Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Negara dengan Kasus Campak Terbanyak di Dunia 2016: Indonesia Ranking 6!!

punkazawaAvatar border
TS
punkazawa
Negara dengan Kasus Campak Terbanyak di Dunia 2016: Indonesia Ranking 6!!
Assalamu’alaykum, Selamat malam Kaskuser sekalian. 

Spoiler for Nomor 6 dunia!!:


Quote:


Spoiler for Imunisasi MR:


Mungkin kebanyakan dari kita tidak akan mendapat imunisasi ini emoticon-Hammerkarena imunisasi ini sasarannya adalah anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Tapi bukan berarti kita ngga punya peranan loh, karena bukan cuma tenaga kesehatan yang bekerja, tetapi ini perlu kerjasama semua bidang.

Apa aja sih fakta-faktanya, kenapa rugi kalau ngga ikut? Yuk kita simak:

1.      Pelaksanaan kampanye vaksin MR dilakukan secara bertahap dalam 2 fase sebagai berikut : - Fase 1 bulan Agustus-September 2017 di seluruh Pulau Jawa - Fase 2 bulan Agustus-September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.
Spoiler for Imunisasi MR Pulau Jawa 2017:



2.      Pada tahun 1980, sebelum imunisasi dilakukan secara luas, diperkirakan lebih 20 juta orang di dunia terkena campak dengan 2,6 juta kematian setiap tahun yang sebagian besar adalah anak-anak di bawah usia lima tahun.
Spoiler for Campak Tempo Dulu:



3.      Sejak tahun 2000, lebih dari satu miliar anak di negara-negara berisiko tinggi telah divaksinasi melalui program imunisasi, sehingga pada tahun 2012 kematian akibat campak telah mengalami penurunan sebesar 78% secara global.
Spoiler for Global Reduce:


4.      Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui batuk dan bersin. Gejala penyakit campak adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis akan tetapi sangat berbahaya apabila disertai dengan komplikasi pneumonia, diare, meningitis dan bahkan dapat menyebabkan kematian. 
Spoiler for Gejala dan Tanda Campak:



5.      Penyakit ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah dan kekebalan kelompok/herd immunity tidak terbentuk.

6.      Ketika seseorang terkena campak, 90% orang yang berinteraksi erat dengan penderita dapat tertular jika mereka belum kebal terhadap campak. Seseorang dapat kebal jika telah diimunisasi atau terinfeksi virus campak. 
Spoiler for Kekebalan Komunitas:


7.      Pada tahun 2000, lebih dari 562.000 anak per tahun meninggal di seluruh dunia karena komplikasi penyakit campak. 

8.      Dengan pemberian imunisasi campak dan berbagai upaya yang telah dilakukan, maka pada tahun 2014 kematian akibat campak menurun menjadi 115.000 per tahun, dengan perkiraan 314 anak per hari atau 13 kematian setiap jamnya.

Spoiler for Indonesia Negara Dengan Kasus Campak ke-6 Terbanyak Di Dunia:




9.      Rubella adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama.
Spoiler for Tanda dan Gejala Rubella:



10.  Infeksi rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan aborsi, kematian janin atau sindrom rubella kongenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) pada bayi yang dilahirkan. 
sindrom kecacatan pada bayi baru lahir yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan

Quote:



Spoiler for Sindrom Rubella Kongenital:


emoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicine
KESIMPULAN:
Campak dan Rubella adalah penyakit menular yang dapat dicegah dengan imunisasi. Karena itu, mari kita ambil kesempatan baik ini, ajak anak-anak atau adik agan-sist untuk imunisasi MR, bulan Agustus di sekolah, dan bulan September di Posyandu/ Puskesmas terdekat. 
emoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicineemoticon-medicine

Mari kita sukseskan Imunisasi MR Agustus - September 2018..!!
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia

Sumber: Petunjuk Teknis Kampanye Imunisasi Measles Rubela
Diubah oleh punkazawa 24-07-2018 16:22
0
2.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.