anvanvAvatar border
TS
anvanv
A Goddamn Living Legend, Dave Grohl

Sebagai drummer dari Nirvana dan Pendiri dari Foo Fighters, Dave Grohl memberikan suasana baru pada genre Alternative Rock. Langsung saja simak ulasan yang TS berikan. Selamat membaca.



Siapa sih Dave Grohl ini ?
David Eric Grohl, lahir 14 Januari 1969, membentuk band pertamanya diumur 10 tahun. Dia keluar dari sekolah pada umur 17 Tahun untuk bermain musik hardcore dengan grup Screamsebelum melakukan audisi untuk Nirvana dan menjadi Bagian dari Nirvana (1990-1994). Setelah kematian Kurt Cobain, Grohl sukses membentuk band alternatif lain bernama Foo FightersSaat ini Dave Grohl merupakan salah satu musisi rock yang paling berpengaruh.





Masa kecilnya Dave
dia pindah dari Ohio ke Virginia saat dia berumur 3 tahun. Ketika dia berumur 6 tahun, anak dari seorang jurnalis dan guru bahasa inggris ini tinggal dengan ibu dan kakak perempuannya setelah kedua orangtuanya memutuskan untuk bercerai.

Dia menyukai musik sejak masih kecil, terlihat saat dia antusias sekali ketika belajar bermain gitar. Pada saat umurnya menginjak 10 tahun. dia membentuk sebuah band bersama temannya  yang diberi nama H.G Hancock. Tidak lama setelah itu, Dave diperkenalkan musik Punk Rock oleh saudaranya. Kebandelannya saat bersama Band punk itu membuatnya keluar dari sekolah menengahnya dan memilih untuk bergabung dengan Scream, Band bergenre Hardcore. Grohl berkontribusi dalam 3 album mereka dan melakukan beberapa kali tour bersama Scream.





Saat bersama Nirvana
Suatu ketika melakukan tour bersama Scream, Grohl bertemu dengan anggota dari band punk, Melvins. saat di belakang panggung dia melihat anggota band masa depannya, Kurt Cobaindan Krist Novoselic dari Nirvana untuk pertama kalinya pada 1990. TIdak lama tour itu, terima kasih untuk Buzz Osbourne dari Melvins yang membantunya untuk audisi Nirvana. Dave Grohl terbang menuju Seattle, berharap menjadi Drummer dari band Nirvana.

Ketika audisi berlangsung, dia langsung menggebuk drum didepan Cobain dan Novoselic. Respon yang tidak disangka-sangka dari Novoselic, dia tercengang dan mengatakan "He was a hard Hitter. . . So bright, so hot, so vital.", seperti yang ditulis dibuku Come As You Are : The Story of Nirvana dari Michael Azerrad.

Setelah sukses bergabung dengan Nirvana, Dave Grohl tinggal bersama Cobain untuk beberapa waktu. Dia juga sempat berpacaran dengan Jennifer Finch, dari band L7. Banyak label besar yang tertarik dengan Nirvana, hingga akhirnya mereka memilih Geffen Records. Album pertama mereka yang bernama "Nevermind" sukses besar dengan Hitsnya "Smell Like Teen Spirit". Dimana lagu itu ditulis oleh Kurt Cobain dibantu oleh 3 anggota band yang menggabungkan musik Punk, Metal, dan Pop.

Video dari "Smells Like Teen Spirit" diputar berulang kali oleh MTV kala itu. Dan dalam setahun, album pertama mereka terjual lebih dari 4 Juta Kopi.





Kematian Kurt Cobain
Setelah meledaknya album pertama mereka, Tekanan akan kesuksesan mereka semakin hari semakin berat dirasakan oleh Nirvana, Hingga membuat Kurt jatuh dan kecanduan obat-obatan terlarang. Hubungan Kurt dengan penyanyi Courtney Lovejuga memberikan jarak dengannya dengan anggota band. Diluar band, Dave Grohl pun membuat projectnya sendiri bernama Pocketwatch.

Tidak lama setelah project Nirvana di Utero tahun 1994 dengan "Scentless Apprentice", Cobain mulai menjaga jarak dengan anggota band lain dan depresi. Dia pernah mencoba meminum obat hingga overdosis pada Maret 1994 di Roma saat mereka istirahat ketika Tour di Eropa. Tanggal 6 April 1994, benar saja, Kurt Cobain melakukan bunuh diri dirumahnya. Tidak lama setelah kematian Kurt, Nirvana sukses merebut Grammy Award untuk live recording mereka di MTV, Unplugged in New York (1994)






The Foo Fighters
Setelah bersama Nirvana, Dave Grohl mendirikan Foo Fighters. Tercatat menggunakan paling banyak instrumen diband bentukkannya, sebagai Vokalis, dan penulis lagu (menggunakan lagu yang ditulisannya ketika masih bersama Nirvana). Foo Fighter sukses dengan 2 lagu rock modernnya "This is A Call" dan "I'll Stick Around" dan jangan lupakan "Big me" yang juga selalu berada dalam top chart. Ketika melakukan tour, Dave membawa serta Nate Mendel sebagai Basis dan William Goldsmith sebagai Drummer, keduanya mantan anggota Sunny Day Real Estate, serta membawa Pat Smear yang pernah menjadi bagian Nirvana saat tour terakhir mereka.

Album pertama Foo Fighter sebagai band yaitu "The Colour and the Shape" lahir 1997. Goldsmith keluar dan digantikan oleh Taylor Hawkins. Album tersebut sukses bertengger di 10 besar top album dengan single mereka "Monkey Wrench", "Everlong", dan "My Hero". Album selanjutnya "There is Nothing Left to Lose" tahun 1999 juga berhasil booming dan mendapatkan Grammy Award pertama mereka sebagai Best Rock Album tahun 2000 dan lagu "Learn to Fly" sukses mendapatkan Best Short Form Music Video.

Tahun 2002, Chris Shiflettmasuk sebagai Gitaris band dan Franz Stahl dari Scream menggantikan Smear yang keluar dari band. Lagu mereka "All My Life" dari album "One by One" sukses merebut Grammy Award lagi sebagai Best Hard Rock Performance tahun itu. 

Dave Grohl melakukan rekaman dengan Band lain, seperti Queens of the Stone Age dan Tenacious D  Selama beberapa tahun hingga akhirnya kembali ke Foo Fighters dan merilis album "Wasting Light" tahun 2011, "Sonic Highways" tahun 2014 dan "Concrete and Gold" tahun 2017 yang sukses mendapatkan Grammy Award kembali dengan lagunya "Run".








Music Corner :

Quote:




Okay, thats all for today. If you like this Thread,



Spoiler for Sumber:
Diubah oleh anvanv 04-07-2018 22:37
0
20.1K
107
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.