangunnya anda pada jam ini, kamu harus meregangkan tubuh anda, minum banyak air putih, dan gunakan toilet ketika terbangun.
Waktu ini juga berhubungan dengan emosi yang tertahan, merasa stuck terjebak, dan ketidaksabaran dalam menjalani hidup anda sehari-hari.



Seringkah anda terbangun pada pertengahan tidur anda di tengah malam ? Apakah menurut anda, waktu meridian Cina ini memang benar dan sesuai ? Ada tambahan atau pengetahuan anda tentang hal ini ? Langsung saja bagikan informasi tersebut di kolom Komengtar agar teman-teman yang lain juga dapat mengetahuinya.



- ANV -





Spoiler for Sumur:

arisentris
arisentris memberi reputasi
1
17.4K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.