• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 10 Makhluk Aneh nan Cantik yang Cuma Ada di Ujung Dunia, Ga Boleh Disentuh

tuyultuyul1324Avatar border
TS
tuyultuyul1324
10 Makhluk Aneh nan Cantik yang Cuma Ada di Ujung Dunia, Ga Boleh Disentuh

Apa yang ada dibenakmu jika mendengar kata Antartika? Sebuah gunung salju, gletser es, dan banyak sekali salju disana. Selain pemandangan beku yang banyak diketahui orang, beberapa hewan juga hidup di Antartika seperti penguin, anjing laut, dan udang krill.

Namun, banyak penemuan menarik lainnya telah dilakukan di Antartika selama beberapa dekade ini. Para ilmuwan perlahan-lahan mengungkap satu misteri pada suatu waktu di tanah yang penuh makhluk luar biasa ini.

10 Bintang Laut Bulu Antartika

http://www.oikonos.org/apfieldguide/...sis%20016.html
Bintang bulu Antartika (alias Promachocrinus kerguelensis) adalah bagian dari keluarga Crinoid. Hewan-hewan ini hidup di dasar Samudra Antartika Selatan dekat pantai benua. Bintang bulu khusus ini lebih suka hidup di air dingin. Namun, itu bukan satu-satunya sifat yang membuat makhluk ini berbeda dari banyak jenis bintang bulu lainnya.

Promachocrinus kerguelensis tampaknya lebih padat dan lebih berbulu daripada yang sebenarnya. 20 filter makhluk itu menyaring makanan dari air, membantunya berenang, dan menetap di area lain. Mereka berenang dengan cukup anggun karena mereka terkoordinasi dengan baik setiap kali mereka bergerak.

9 Ubur-ubur Sisir

[url]http://ocean.si.edu/ocean-photos/floating-antarcticS E N S O Rb-jelly[/url]
Ubur-ubur Sisir (alias ctenophores) adalah hewan yang lunak dan transparan yang menggunakan delapan lempeng atau baris sisir silia untuk mendayung melalui perairan di lepas pantai Antartika. Mereka adalah makhluk terbesar yang dikenal berenang dengan cara ini. Hewan ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa berbentuk lonceng, sementara yang lain berbentuk bola.

Setiap kali cahaya mengenai badan, ubur-ubur ini akan memancarkan warna yang berbeda, yang memberi mereka penampilan yang unik. Mereka juga bioluminescent, yang berarti mereka bisa menghasilkan cahaya sendiri berwarna biru-hijau. Ubur-ubur sisir hidup sebagian besar di permukaan laut dengan kadar asam lebih tinggi dan bersuhu hangat, ubur-ubur ini tumbuh subur di atas permukaan laut seperti ini.

Seperti ubur-ubur lainnya, ctenophor adalah predator. Alih-alih menyengat mangsanya, ubur-ubur sisir menggunakan sekresi lengketnya untuk menangkap hewan kecil.

Peringatan: Jangan pernah mengambil hewan ini tidak peduli seberapa menariknya mereka. Kamu akan menyesalinya.

8 Kepiting Hoff

http://www.bbc.com/news/science-envi...nment-33263621
Kepiting Hoff adalah makhluk berbulu yang hidup di dasar laut, hewan ini mendapatkan namanya karena menyerupai dada berbulu David Hasselhoff. Namun secara ilmiah kepiting ini diberi nama Kiwa tyleri.

Hewan itu ditemukan di East Scotia Ridge di Samudera Antartika Selatan, di mana perairan sekitar bersuhu 0 derajat Celcius. Suhu ini terlalu dingin untuk dihadapi kepiting manapun, begitupun oleh kepiting Hoff, mereka meringkuk di sekitar lubang hidrotermal di dasar lautan. Hidrotermal adalah sistem batuan vulkanik yang memanaskan area tersebut.

Kepiting Hoff memiliki penampilan berbulu karena hewan itu tertutup bakteri. Kepiting Hoff menggunakan mulutnya yang seperti sisir untuk mengikis bakteri dan memakannya untuk makan malam (atau sarapan atau makan siang).

7 Laba-laba laut (sea spider)

http://photolibrary.usap.gov/portscr...apgovmidthumbs
Hewan ini tidak benar-benar laba-laba. Terlepas dari nama dan penampilan mereka, mereka adalah arthropoda laut, atau masih satu kerabat dengan kepiting dan udang.

Makhluk ini bisa mencapai diameter tubuh sebesar 35 cm. Meskipun tidak diketahui mengapa laba-laba laut raksasa begitu besar, fenomena ini disebut "gigantisme kutub." Di lingkungan kutub, banyak spesies telah berevolusi menjadi jauh lebih besar daripada rekan-rekan mereka di daerah beriklim sedang.

Menurut satu teori, laba-laba laut ini sangat besar karena suhu dingin di lingkungan mereka telah memperlambat metabolisme mereka sehingga mereka membutuhkan sedikit oksigen untuk bertahan hidup. Karena kelebihan pasokan oksigen di daerah itu, para ilmuwan percaya bahwa laba-laba laut berevolusi dengan ukuran tubuh yang lebih besar dari waktu ke waktu.

Laba-laba laut raksasa juga dapat ditemukan di perairan Arktik.

6 Antarcturus sp.

https://arthropoda.wordpress.com/200...om-antarctica/
Spesies yang kurang dikenal, seperti Antarturus sp. yang tinggal jauh di perairan Antartika. Sebenarnya Samudera Antartika Selatan dipenuhi dengan hewan-hewan ini. Mereka adalah isopoda, ordo krustasea, dan milik keluarga Antarturidae.

Anggota tubuh Antarturus sp. menyediakannya dengan perlindungan dari predator. Antarcturus sp. hidup di spons dan cabang karang laut. Ketika mereka mencari makanan, mereka hanya memperluas bagian tubuh frontal mereka yang panjang dan menyambar beberapa mangsa planktonik.

5 The Scale Worm

[url]http://www.australiangeographic.com.auS E N S O Rcreatura-blog/2018/05/antarctic-scale-worm[/url]
Spesies lain yang hidup di lepas pantai Antartika juga bisa menjadi mimpi burukmu, seperti cacing laut aneh ini, hewan ini dikenal sebagai cacing sisik Antartika, yang ditemukan di dasar laut Samudera Antartika. Bentuknya cukup menakutkan untuk dilihat.

Cacing skala Antartika (alias Eulagisca gigantea) memiliki panjang sekitar 20 cm dan lebar 10 cm. Cacing pipih dan pendek ini berada di keluarga Polynoidae. Sisik yang menutupi tubuh mereka disebut elytra.

Anehnya, apa yang tampak seperti kepala cacing sebenarnya adalah mulut yang bisa ditarik keluar yang bisa diputar keluar dan dilipat ke tubuh makhluk itu. Ketika ingin mengunyah, hewan ini hanya akan membuka gulungan belalainya yang panjang dan merobek mangsanya sampai hancur.

4 Sandhopper

https://www.popularmechanics.com/adv...22501/?slide=3
Sandhopper adalah amphipod, yang merupakan krustasea. Mereka hidup di perairan Antartika yang dingin tetapi juga bisa berjalan di darat. Seperti banyak hewan lain yang hidup di daerah kutub, mereka berukuran sangat besar. Sandhopper telah mendapatkan nama itu karena mereka akan melompat jauh jika terganggu. Hewan ini melompat dengan terlebih dahulu menyelipkan ekornya dan kemudian membaliknya.

Namun, mereka kurang menyeramkan daripada beberapa makhluk lain yang hidup di wilayah ini. Jika kamu pencinta makan seafood seperti lobster, kepiting, dan udang, hewan ini bisa menjadi referensi seafoodmu selanjutnya.

3 Babi Laut

https://www.popularmechanics.com/adv...22501/?slide=2
Babi laut (alias teripang) memiliki panjang sekitar 10–15 cm. Jumlah mereka cukup berlimpah di lepas pantai Antartika dan cenderung berkelompok dalam skala besar. Namun, hewan ini tidak mudah ditemukan karena mereka tinggal di bagian terdalam dari Samudera Antartika.

Mereka memiliki peran penting di dalam air. Seperti halnya cacing tanah di darat, babi laut diperlukan untuk memakan sampah, lumpur, dan membusukkan tanaman di dasar laut. Tidak diketahui bagaimana mereka kimpoi, dan rentang hidup mereka juga merupakan misteri.

Ngomong-ngomong, jangan terkecoh dengan fakta bahwa mereka babi di laut. Hewan ini sebenarnya penuh dengan racun. Hiii.

2 The Springtail

https://www.canadiangeographic.ca/ar...ngtail-secrets
Springtails adalah makhluk Antartika yang menarik lainnya. Mereka adalah hexapoda dan memiliki kesamaan dengan serangga. Biasanya, panjangnya kurang dari 1 milimeter.

Tidak seperti serangga, springtail memiliki organ mulut bagian dalam. Tapi mereka terlihat seperti cocopet. Makanan mereka terdiri dari jamur dan bakteri.

Rentang hidup mereka pendek karena mereka hidup selama sekitar satu hingga dua tahun rata-rata. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa musim pada semi di Antartika mereka bisa hidup lebih lama daripada rekan-rekan mereka di bagian yang beriklim tropis. Springtails Antartika hanya ditemukan di beberapa bagian benua yang tidak memiliki gletser seperti halnya di Victoria Land dan Semenanjung Antartika.

Keterampilan mereka untuk bertahan hidup di daratan adalah mereka dapat memperlambat metabolisme mereka untuk menghemat energi. Mereka juga mampu menghasilkan gliserol yang mengurangi titik beku mereka. Namun, jika kondisi daratan terlalu susah karena begitu dingin, mereka akan mati. Kekuatan super mereka hanya bisa membawa mereka sejauh ini.

1 Ikan spons Kaca

https://news.nationalgeographic.com/...ocean-science/
Spons kaca antartika tidak terlihat seperti jenis spons yang digunakan untuk membersihkan piring, dan mereka tidak terbuat dari kaca. Namun, kerangka mereka terbuat dari silika, yang merupakan komponen kaca.

Makanan mereka terdiri dari sisa-sisa organik, dan mereka tidak memilih-milih makanan. Mereka akan melahap apa yang ada didepan mereka. Dulu dipercaya bahwa spons kaca ini tidak tumbuh sama sekali. Namun, para ilmuwan sekarang tahu bahwa makhluk-makhluk ini memang tumbuh dengan cepat. Penemuan ini dibuat oleh ahli biologi laut pada tahun 2013.

Bahkan, ada ledakan populasi hewan ini sejak es di Antartika berkurang drastis. Akibat kondisi Ini telah mengubah kondisi di benua itu dan di Samudera Antartika. Para ilmuwan sedang bekerja untuk menemukan penyebab ini dan telah menyimpulkan dua alasan: Mereka ingin memahami ekologi spons lebih baik, dan hewan laut ini memiliki potensi untuk menyimpan karbon.

Sumber :

Smithsonianmag.com (07/06/18)

Livescience.com (19/09/16)

Wired.com (20/04/16)

Marinespecies.org (15/08/16)

Deepseanews.com (30/07/12)

Arthopoda..com (18/12/09)

Cbc.ca (13/0217)

Bbc.com (10/07/16)

Ocean.is.edu (06/10/17)

Ncbi.nlm.gov (29/03/17)
0
3.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.