• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Daftar nama kota/wilayah di Spanyol dan Portugal pada masa Kekhalifahan Al-Andalus

ariswidyapAvatar border
TS
ariswidyap
Daftar nama kota/wilayah di Spanyol dan Portugal pada masa Kekhalifahan Al-Andalus

Holaaaa gannn Apa kabarnya....emoticon-Hai


Al-Andalus (Arabالأندلس. al-andalus‎) adalah nama dari bagian Semenanjung Iberia (Spanyol dan Portugal) yang diperintah oleh orang Islam, atau orang Moor antara tahun 711 dan1492. Spanyol merupakan tempat paling strategis bagi Eropa pada waktu itu untuk menggali peradaban Islam yang tak tertandingi baik dalam bentuk hubungan politik, sosial, maupun perekonomian dan peradaban antar negara. Orang-orang Eropa menjadi saksi sejarah bahwa Spanyol dibawah panji Islam jauh meninggalkan negara-negara tetangganya di Eropa terutama di bidang pemikiran dan sains di samping bangunan fisik.


Islam di Spanyol telah melahirkan pancaran kemajuan dan kemilauan peradaban yang agung. Masjid Agung Cordova, sejumlah pertamanan, pancuran dan alun-alun istana al-Hambra, kemajuan ilmu pengetahuan, filsafat, sains dan lain-lain, menjadi bukti sejarah atas kemajuan yang telah dicapai Islam di Spanyol.


Spanyol mencapai puncak keemasan dibawah pemerintahan keluarga Bani Umayyah terutama pada masa Abd Rahman I (756-788), Abd Rahman III (921-961), dan al-Hakam II (961-976 M), ketika itu ibukota Spanyol, Cordova bersinar bagai cahaya gemilau, sementara bumi Eropa tenggelam dalam kegelapan.Meskipun Islam di Andalusia pada waktu itu maju sedemikian rupa, namun akhirnya juga mengalami banyak kelemahan akibat persatuan yang mulai tidak terpelihara, terutama dalam menjalankan roda pemerintahan, sehingga berakibat munculnya kerajaan-kerajaan kecil (al-Muluk al-Thawaif).Hingga sampai pada akhirnya kekuasaan Islam runtuh di Spanyol pada tahun 1492 M. 


Umat Islam setelah itu dihadapkan kepada dua pilihan, masuk Kristen atau pergi meninggalkan Spanyol. Pada tahun 1609 M, boleh dikatakan tidak ada lagi umat Islam di daerah ini.Dan berikut adalah daftar Nama kota/wilayah pada masa Kekhalifahan Islam di spanyol pada masa 711 – 1492 Masehi.




 

Quote:


 
Itu tadi gan Nama-nama wilayah Kota di Portugal dan Spanyol 711 dan1492 meskipun yang saya beberkan diatas tidak terlalu lengkap tapi untuk lengkapnya kalian bisa melihat dengan membuka link website yang ada dibawahh...

Dan Saya Mohon jangan ada yang bawa SARA ya karna ini adalah pengetahuan untuk menambah wawasan kita Okeyyy..emoticon-No Sara Pleaseemoticon-2 Jempol
 
Source:
https://en.m.wikipedia.org/wiki/Arabic_language_influence_on_the_Spanish_language
https://id.wikipedia.org/wiki/Al-Andalus
https://www.tongkronganislami.net/sejarah-perkembangan-islam-di-spanyol/
https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Arabic_place_names
https://baheyeldin.com/writings/history/list-of-arabic-and-spanish-names-for-iberian-cities-and-places
http://iberianature.com/spain_culture/2009/03/14/arabic-placenames-in-spain/
 
0
15.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.