kucingcoklat030Avatar border
TS
kucingcoklat030
Perlu Tahu! Sejarah Perjalanan MAKEUP di dunia
Banyak yang bilang anak sekarang pada suka makeup, atau makeup lagi hits banget di zaman sekarang. Padahal makeup udah ada dari beribu tahun yang lalu!
Bagi penyuka makeup atau penyuka sejarah, wajib baca thread ini sampe kelar!!! emoticon-Cool

Zaman Mesir Kuno adalah masa paling awal para wanita menggunakan makeup. Produk mereka yang terkenal yaitu eyeliner, berguna untuk mengurangi silau, mencegah infeksi mata, serta membuat mata terlihat cantik. Pernah liat kan tuh ilustrasi ratu Cleo Patra ? Di ilustrasinya dia pakai eyeliner full di matanya. 


Kemudian, ada "Henna" yang mulai digunakan oleh wanita Persia untuk mewarnai rambut. Mungkin pada sering liat henna art yang ada di tangan, ya... tapi rupanya henna itu lebih dulu digunakan jadi pewarna rambut

Di abad pertama Masehi bangsa Romawi kuno menggunakan celak dan kapur untuk mewarnai wajah. Yaaa kurang lebih begini lah wujud makeupnya 
Pada abad ke-6 para wanita Spanyol mulai memberikan rona pink pada wajah atau yang lebih dikenal dengan blush on.
Di tahun 1600-an, para wanita kaya menggunakan bedak Aqua Tofana. Sayangnya bedak tersebut mengandung arsenik yang berbahaya.

Di akhir tahun 1700-an, lipstik merah merona, pewarna alis, dan pemulas mata mulai populer dengan menggunakan bahan alami.
Abad ke-19 era Victoria di Inggris, para wanita merias diri dengan mengoleskan minyak kastor di bulu mata, menggunakan bubuk beras pada pipi, dan mengoleskan sari buah bit berwarna merah untuk bibir.

Tahun 1914, kosmetik pertama dijual untuk para bintang film. Era ini juga muncul lipgloss pertama. Kemudian, berbagai merek kosmetik mulai bersaing di awal tahun 1970 dengan harga yang terjangkau. Contoh makeup yang muncul di tahun 1970an adalah Maybelline yang masih hits sampai sekarang.

Tahun 1990 hingga 2000-an banyak label fashion dan industri kecantikan mendeklarasikan gaya minimalis. Blush bernuansa peach menciptakan tampilan natural sekaligus kecantikan general.
Kalau sekarang ini, makeup lebih beragam dan terbagi-bagi. Sebut saja american makeup look vs korean makeup look yang bernar-benar berbeda tapi tetep cantik kok keduanya, dan semua kembali ke selera masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat ya!emoticon-Kiss

(Artikel ini telah ditulis dengan judul asli The Journey of Makeup oleh Angie Diyya pada majalah Women's Obsession)
0
3.4K
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Beauty
BeautyKASKUS Official
5.3KThread7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.