Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

silents.Avatar border
TS
silents.
Soal Ide Prabowo, Ahli Waris: Diponegoro Tak Ingin Dipulangkan


Makassar - Usulan pemindahan makam Pangeran Diponegoro oleh Prabowo Subianto ditolak keluarga. Ahli waris Pangeran Diponegoro menolak memindahkan ke Yogyakarta dan tetap berharap makam itu berada di Makassar.

"Kalau saya sebagai keluarga penanggung jawab, artinya dari dulu ada rencana itu untuk memindahkan di Kerajaan Mataram. Ini amanah beliau sudah mewakafkan dirinya untuk dimakamkan di tempat ini," kata cucu Pangeran Diponegoro, Hamzah Raden Diponegorosaat ditemui detikcom di Halaman Makam Pangeran Diponegoro, Jalan Diponegoro, Wajo, Kamis (5/7/2018).

Hamzah bercerita, Pangeran Diponegoro juga telah mewasiatkan kepada isteri dan anaknya sebelum menghembuskan nafas terakhirnya untuk dimakamkan di Makassar.

"Sebelum menghembuskan nafas, beliau sudah tidak lama meninggal mewakafkan dirinya kepada isteri dan anak apabila saya meninggal tidak usah dipulangkan ke kampung halaman," jelasnya.

Pemindahan Makam Pangeran Diponegoro harus dipahami bahwa pemindahan jenazah tak mudah dilakukan. Lantaran jenazah seperti Pangeran Diponegoro harus memiliki tempat yang baik dibaringkan sesuai wasiat dan peristirahatan terakhirnya di Makassar.

"Orang dibaringkan artinya untuk tubuhnya tidak sembarang harus ada signalnya apakah bisa dibaringkan. Karena ini wasiat beliau itu di sini, dari akhir perjalanan hidupnya. Raja bahkan rakyatnya saat itu juga meminta untuk dimakamkan di kampung halamanya juga ditolak pihak keluarga sesuai wasiat," terangnya.

Hamzah Raden Diponegoro yang tak lain cucu Pangeran Diponegoro mengatakan, Diponegoro saat itu lebih banyak menghabiskan waktunya di Makassar. Tercatat Pangeran Diponegoro menghabiskan waktunya 21 tahun di tanah daeng pada tahun 1834-1855 dan meninggal di usia 70 tahun.

"Harus dipahami juga beliau itu lama di Makassar, ketimbang di daerah lain. Keberadaanya juga tidak banyak diketahui orang saat itu. Dia di sini sekitar 21 tahun," tutupnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto berencana akan memindahkan makam pahlawan Pangeran Diponegoro yang ada di Makassar, Sulawesi Selatan ke kediaman aslinya yakni di Yogyakarta. Pemindahan inipun ditolak sebagian pihak dan menuai polemik.

https://news.detik.com/berita/d-4099...547.1519096890
Diubah oleh kaskus.infoforum 06-07-2018 03:17
0
19.9K
161
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.