Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kongkalingkong.Avatar border
TS
kongkalingkong.
PDIP Bersiap Kemungkinan Partai Lain Evaluasi Dukungan ke Jokowi
akarta -Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eriko Sortadurga mengatakan PDIP bersiap menghadapi kemungkinan adanya partai yang mengevaluasi dukungan kepada Joko Widodo atau Jokowi di pemilihan presiden (Pilpres 2019).

"Kami dalam hal ini bersiap apa pun kondisi yang terjadi," kata Eriko di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 10 Juli 2018.

Eriko menyampaikan hal ini menanggapi kemungkinan adanya partai yang tak jadi mendukung karena tak sepakat dengan calon wakil presiden yang digandeng Jokowi. Menurut Eriko, PDIP sudah memastikan mengusung Jokowi sebagai capres. Adapun ihwal cawapres, kata dia, akan dibahas bersama partai-partai pendukung.

Saat ini, sudah ada lima partai yang menyatakan bakal mendukung Jokowi di pilpres 2019. Kelima partai itu ialah PDIP, Partai Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Partai
NasDem, dan Partai Hanura.

Prediksi ihwal pecahnya partai-partai pendukung ini kerap disampaikan oleh oposisi dan sejumlah pengamat politik. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Ferry Juliantono, misalnya, pernah mengatakan koalisi Jokowi berpotensi pecah karena berebut posisi cawapres.

Sebab, Partai Golkar dan PPP sama-sama menyorongkan ketua umumnya, Airlangga Hartarto dan Muhammad Romahurmuziy sebagai cawapres Jokowi.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Golkar Muhammad Sarmuji pun sebelumnya menyampaikan, partainya menyiapkan antisipasi jika Airlangga tak dipilih sebagai cawapres. Sarmuji mengatakan Golkar siap melakukan negosiasi terkait jabatan politik, salah satunya portofolio menter

Eriko menilai wajar jika ada partai yang ancang-ancang mengevaluasi dukungan kepada Jokowi. "Wajar saja dalam saat seperti ini, karena sebenarnya politik itu kan gabungan dari situasi-situasi yang berkembang setiap hari dan itu sangat dinamis sekali," kata dia.

Kendati begitu, Eriko mengaku PDIP enggan berspekulasi lebih lanjut perihal ini. Dia mengatakan pada intinya koalisi perlu dijalankan dengan ikhlas untuk memenangkan Jokowi di pilpres 2019. "Kalau kami prinsipnya kan koalisi mendukung dengan ikhlas dan dengan sungguh-sungguh untuk memenangkan Bapak Jokowi," ujar Eriko.


https://nasional.tempo.co/read/11057...ngan-ke-jokowi


ayo tebak tebakan partai apa yang akan mengevaluasi emoticon-Malu

elektabilitas jokowi masih di bawah 50 persen jauh di bawah ambang batas aman untuk terpilih lagi emoticon-Malu


2019gantipresiden emoticon-I Love Indonesia
Diubah oleh kongkalingkong. 11-07-2018 07:29
0
1.3K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.3KThread41.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.