darrenkiranaAvatar border
TS
darrenkirana
Mengenal Lebih Dekat: Uranus | All About Uranus



emoticon-Kaskus Banget

Spoiler for Uranus:

Halo agan sista sekalian! Setelah sekian lama vakum, akhirnya ane memutuskan untuk melanjutkan thread tentang planet - planet yang ada di tata surya. Mungkin kebanyakan dari ente baru pertama kali baca thread astronomi ane, jadi dsini ane cuman merangkumkan doank, gak sampe detail2 amat, yah itung2 kulit nya udh dicover lah gan hehe, tanpa basa basi lagi langsung aja gan, cekibrot! 

emoticon-Bingungemoticon-Bingung emoticon-Bingung

Spoiler for Naked eye Uranus:

Terdapat 5 planet di tata surya kita yang bisa dilihat dengan mata telanjang (6 termasuk Bumi) namun jika kita mempunyai mata yang sangat tajam dan juga langit yang sangat gelap (tanpa polusi cahaya) kita bisa melihat Uranus dengan mata telanjang.


Spoiler for Caroline Herschel taking notes as her brother William observes, the night William discovered Uranus.:

Penemuan planet Uranus bisa dibilang hanya merupakan kebetulan belaka. Pada 1781, William Herschel seorang ahli astronomi German sedang memetakan bintang, namun ia menemukan sebuah objek berbentuk seperti piringan, bukan pada bintang umumnya yang berbentuk titik. Lalu beberapa lama kemudian setelah ia melihatnya lagi, ia menyadari bahwa objek tersebut bergerak, sejak saat itulah ia menyadari bahwa ia telah menemukan planet ke 7. Sebenarnya banyak yang sudah memetakan planet Uranus sebelum Herschel, namun mereka tidak menyadarinya, bahkan ada yang sudah memasuki nya kedalam katalog bintang.

Spoiler for The Mutilation of Uranus by Saturn: fresco by Giorgio Vasari and Cristofano Gherardi:

Herschel tidak menamai planetnya Uranus, ia menyebutnya "Georgium Sidus" (Planet Georgia) untuk menghormati Raja George III dari Inggris. Nama "Uranus" pertama kali diusulkan oleh astronom Jerman Johann Elert Bode agar sesuai dengan nama planet lainnya - yang berasal dari mitologi klasik. Uranus adalah dewa Surga Yunani kuno, dewa tertinggi dan yang paling awal.

Spoiler for Inside Uranus:

Planet Uranus bisa dibilang cukup besar, 14,5 kali massa bumi, tetapi tidak terlalu padat, ini menunjukan bahwa Uranus terbuat dari material yang ringan. Melalui banyak perhitungan, Uranus diperkirakan mempunyai 3 lapisan utama yaitu inti, mantel dan atmosfir. Intinya lebih kecil dari Bumi, berbahan batu batuan, mantel nya terbuat dari air, ammonia dan metana beku, sangat panas dan bertekanan tinggi, mantel nya bisa dibilang juga seperti lautan, dan yang terakhir atmosfir nya terbuat dari hidrogen, helium dan gas metana. Untuk membedakan nya dari Jupiter dan Saturnus, Uranus bisa dibilang juga "Ice Giant". Mengapa dinamakan Ice(es)? Karena ilmuwan mengacukan air, ammonia dan metana sebagai ice(es), jadi walaupun bukan seperti es yang kita bayangkan di Bumi dan juga memiliki suhu kurleb -220 derajat planet ini juga disebut sebagai "Ice Giant".

Studi menunjukan tekanan yang sangat tinggi di planet Uranus dapat memisahkan molekul Metana dan meremas carbon nya sangat kuat hingga membentuk berlian, lalu berlian - berlian ini berjatuhan di mantel Uranus seperti hujan berlian yang memungkinan terdapat lautan berlian di bagian bawah mantel planet Uranus. Selain Hidrogen dan Metana, udara di sana mengandung 2% Metana yang meresap gelombang cahaya dengan sangat baik, karena itulah cahaya yang dipantulkan Uranus sebagian besar berwarna hijau dan biru.

Spoiler for Uranus Axis and Magnetic Field:

Salah satu fitur teraneh Uranus adalah sumbunya yang memiliki kemiringan sampai 98 derajat. Mengapa bisa semiring itu? Sampai sekarang belum ada jawaban yang pasti, kemungkinan yang paling masuk akal adalah bawah Uranus dulunya dihantam objek yang sangat besar dengan sangat keras hingga memiringkan sumbu nya. Fitur aneh lain nya adalah bahwa sumbu gelombang magnetik nya memiliki kemiringan 50 derajat dari sumbu rotasi nya, dan sampai sekarang belum memiliki penjelasan yang pasti.

Spoiler for Uranus Moon:

Uranus memiliki lebih dari 2 lusin bulan, 5 diantaranya memiliki ukuran yang agak besar, dan yang lain nya memiliki ukuran yang kecil. Nama - nama bulan Uranus diambil dari nama karakter drama Shakespeare yaitu Titania, Umbriel, Miranda, Ariel, Portia, Puck dan masih banyak lagi. Salah satu bulan Uranus yang paling menarik adalah Miranda, karena Miranda memiliki tebing tertinggi si Tata Surya dengan ketinggian 5 sampai 10 kilometer yang dinamai Verona Rupes, bahkan jika kita melompat dari tebing itu, kita akan membutuhkan waktu 6 menit untuk sampai kebawah.

Spoiler for Uranus Ring:

Uranus mempunyai cincin yang ditemukan secara tidak sengaja juga. Cincin tersebut sebagian besar terbuat dari "ice" dan bahan organik lain nya. Saat ini sudah terdapat 13 cincin yang ditemukan. Asal usul cincin Uranus masih menjadi misteri, ada kemungkinan bahwa salah satu bulan Uranus yang hancur dihantam benda langit dan serpihan nya menjadi cincin Uranus, tetapi belum ada jawaban yang pasti.

Masih banyak yang belum diketahui dari Uranus karena jarak nya yang sangat jauh dan juga kita hanya pernah melewati nya sekali dengan sangat cepat, yaitu wahana Voyager 2. Dan juga sampai saat ini menurut ane manusia masih lebih fokus untuk meneliti planet yang dapat dihuni untuk masa depan umat manusia, makanya Uranus dikesampingkan dulu yak hahah.

emoticon-Bingungemoticon-Bingung emoticon-Bingung

Akhir kata mohon maaf bila ada salah informasi, bisa di komeng gan apa yang salah biar ane selidiki, maklum gan ane jg manusiaemoticon-Malu. Ane jujur lebih menghargai yang ngebaca sampe abis ketimbang yang komen gk penting (junker) emoticon-Malu (S).
Kalo berkenan
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Rate 5 Star
Oh ya kalo mau nambahin jg boleh gan, ditunggu yah di komeng2 dibawah!!



Quote:

Quote:



1
22.3K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.