rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
"THE TIELMAN BROTHER" Band Rock n Roll Pertama di Indonesia?




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :



The Beatles, Led Zeppelin, Rolling Stones, band-band ini terkenal karena membawakan aliran musik Rock n Roll. Aliran Musik Rock and Roll ini awalnya muncul di Amerika Serikat tahun 1940-an. Setelah mulai populer dan disukai banyak orang, aliran ini kemudian berkembang ke berbagai negara di tahun 1950-an. Aliran ini terkenal dengan beat yang didasarkan pada ritme musik blues yang disebut boogie woogie ditambah aksen backbeat dihampir setiap pukulan snare drum. Saking tekenalnya, rock and roll gak cuma dikenal sebagai aliran musik tapi juga dikenal sebagai gaya hidup, gaya berpakaian, dan gaya bahasa. Elvis Presley adalah ikon yang paling terkenal dengan aliran musik ini.

Di Indonesia, dulu banget, ditahun 1950-an, pernah ada sebuah grup band rock and roll yang bernama "Tielman Brother". Band ini, walaupun pada akhirnya harus populer di Belanda, adalah band yang dirintis dan didirikan oleh anak-anak muda Negri kita berketurunan belanda. Sebelum semua dimulai, ada beberapa sejarah dari band ini yang harus kalian tau.

PERSONIL

Herman Tielman Dirk (Ayah) : Menado 1904 – The Hague 1979
Flora Laurentine Hess (Ibu) : Madiun 1901 – Purworejo 1991
Reggy (Reginald Uchtmann): Surabaya, 20 Mei 1933 – Den Haag, 12 Maret 2014
Ponthon Tielman: 4 Agustus 1934 – Jember, 29 April 2000
Andy Tielman: Makassar, 30 Mei 1936 Rijswijk (dekat Den Haag), 10 November 2011
Loulou (Herman Lawrence) : Surabaya, 30 Oktober 1938 – Cairus Australia, 4 Agustus 1994
Jane (Janette Loraine): 17 Agustus 1940 – 25 Juni 1993

THE TIMOR BROTHERS Rhytm (Indonesia 1945-1957)

Andy Tielman (gitar, vokal)
Reggy Tielman (banjo, gitar, vokal)
Ponthon Tielman (double bass, gitar, vokal)
Loulou (Herman Lawrence) Tielman (drum, vokal)
Jane (Janette Loraine) Tielman (Vocal)
Herman Tielman (ayah, manager, gitar)
Flora Lorine Hess (ibu, presentasi)

THE TIMOR RHYTHM BROTHERS – Four Tielman Brother – THE 4 T (Breda / Hedel 1957-1959)

Andy Tielman (lead guitar, vokal)
Reggy Tielman (2nd lead guitar, vokal)
Ponthon Tielman (double bass, vokal)
Loulou Tielman (drum, vokal)

THE Tielman BROTHERS (1960-1963) rekaman Imperial + Ariola (3 single + 1 EP)

Andy Tielman (lead guitar, vokal)
Reggy Tielman (2nd lead guitar, vokal)
Franky Luyten (gitar, vokal)
Ponthon Tielman (gitar bass, 6 senar bass, vokal)
Loulou Tielman (drum vokal)

THE Tielman BROTHERS (1963-1964)

Andy Tielman (lead guitar, vokal)
Alphonse Faverey (lead guitar)
Reggy Tielman (2nd lead guitar, bass 6 senar, vokal)
Franky Luyten (gitar, vokal)
Ponthon Tielman (gitar bass, 6 senar bass, vokal)
Loulou Tielman (drum, vokal)
Jane Tielman (vokal)

THE Tielman BROTHERS (1964-1969)

Andy Tielman (lead guitar, vokal)
Reggy Tielman (2nd lead guitar, bass 6 senar, vokal)
Hans Bax (rhythm gitar, vokal)
Rob Latuperisa (gitar bass, 6 senar bass)
Loulou Tielman (drum, vokal)
Jane Tielman (vokal)

SEJARAH



Herman Dirk Tielman, seorang mantan kapten KNIL pada masa kerajaan hindia belanda, lahir di kampung baru, Manado, Sulawesi Utara tanggal 2 September 1904. HErman adalah anak pegawai surabya bernama Willem Adrian Tielman. Sebelum perang dunia ke II, herman sempat menikah dan punya lima anak dari Flora Laurentine Hess yang merupakan perempuan berdarah indo-jerman kelahiran madiun 1901. Mereka memiliki lima anak yang diberi nama Reginald, Ponthon, Andy, Laurance, dan Janette.

Pada tahun 1942, herman ditawan jepang di awal pendudukan jepang di Indonesia. Flora pun membesarkan anak-anaknya sendirian. Tapi semua gak berlangsung lama karena tahun 1945 Herman dibebaskan karena Inggris memasuki kota Surabaya.

Anak-anak mereka, tidak diduga, ternyata menyukai dunia seni. Herman pun membesarkan anaknya dan mengajarkan seni kepada mereka. dibawah bimbingan sang ayah, anak-anak ini membentuk sebuah band yang bernama The Timor Rhytm Brother. Band mereka ini sempat tampil didepan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno yang mengundang mereka ke acara perayaan kemerdekaan.

Namun semua berubah karena Presiden Soekarno marah kepada orang-orang belanda karena tidak mau menyerahkan Papua. Kehidupan orang-orang keturunan belanda pun terancam dan banyak perusahaan belanda diambil alih. Orang-orang belanda yang tidak mau berubah kewarganegaraan banyak yang dideportasi. Keluarga Tielman akhirnya harus ikut angkat kaki dari Indonesia pada tahun 1957

Tapi nasib mereka justru berubah setelah meninggalkan Indonesia. Karir musik anak-anak Herman berkembang dan mereka pun mengganti nama The Timor Rhytm Brother menjadi " The 4 Tielman Brother" pada tahun 1950-an. dan katanya mereka juga tampil dinegara lain di eropa. Band ini sudah terkenal ketika The Beatles masih ngamen di Jerman. Lagu "Rock Little Baby of Mine" diakui pemerintah Kerajaan Belanda sebagai lagu rock & roll pertama di Negeri tersebut.

AKSI PANGGUNG



Pada saat musik Hawai populer di Eropa, The 4T mendapat undangan dari Mr. Morisson yang merupakan seorang organizer event. Walaupun cuma dikasih waktu tampil 20 menit, the 4T tetap bermain musik dengan atraksi atraksi memukau. Andi terkenal karena bisa memainkan gitar dengan kaki dan stik drum dari loulou, Selain itu mereka juga pernah manggung di Belgia dan Jerman yang katanya disiarkan di stasiun TV setempat.

Tahun 1960 nama band ini diubah menjadi "The Tielman Brother" dan menambah satu personel yang bernam Franky Luyten di posisi Rhytm Guitar dan merilis 4 lagu pertam yaitu: My Maria, You are still the one, Black eyes, dan Rock little baby.

AKHIR MASA KEJAYAAN



Masa kejayaan band bersaudara yang dirintis oleh seorang bapak bernama Herman Tielman ini berakhir sekitar tahun 1965, lima tahun setelah kemunculan The Beatles. Sementara The Beatles juga surut pada tahun 1970an. Bubarnya band rock n roll sekelas The Tealman Brothers & TheBeatles itu disinyalir permainan musik mereka terkesan monoton, tidak berkembang, dan kurang eksploratif. Era musik rock n roll telah tergerus jaman dan berganti kepada musik yang digarap oleh Pink Floyd ataupun Led Zepellin.

Setelah surut dari dunia musik rock n roll, Andy Tielman tetap mencintai musik, dia menyempatkan diri menyalurkan hobbynya itu untuk rekaman lagu-lagu rohani, hanya sesekali ia tampil di publik Belanda dengan gitarnya.

Jauh setelah masa keemasannya, Andy Tielman sempat menengok negeri kelahirannya, yaitu hadir dan tampil pada ajang Jakarta Rock Parade yang digelar di Tennis Indoor dan Outdoor, Senayan, tahun 2008. Tiga tahun setelah Ratu Beatrix menganugerahinya bintang jasa Order of Orange Nassau berkat kontribusinya untuk perkembangan musik populer di negeri Belanda.

Penghargaan dari Ratu Belanda tahun 2005 itu sangat masuk akal, lantaran musisi dunia sekelas Paul McCartney, yaitu vocalis dan bassis Beatles, sempat mengagumi aksi panggung Tielman Brother. Bahkan tatkala Beatles masih menjadi band kafe Hamburg, Jerman, para personilnya juga menyempatkan diri untuk menyaksikan aksi panggung Tielman Brothers.

Satu persatu personel The Tielman Brothers ini tutup usia. Sang ayah telah tiada tahun 1979 lampau di The Hague – Belanda, sementara ibu Tielman wafat di Purworejo, Jawa Tengah, pada tahun 1991. Jane sebagai anggota paling bungsu justru paling awal menghadap sang Kuasa yaitu 25 Juni 1993, dua tahun selepas kematian ibunya. Satu tahun berikutnya sang drummer Loulou Tielman menyusulnya, Lolulou meninggal di Cairus Australia tanggal 4 Agustus 1994. Sementara Pemain bas Ponthon Tielman sendiri meninggal di Jember, Jawa Timur, pada 29 April 2000 silam.

Reggy Tielman adalah anggota The Tielman Brothers yang terakhir berpulang yaitu meninggal di Den Haag pada hari Rabu tanggal 12 Maret 2014. Andy sebagai frontliner The Tielman Brothers meninggal pada Kamis 10 November 2011 di Rijswijk (dekat Den Haag) Belanda akibat sakit kanker lambung yang dideritanya sejak tahun 2009.

SALUT BUAT BEBERAPA BAND YANG TERNYATA DIRILIS DI NEGARA KITA.

emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka


Next silahkan mampir kesini bre.
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles




Sinopsis:
Ditahun 2025 terjadi kekacauan besar yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi virus yang semakin memburuk, serangan teror, unjuk rasa, banyak orang harus kehilangan keluarga dan mata pencarian, sampai akhirnya pemerintah menetapkan status darurat nasional untuk menghentikan semua aktifitas yang dapat membahayakan warga. Ditengah kekacauan ini, Rendy dan Bianca bertemu dengan Mr.Klaus yang akan merubah hidup mereka dan membawa mereka pada petualangan baru di Desa Praijing, Sumba. Siapakah yang akan memperbaiki keadaan tersebut? Apakah kekacauan tersebut bisa diselesaikan? Siapakah sebenernya Mr.Klaus?

On going
Cerita Kita Untuk Selamanya 3 : Cataphiles


Note:Ceritanya mengandung unsur kekerasan dan adegan dewasa jadi mohon pengertiannya gaiz
emoticon-Betty emoticon-Betty emoticon-Betty






Diubah oleh rendyprasetyyo 17-06-2020 20:13
0
7.6K
65
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.