Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

domba.bersempakAvatar border
TS
domba.bersempak
Chili Investigasi 158 Gereja Katolik Terkait Kasus Pelecehan Seksual
SANTIAGO - Chili tengah menyelidiki 158 Gereja Katolik karena melakukan atau menyembunyikan pelecehan seksual terhadap anak-anak dan orang dewasa. Menurut Jaksa Penuntut Umum Luis Torres kasus-kasus tersebut terkait dengan insiden yang terjadi sejak 1960 dan melibatkan 266 korban, termasuk 178 anak-anak dan remaja.

Pernyataan Torres menunjukkan pandangan umum pertama tentang luas dan ruang lingkup skandal pelecehan yang dihadapi oleh Gereja Katolik Chili dan berapa banyak orang yang terlibat.

Bulan lalu, Paus Fransiskus menerima pengunduran diri lima uskup Chili di tengah tuduhan pelecehan seksual dan penyembunyian kasus terkait.

"Sebagian besar insiden yang dilaporkan terkait dengan kejahatan seksual yang dilakukan oleh pendeta atau orang-orang yang terkait dengan lembaga pendidikan," kata Torres.



"Seluruh lapisan Gereja Katolik - dari para uskup hingga biarawan - terlibat dalam kejahatan, serta orang awam menjalankan beberapa fungsi dalam lingkup gerejawi," imbuhnya seperti dikutip dari AFP, Selasa (24/7/2018).

Ada 36 investigasi yang sedang berlangsung, sementara 23 yang sebelumnya menghasilkan vonis dan satu lainnya dibebaskan.

"Tidak ada keraguan bahwa apa yang dilakukan jaksa penuntut umum sangat positif dan mulai membuka pintu untuk situasi yang sebelumnya diperlakukan sebagai rahasia umum," kata Juan Carlos Claret, seorang anggota kelompok kampanye yang menentang kehadiran uskup yang kotor Juan Barros di daerahnya.

Barros dituduh menutupi pendeta pedofil dan Paus Francis dipaksa untuk meminta maaf awal tahun ini karena telah memeluk dan membela uskup pada kunjungan ke Chili pada bulan Januari.

Paus Francis telah menunjuk Barros untuk memimpin Keuskupan Osorno, tempat Claret hidup, pada tahun 2015 meskipun ada tuduhan oleh para korban pelecehan seksual bahwa prelatus itu menutup-nutupi tindakan uskup pedofil, Fernando Karadima pada tahun 1980-an dan 1990-an.

Menurut Claret, Konferensi Episkopal Chili sudah tahu pada 2007 sekitar 120 Uskpu terlibat dalam pelecehan seksual. Ia mengatakan itu berarti harus ada lebih banyak orang yang terlibat daripada jumlah yang diungkapkan oleh jaksa.

"Beberapa informasi masih ditahan," tambah Claret, suara penting dalam mengecam penganiayaan anak-anak di negara yang mendorong Paus Francis untuk merombak Gereja Katolik Chili.

Karadima telah dihukum seumur hidup oleh Vatikan tetapi tidak pernah menghadapi tuntutan di Chili karena undang-undang pembatasan telah berlalu pada saat sebuah kasus dibuka pada tahun 2010.


g heran d investigasi, krna udah jutaan gay di bentuk di tempat ini emoticon-Najis (S)


https://international.sindonews.com/...ual-1532404873


selibat = setiap lubang pantat di embat emoticon-Busaemoticon-Kagets
Diubah oleh domba.bersempak 24-07-2018 10:12
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
1.1K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.