Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yudhinakbtlAvatar border
TS
yudhinakbtl
kuda liar ( Equus ferus)
KUDA LIAR ( Equus ferus )



Kuda merupakan salah satu spesies modern mamalia dari genus Equus. Ada beberapa jenis dari hewan yang satu ini. Salah satunya adalah kuda liar (Equus ferus). Walau hamper sama dengan jenis kuda lainya, ada beberapa perbedaan dari kuda liar. Perbedaan yang paling utama dari jenis ini adalah mereka mencintai kebebasan disbanding hallainya. Juga sedikit berbeda dengan saudaranya, jenis yang satu ini jauh lebih sulit untuk dijinakan.
Sebelum kepada ciri-cirinya secara mendetail, kita harus tahu dahulu klasifikasi ilmiah dari hewan ini.;
KLASIFIKASI ILMIAH
Kingdom : Animalia
Filum : chordate
Kelas : mammalia
Ordo : perissodactyla
Family : equidae
Genus : equus
Spesies : E. ferus
Nama Binomal : Equus ferus


Karakter/Kebiasaan umum yang di miliki dan di lakukan oleh Kuda Liar (Equus ferus)

1. Liar dan Mencintai kebebasan
Sesuai dengan namanya, hewan yang satu ini pada umumnya bersifat liar dan menyukai kebebasan. Sedikit berbeda dengan saudaranya Equus caballus yang kerap dijadikan sebagai hewan ternak yang dikurung dan dijadikan sebagai hewan pekerja. Hewan ini lebih senang dan nyaman berada di alam liar dan hidup bebas sesuai dengan naluri binatang yang ia miliki.

2. Lincah dan Dinamis
Pada hewan yang satu ini, sifat ini merupakan bakat bawaan lahir yang sudah menyatu dalam diri mereka. Sudah dikenal dan diketahui banyak orang bahwa mereka hewan yang cepat. Pada beberapa kasus mereka sering dijadikan sebagai hewan pacu dan hewan perang karena mereka cepat. Ketika berada di alam bebas, mereka juga bergerak cepat dan lincah terutama saat mereka mencari makan dan lari dari bahaya. Mereka juga akan pergi dan bergerak kesana kemari untuk memuaskan rasa penasaran mereka.

3. Cepat dan Lambat
Kuda memang sudah dilahirkan dan ditakdirkan untuk bergerak dinamis , lincah dan cepat terutama saat mereka berlari. Namun pada realitanya, selalu ada waktu untuk mereka bermalas-malasan dan juga tidak mau melakukan apapun. Misalnya saat mereka tidak punya keperluan apapun. Contohnya, saat perut mereka sudah penuh dengan makanan. Ibarat kata, sekalinya mereka cepat, pasti cepat. Namun ketika malas, umunya tak mau melakukan apapun.

4. Berkelompok atau individu baginya sama saja
Kehidupan Equus ferus di alam liar memang kebanyakan didapati sedang berkelompok. Namun faktanya, baginya kehidupan kelompok atau individu sama saja. Berkelompok baginya hanya sebuah formalitas sesama pecinta kebebasan. Hal ini bukti bahwa mereka adalah hewan yang mandiri. Di dalam kesendirianya pun tetap ada yang ia cari yaitu pasangan hidup.

5. Dapat dijinakan dengan cara khusus
Walaupun Equus ferus merupakan hewan yang liar, mereka tetap dapat dijinakan. Tentu itu bukan hal yang mudah. Tapi ketika mereka dapat dijinakan mereka bisa jadi hewan yang sangat setia dan patuh terhadap majikanya. Perlu kesabaran juga perhatian agar menjadikan mereka hewan sesuai dengan yang di harapkan. Unutuk itu semua kita perlu tahu betul apa yang di inginkan dsn di butuhkanya. Kebebasan adalah salahsatu hal yang mereka butuhkan.

6. Pekerja Keras
Sudah sejak jaman dahulu, kuda memang sudah banyak digunakan sebagai hewan pekerja juga hewan tunggangan. bukan hanya yang sudah dewasa, tidak tangung-tanggung, pada jaman dahulu kuda yang masih kecil juga sudah terbiasa dipekerjakan. Cuma satu alasanya, agar ketika mereka dewasa sudah terbiasa di pekerjakan. Dan pada saat kinipun masih ada hal yang demikian di beberapa tempat. Hal itu juga terjadi pada Equus ferus yang masih kecil karena dianggap lebih mudah untuk di didik.

7. Bisa jadi sangat setia
Jika mereka sudah merasa nyaman dengan majikanya, mereka bias jadi sangat setia dan mendedikasikan hidupnya untuk sang majikan. Jika dia sudah berpikir bahwa demikian, dia tidak akan pernah menolak untuk melakukan apapun. Mereka juga tak akan pernah meninggalkan majikan nya jika benar-benar tidak terpaksa.


8. Selalu jadi korban cambuk
Kuda juga makhluk biasa yang mempunyai batasan dan perasaan. Seperti yang di utarakan sebelumnya, prinsip hidup mereka secara alami adalah kebebasan, juga di sisi lainya adalah hewan yang selalu di pekerjakan. Ketika dipekerjakan oleh pemiliknya, adakalanya mereka malas bekerja dan bergerak. Dan satu-satunya cara agar mereka bergerak adalah dengan cambuk.

9. Selalu sedia untuk melakukan apapun
Ibaratnya mereka sudah ditakdirkan untuk selalu siap sedia. Dan ketika di arahkan atau diperintah sang majikan mereka tidak akan pernah menolak untuk melakukanya. Baik dia melakukanya sendiri atau bersama-sama dengan orang lain. Bahkan sampai batas kemampuannya pun mereka selalu melakukan setiap pekerjaanya. Entah itu kelebihan mereka atau kekejaman sang majikan tapi seperti sebeulmnya, walau mereka tak menginginkanya, selalu ada resiko untuk menderita yaitu cambukan.

10. Naluri liarnya bisa datang kembali
Walaupun mereka sudah dijinakan, menjadi penurut dan setia pada sang majikan, jika mereka merasa tidak nyaman, tidak di perhatikan dan kebutuhanya tidak terpenuhi. Naluri Equus ferus alaminya akan kembali dan kembali menjadi liar. Tak bisa di pungkiri mereka adalah hewan yang pandai. Walau mereka terikat atau dikandang, ketika ada kesempatan untuk kabur mereka akan kabur dan pergi ke alam bebas.


11. tertutup dan misterius
Mungkin sifat yang satu ini hanya dimiliki oleh kuda jenis yang satu ini. Saat berada di alam liar misalnya di padang rumput atau di gunung, mereka tidak akan membiarkan keberadaanya diketahui oleh musuh dan pemangsa. Mereka juga sangat peka. Jadi, ketika merasakan suatu hal yang janggal mereka akan langsung menghindar dari kawasan tersebut. Sehingga, dari hal tersebut mereka dikatakan tertutup dan misterius.

Itulah beberapa karakter/sifat umum dari Equus ferus. Dan dari pemaparan di atas dapat di ambil benang merahnya. Yaitu ;
• Bergerak cepat, dinamis, liar dan sangat mencintai kebebasan.
• Sekalinya malas, sangat mager dan enggan melakukan apapun.
• Kehidupan mereka bergantung pada kehidupan mereka sendiri, tidak meminta dan menggantungkannya pada orang lain.
• Bisa kerkelompok, bisa juga individu itu tergantung pada keadaan yang memungkinkan baginya.
• Selalu siap sedia untuk melakukan apapun.
• Sangat setia terhadap orang yang mereka percaya dan yg berjasa pada kehidupan mereka.
• Selalu berusaha dan bekerja keras melakukan suatu hal, terutama yang berkaitan dengan kepentinganya.
• Bisa melakukan banyak tugas, tapi mudah kehilangan minat.
• Kabur merupakan jalan keluar dari masalah yang diperbuat orang lain.
• Apapun yang di perbuatnya selalu bermanfaat dan berguna bagi dirinya juga orang lain.
• Tekad dan semangat mereka yang besar memungkinkan mereka untuk melakukan apapun yang mereka inginkan.
• Terkadang, untuk dapat menggerakan mereka kita perlu melakukan cambukan agar mereka bergerak dengan cepat.
• Orang lain selalu berlebihan pada mereka, bahkan saat masih kecilpun mereka sudah di percaya untuk melakukan suatu hal
• Untuk menjinakan mereka bukan lah hal mudah
• Diperlukan perlakuan khusus, kesabaran, perhatian, juga ketelatenan untuk mendidik agar mereka menurut, dan memihak pada kita.
• Suatu ketika karakter yang sudah dilatih akan kembali kepada sifat alami mereka.
• Tertutup dan Hanya membuka diri pada orang dan keadaan tertentu


Itulah beberapa informasi mengenai kuda liar. Sangat banyak pelajaran yang bia kita ambil. Belajarlah dari mereka dan ambil hal-hal positif darin sisi baik mereka
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
4.9K
45
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Dunia Hiburan
Berita Dunia HiburanKASKUS Official
24.7KThread4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.