rickyandriandraAvatar border
TS
rickyandriandra
Hewan Memasuki Pemukiman, Mungkin Ini Pertanda . . .

Akhir - akhir ini masyarakat Indonesia banyak dikejutkan dengan kejadian hewan memasuki area pemukiman warga. Hewan yang muncul pun bukan hewan yang lumrah kita lihat, melainkan hewan - hewan buas yang berbahaya seperti buaya dan ular.

Yang terbaru, munculnya beberapa ekor Buaya Muara (Porosus Crocodilus) di Kali Grogol akhir Juli lalu.

Namun hingga saat ini kawanan Buaya tersebut sudah tidak terlihat lagi di Kali Grogol, menurut petugas BKSDA Setempat kemungkinan Buaya tersebut sudah pindah ke area lain mengikuti arus kali. Meskipun sudah tidak terlihat lagi, namun warga setempat dan agan sista pasti bertanya - tanya "Kok bisa mereka (Hewan) ada disekitar pemukiman warga?"


Ada beberapa kemungkinan yang terjadi,


1. Habitatnya Dirusak


 


Hewan - hewan Reptil Buas seperti ini memiliki habitat asli di sekitar pegunungan atau hutan yang memiliki perairan. Beriklim Tropis, membuat beberapa hutan hujan di Indonesia menjadi habitat favorit hewan berdarah dingin ini.

Namun layaknya hewan pada umumnya, mereka akan mencari habitat baru atau area terdekat untuk dijadikan rumah baru apabila habitat aslinya dirusak atau bahkan sampai habis.


Beberapa kejadian, Industri - industri mengambil sumber daya alam secara membabi buta tanpa memikirkan resiko yang terjadi selanjutnya, Mengubah hutan menjadi perkebunan atau Mengambil alih habitatnya sebagai area wisata alam. Tanpa kita sadari, hewan - hewan merasa terganggu habitatnya dirusak. Akhirnya mereka (hewan) terpaksa mencari habitat baru untuk tetap hidup. Pemukiman warga terdekat tentu menjadi salah satu tujuan habitat barunya.


Maka tak heran apabila ada beberapa hewan yang habitatnya bukan di pemukiman manusia muncul secara misterius dan bahkan memakan korban. Apabila kita tarik jauh ke belakang, keserakah manusia kepada alam menjadi salah satu faktor penyebab kejadian ini. Ngeri juga ya gan emoticon-Frown




2. Kualitas Lingkungan Pemukiman Membaik


   


Memang akhir - akhir para pemimpin Daerah sedang gencar - gencarnya memperbaiki kualitas lingkungan setempat. Salah satunya DKI Jakarta, beberapa pemukiman padat penduduk sudah di buat jauh lebih layak, Drainase kota yang lebih baik, dan kualitas perairan kota (kali, waduk, sungai, dll) jauh lebih bersih.


Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab munculnya beberapa kejadian hewan memasuki pemukiman warga. Dikarenakan kualitas lingkungannya tidak kalah dengan habitat aslinya, hewan - hewan ini tidak segan untuk memasuki wilayah tersebut. Bukan untuk mencari mangsa, namun hanya sekedar singgah ditempat yang mirip dengan habitatnya.


Kejadian seperti ini bisa menjadi tolak ukur kualitas lingkungan juga loh gan, dengan munculnya hewan - hewan yang tidak biasa ada disana berarti kualitas lingkungannya sudah membaik dan layak ditempati makhluk hidup lainnya.

Wah bisa ternak lele nih di kali Jakarta emoticon-Big Grin


emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka  emoticon-Wakaka


Itulah beberapa kemungkinan terbesar terjadinya kejadian hewan memasuki pemukiman warga. Masih ada beberapa kemungkinan lain seperti Sebenarnya itu hewan peliharaan warga yang lepas atau faktor alam seperti Akibat banjir, hewan - hewan tersebut ikut terbawa arus air ke pemukiman.


Thank you sudah membaca Thread ini gan, jika berkenan boleh di oper cendolnya
emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan


0
13K
124
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.