Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cyuuAvatar border
TS
cyuu
Mau Married Malah Galau.. Help gan...
Malem gan.. ane mau curhat nih, mohon pencerahannya ya. Ane sengaja pake akun baru karena kebetulan friend di kaskus ane temen2 semua. Langsung aja ya

Ane pacaran LDR sama cowo ane sudah 4 tahun, sebut saja dia Boy. Ane kerja di bank swasta dan ngekost, sedangkan Boy wiraswasta dan tinggal bareng ortunya. Umur ane 29 tahun dan Boy 33 tahun.

4 tahun lalu, saat ane pacaran, Boy masih pengangguran, dia sebelum2nya juga ga pernah kerja sendiri/ikut orang, sehari-hari dia bantu ortunya di toko (alat tulis). Jadi, awal2 deket tiap ketemuan dia masih dikasih uang saku ma ortunya. 
Ane berkali-kali ngomong ke Boy untuk buka usaha sendiri (karena dia ga mau kerja ikut orang) dan akhirnya 2 tahun kemudian dia buka toko aksesoris komputer di sebelah toko orang tuanya, kebetulan ortunya sewa tempat di sebelah toko, trus akhirnya dipake Boy untuk buka usaha dan dimodalin ma orang tuanya, Boy juga dikasih kepercayaan untuk mengelola dagangan kertas milik ortunya. Kebetulan toko ortunya sudah punya nama jadi banyak agen/pengecer yang beli di toko. Akhirnya Boy punya penghasilan sendiri.

1 setengah tahun kemudian, tepatnya bulan September 2017 sewa tempat Boy habis, 2 bulan sebelumnya ane juga sudah ingetin ke dia untuk cari tempat baru untuk merintis usahanya sendiri dan Boy pun mengiyakan. Namun pada masa akhir sewanya, Boy tetep ga nemuin tempat usaha,  dan akhirnya barang dagangan Boy dipindahin ke toko ortunya. 

Maret 2018 kami memutuskan untuk ke tahap yang lebih serius. Selama ini Boy belum berani untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius karena dia ga punya penghasilan. Akhirnya kita membuat kesepakatan untuk patungan ngerayain pernikahan kita (bulan November besok). Kita buat rekening bersama, start awal ane masukin 20 juta dan Boy 30 juta, sisanya masing2 dari kita tiap bulan setor 4 juta ke rekening itu. 
Gaji ane 4jutaan dipake untuk setor bulanan, selain itu ane juga punya tabungan hasil 6 tahun kerja, ane bisa mencukupi kebutuhan sehari2 ane, kost, dan bayar cicilan2 dari bunga tabungan ane dan kerjaan sampingan jualan online shop. Boy juga baru-baru ini dapet duit 100juta dari ortunya, entah mau digunakan untuk married/apa aja terserah, tapi ane saranin ke dia untuk disimpan aja, untuk biaya resepsi sebisa mungkin jangan pakai duit tabungan.
Rencananya sih abis married duit tabungan ane & hasil pemberian ortunya Boy mau dijadiin satu untuk beli rumah. Tapi kalo seandainya duit Boy mau dipake untuk buka usaha, ane pun ga masalah, karena selama ini justru itu yang ane harapin dari dia.

Pernikahan ane 4 bulan lagi dan persiapannya sudah 70%, dan hampir semua vendor sudah di DP, tapi semakin kesini ane semakin bimbang, karena sampai sekarang pun Boy masih belum buka usaha sendiri, dari omongan ane yang halus sampai marah-marah pun alasan Boy tetap sama, belum nemuin tempat usaha, padahal sudah hampir satu tahun berlalu. Sesulit itu kah cari tempat usaha sampe sekarang belum ketemu? Ane ngerasa kalo Boy belum bisa mandiri, masih banyak bergantung dari ortunya. 

Bukannya ane ga suka, tapi kan kita mau nikah, ane LDR an ma dia m, kalau masih belum hamil, ane masih bisa kerja cari duit sendiri untuk kebutuhan bersama, nah kalau nanti udah hamil ane terpaksa resign karena anak ga ada yang jagain ( tempat kerja ane 1 jam dari rumah ortu, dan 3 jam dari rumah Boy) . Kalo dengan penghasilan Boy yang sekarang kurang lebih 4-6juta per bulannya, untuk kebutuhan hidup berdua mungkin masih cukup, tapi kalau besok ditambah anak? (penghasilan segitu pun terbantu banyak karena yang paling laris kertasnya, bukan aksesoris komputernya).

Sedangkan keinginan ane, dan sudah ane utarain ke dia, kalo dia belajar untuk mulai usaha baru. Memang, suatu saat nanti Boy diminta untuk meneruskan usaha ortunya itu, tapi saat ini semua masih dikelola ortunya. Sedangkan kalo ane nikah ama dia, setidaknya dia harus mikirin kalo dia ga bisa seperti sekarang (makan, tinggal, tagihan2 rumah masih tanggungan ortu semua). Bahkan handphone ortu yang kasih, motor, mobil semua punya ortu.
Ane pengennya selagi Boy mampu dan masih produktif, dia mulai usaha sendiri dari nol, biar tau gimana cari duit dari hasil keringat sendiri, masalah besok2 toko alat tulis Boy yang nerusin, biar dipikirkan besok. Toh juga masih lama.


Selama ini ane sudah bicarain masalah ini ke dia, dia selalu bilang ya aku bakal ini ya aku bakal itu, tapi pada prakteknya menurut ane lamban sekali, 4 tahun pacaran sama dia, ane ngerasa dia belum bisa mandiri, pdahal umur dia sudah 33. Beberapa waktu lalu dia ngomong ke ane, kalo ane menganggap dia jualan di tempat ortunya tuh dianggap ga kerja, dan ane disuruh lihat dari sudut pandang dia juga. Sedangkan dari sudut pandang ane, ane pengennya dia belajar buka usaha sendiri, entah mau buka cabang baru tetap jualan alat tulis atau usaha lain, tempatnya bisa sewa sementara, yang penting berusaha dulu.

Gimana ya gan/sis apa yang harus ane lakuin? Setelah married pun ane bakal LDRan lagi karena ane masih harus kerja. Yang ane ga bisa bayangin kalo ane besok hamil dan harus resign, jujur ane malu aja kalo ane besok-besok sudah berhenti kerja, dan sikap Boy tetap sama, malah ujung-ujungnya ngerepotin ortu dia. 

Note: Boy tipe cowo yang pasif, introvert, orangnya sebenernya baik dan care banget ma ane, cuma kalau soal kerjaan ane sampe ga bisa berkata-kata, passionnya ane bilang sih kurang dan terlalu lama ada di zona nyaman dia.
Diubah oleh cyuu 10-07-2018 15:04
tata604
tata604 memberi reputasi
1
2.9K
26
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread10KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.