Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gerah dan Berkeringat Karena Kepanasan? Pakai 5 Cara Ini Sekarang!

junleonAvatar border
TS
junleon
Gerah dan Berkeringat Karena Kepanasan? Pakai 5 Cara Ini Sekarang!
Hello, what news everybody? Selamat datang, dan selamat membacaemoticon-Blue Guy Peace



Minuman dingin nan segar memang paling enak dinikmati saat cuaca sedang terik-teriknya. Namun, tahukah gansis sebenarnya cara ini kurang tepat untuk mendinginkan tubuh kalau sedang kepanasan? gansis justru harus minum yang hangat-hangat untuk mengusir gerah. Lho, kok bisa begitu? Simak dulu penjelasan medisnya di bawah ini, tapi tunggu dulu, sebelum itu mari simak dahulu 4 cara lain untuk mengusir gerah pada tubuh Anda. Cekidot :





1. Ngadem Didalam Ruangan

Wajar jika gansis ingin ngadem di ruangan dingin ketika merasa gerah. Masuk ke dalam ruangan ber-AC, tapi jangan lupa untuk buka jendela lebar-lebar untuk membiarkan semilir angin masuk. Tutup gordennya supaya sinar terik matahari bisa terhalangi.





2. Mandi Air Dingin

Mandi air dingin bisa jadi cara yang tepat untuk mendinginkan tubuh setelah panas-panasan beraktivitas. Mandi bisa normalkan kembali suhu tubuh Anda. Namun, keringkan dulu keringat yang menempel sebelum membasuh tubuh.





3. Makan Buah dan Sayur

Makan sayur dan buah yang mengandung banyak air, seperti semangka, timun, selada, bayam, buah-buahan berry, hingga melon dapat membantu mengusir kegerahan. Jadikan buah-buahan ini sebagai topping yogurt dingin untuk dicamil ketika cuaca panas sembari mencegah tubuh dari dehidrasi.





4. Berbaring di Lantai

Suhu dingin yang ada lantai membuat suhu tubuh jadi lebih sejuk seketika. Oleh karena itu, berbaring santai di lantai menjadi salah satu pilihan yang tepat. Jika rumah gansis terdiri dari dua lantai, sangat disarankan untuk memilih berbaring di lantai pertama. Lantai ke dua di rumah memiliki suhu panas yang lebih karena pada bagian ini lebih terpapar sinar matahari.





5. Minum Air Hangat

Sebuah penelitian tahun 2012 dari University of Ottawa School of Human Kinetic menyatakan bahwa minum minuman hangat justru bisa mendinginkan gansis yang sedang kegerahan. Pasalnya, suhu hangat dari minuman tersebut akan memicu tubuh untuk mengeluarkan banyak keringat.

Ketika lidah terbasahi dengan minuman hangat, reseptor saraf lidah akan mengirimkan sinyal “panas” yang dibaca otak sebagai bahaya. Otak kemudian akan berusaha melindungi gansis dari peningkatan suhu tubuh berlebihan dengan memproduksi keringat. Berkeringat merupakan cara alami tubuh untuk mendinginkan suhunya.

Cara mendinginkan tubuh ini akan lebih manjur lagi jika gansis minum minuman hangat di tempat yang terbuka. Jika gansis sedang merasa gerah dan minum segelas air hangat di ruangan tertutup, tubuh justru akan menarik kembali keringat Anda. Akibatnya, suhu inti tubuh justru akan semakin meningkat yang membuat gansis merasa semakin gerah dan kepanasan.



Oke sekian dulu untuk thread kali ini, jangan lupa share biar teman-teman yang lain tau dan rate kalau bermanfaat. Sampai jumpa di thread lainnya ya!emoticon-Blue Guy Peace

Sumur : Otak Pintar TS
Refrensi Lain : 1- 2

Spoiler for Open Please:
Diubah oleh junleon 17-03-2022 08:36
0
16.1K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.