Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Pengamat: Jokowi Sudah Punya Lima Kandidat, Prabowo Masih Bingung

Prabowo Subianto

Jakarta – Presiden Joko Widodo yang bakal kembali mencalonkan diri dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah mengantongi sedikitnya lima nama sebagai kandidat pendampingnya. Sementara Prabowo Subianto masih berkutat dalam lobi-lobi politik. Sejumlah pengamat pun menilai Prabowo kebingungan.

Pengamat politik dari Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie termasuk salah satu yang melihat kebingungan Prabowo. Ia menilai Ketua Umum Gerindra itu masih kebingungan lantaran masih menjalin komunikasi dengan berbagai kubu.


“Saya menilai ada kebingungan atau `all in the wind`. Pasalnya sudah mau dekat di injury time, tetapi lobi politik masih jalan,” ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/7).

Seperti diketahui, Prabowo belakangan tengah disibukkan jadwal pertemuan antar partai politik. Baru kemarin ia dikabarkan menjalin komunikasi politik dengan Ketua Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.


Prabowo pun dikabarkan mengadakan pertemuan dengan Ketua DPP PDIP nonaktif Puan Maharani. Belum cukup, Prabowo juga bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, sambil menjenguknya di RSPAD.


Menurut Jerry, manuver Prabowo justru terlalu banyak sehingga terkesan tidak optimal. Pasalnya, hampir semua parpol yang ia temui bersikeras ingin kadernya dicalonkan jadi calon wakil presiden.


Benar saja. Masing-masing pimpinan partai, baik PKS, PAN mau pun Demokrat, memang kukuh kadernya paling tidak dicalonkan jadi pendamping Prabowo apabila jadi ikut di Pilpres 2019.


Yang terbaru, Demokrat, pun sudah mengisyaratkan menginginkan Agus Harimurti Yudhoyono jadi cawapres. Dengan begitu, menurut Jerry, menyebabkan koalisi Gerindra, PKS dan PAN semakin menemui kebuntuan.


“Jadi kesepakatan-kesepakatan seperti apa hanya mereka yang tahu. Bisa saja ada kebuntuan politik,” ucap dia.


Masih Manuver dengan Demokrat dan PDIP, Prabowo Kebingungan ?

Jerry berpendapat Prabowo pun belum paten akan menjadi bakal calon presiden karena masih melakukan manuver dengan Demokrat dan PDIP.

Apabila akan menjadi “king maker”, dikatakannya Prabowo perlu mengetahui peran dan menyiapkan strategi. Tetapi di satu sisi internal Gerindra kukuh ingin Prabowo mencalonkan diri menjadi bakal calon presiden.

Hal tersebut berbeda dengan koalisi Nasdem, PPP, Golkar, PDIP dan Hanura yang sudah paten dan tinggal mengumumkan siapa pendamping Joko Widodo.

“Joko Widodo sudah mengantongi lima nama bakal calon wakil presiden, sedangkan koalisi Gerindra masih tahap manuver,” tutur Jerry.

Sumber

0
1.9K
30
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.