Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pengen punya akun instagram yang lebih keren dari selebgram? Nih gw bocorin caranya.

rendyprasetyyoAvatar border
TS
rendyprasetyyo
Pengen punya akun instagram yang lebih keren dari selebgram? Nih gw bocorin caranya.




Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :





Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbesar se-Asia Pasifik. Dari 700 pengguna aktif bulanan alias monthly active user (MAU) yang diraup Instagram secara global, 45 juta di antaranya berasal dari Indonesia. Angka 45 juta MAU menunjukkan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan Januari 2016. Kala itu, MAU Instagram di Indonesia hanya 22 juta.

Siapa sih yang gak kenal Instagram? Dari data barusan sih udah keliatan kalau penggunaan Instagram sebagai sosial media memang populer di negara kita. Peningkatan jumlah pengguna aktif bulanan ini bisa timbul karena banyak hal. Yang jelas, peningkatan jumlah pengguna ini gak lepas dari perbaikan secara terus menerus yang dilakukan oleh pihak Instagram guna memanjakan para pengguna platform mereka.

Pelonjakan kepopuleran dari penggunaan Instagram ini melahirkan beberapa istilah-istilah baru. Sekarang-sekarang kita jadi lebih denger istilah selebgram, snapgram (gw sih lebih suka istilah insta story), paid promote, content creator, insta feed, follow back, Focap (foto dan caption), dan keyboard warrior sebagai dampak dari penggunaan sosial media yang semakin meningkat. Istilah-istilah ini punya banyak arti, terkhusus untuk Selebram, menurut tafsiran gw, adalah istilah yang dipakai untuk memanggil mereka-mereka yang jadi selebriti di instagram.

Selebram (Selebriti Instagram(?)) adalah mereka-mereka yang jadi perbincangan di dalam dunia per-instagram-an. Alasan-alasan yang bikin para Selebgram ini jadi topik pembicaraan bisa banyak banget. Bisa karena content yang ada di insta feed mereka (maksudnya kontennya keren atau menghibur) dan bisa juga karena alasan lain yang berhubungan dengan kehidupan pribadi mereka yang gak sengaja terekspos ke sosial media. Apapun itu, sebagian dari Selebgram menjadi perbincangan karena Konten yang mereka tampilkan di profile instagram mereka.


Source: @buchorijuniansyah (instagram)

Beberapa selebgram idola yang menurut gw punya konten yang keren itu kayak Neil steven(@neil_a_steven) yang punya feed super rapi dengan banyak design-design keren didalam-nya, ya walaupun jumlah followernya cuma 21 ribu dan @tahilalats (ini versi lokal yang udah famous banget) yang punya feed keren dengan komik 4 panel khas mereka. Diantara selebgram-selebgram ini ada beberapa benang merah yang bisa diambil yang bisa dijadiin pedoman untuk membimbing kalian menuju akun instagram keren yang bahkan kepopuleran-nya bisa melebihi kepopuleran akun siapapun.

Pertama-tama, perhatikan BIO!


Source: @plainkite (instagram)

Ada beberapa komponen penting yang ada di bio dan semua komponen ini harus dipilih secara seksama dan dalam tempo yang gak sesingkat-singkatnya. Pertama Username, minimalisir penggunaan username-username yang tidak bersahabat dengan penglihatan netizen, semisal N4rUto_YoNd41me. Gini ya, gw ngerti kalau beberapa dari kalian suka banget sama naruto, tapi plis gak sampe dipake buat username instagram juga.

Tips sederhana dalam memilih username: Jadikan nama KTP sebagai prioritas pertama. Gak perlu ribet dan banyak mikir, selain itu lebih gampang di search juga sih sama temen-temen lu. Semisal nama KTP udah ada yang pake? Ya boleh sih pake nama lain, namanya Naruto misal. hueek.

Setelah username, diposisi kedua ada Bio. Bio adalah space yang di sediakan instagram untuk para pengguna-nya menuliskan identitas singkat mereka. Informasi yang ditulis di bio-lah yang jadi dasar pertimbangan pertama para pengunjung profile kalian untuk memencet tombol follow. Bio yang terlalu panjang, yang punya jumlah karakter se-kertas A4, kemungkinan besar gak bakal difollow, dihujat iya sih, karena ya hakikatnya bio itu di-isi informasi singkat. Contoh: A photografer, Penikmat senja, atau bisa diisi sama website pribadi dan hal-hal yang berhubungan dengan website tersebut.


Source: @buchorijuniansyah (instagram)

Terakhir, yang harusnya masuk dalam kriteria pertama, adalah Profil Picture. Gak perlu gw jelasin lagi kenapa profile picture menentukan tingkat kekerenan profile instagram kalian. Profile picture oke adalah profile picture yang bisa menggambarkan pribadi kalian secara keseluruhan, Ya semisal suka travelling lebih dianjurkan untuk pake profile picture yang berbau perjalanan travelling kalian.

3 komponen diatas, menurut gw pribadi, adalah hal-hal yang menentukan apakah akun pribadi kalian layak di-observasi lebih jauh oleh para pengunjung. Akun yang punya kesan pertama menyakinkan pasti bakal mengeluarkan sebuah aura pemikat yang bikin pengunjung betah berlama-lama disana. Setelah 3 hal diatas terasa cukup keren, hal selanjutnya yang harus dibenahi adalah masalah KONTEN.

Gak cukup dengan Bio keren, Konten-pun harus keren!

Konten yang keren akan membuat para netizen klepek-klepek dan dengan ikhlas merelakan waktu berjam-jam untuk scrolling secara keseluruhan profile kalian. Tapi masalahnya adalah konten yang keren ini gak dateng dari hasil pemikiran dan usaha yang sebentar. Untuk menghasilkan satu konten (bisa berupa foto atau video) keren biasanya memerlukan banyak usaha.

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam pembuatan konten keren adalah Tema. Instagram adalah sosial media yang menggunakan Foto dan Video sebagai media utama pengisi konten mereka. Karena udah banyak banget akun-akun instagram keren yang berkeliaran diluar sana, jadi pastiin kalau tema konten instagram kalian adalah tema yang benar-benar fresh. Penentuan tema ini mempermudah kalian dalam mengerucutkan ide karena, pada umumnya, akun instagram keren yang udah eksis biasanya fokus ke satu tema konten secara keseluruhan. Tujuannya? Biar lebih enak diliat dan mungkin bisa menginspirasi netizen lain yang punya hobi dengan tema yang sama. Beberapa tema content yang bisa dijadikan pedoman dalam menata feed instagram kalian adalah:

Hands Inframe


Source: @handinframe (instagram)

Hands inframe adalah seni ber-fotografi yang berfokus pada aktifitas tangan dalam sebuah frame. Simpelnya gini, segala macam foto yang didalam satu framenya terdiri hanya dari aktifitas tangan melakukan sesuatu hal itu bisa disebut sebagai hand in frame. Official account dari seni berfotografi ini bisa kalian temuin di @handinframe di instagram dan kalian bisa liat aktifitas tangan apa yang gw maksud disana.

Flatlay


Source: @ponypork (instagram)

Flatlay adalah seni berfotografi yang mengambil angle pengambilan suatu frame dari atas atau lebih dikenal dengan angle bird eye, asik. Kalau kalian beranggapan flatlay adalah seni berfotografi yang mudah dilakuin kalian salah. Sebuah Flatlay yang keren harus memeiliki tujuan dan juga cerita yang mendukung. Beberapa tips yang bisa gw kasih berkaitan dengan tema konten ini adalah: gunakan selalu backgorund dasar (warna putih atau warna dasar lain), ambil foto dengan cahaya alami, pilih 2 atau 3 objek utama dan beberapa objek kecil pendukung tanpa harus menghabiskan terlalu banyak spase pada frame.

Minimalis


Source: @minimalism (instagram)

Instagram content yang bertema minimalis biasanya gak menuntut banyak objek dalam tiap frame yang mendukung feed secara keseluruhan. Tema ini emang terkesan sederhana, tapi kalau kalian bisa mempermainkan warna, letak objek utama, dan latar kalian bakal mendapatkan foto yang kalau disusun secara rapi akan membentuk sebuah kumpulan feed yang ciamik. Banyak banget contoh akun-akun instagram bertema minimalis yang bertebaran di instagram, cek aja dengan hastag #minimalist.

Setelah Tema, jangan lupain Variasi. Maksud gw gini, instagram adalah platform sosial media yang menggunakan format foto dan video sebagai pengisi konten utama. Semisal tema konten yang bakal kalian isi adalah travelling, pastiin juga kalau isinya gak cuma itu-itu aja (maksudnya gak cuma foto atau video aja). Variasikan antara foto dan video se-bijak mungkin supaya netizen gak bosen aja buat mantengin profile kalian.

Terakhir, Be More Creative. Perlu kreatifitas buat jadi content creator keren di Instagram? Jawabannya iya, gak cuma di instagram aja, kreatifitas ini dibutuhkan hampir disegala aspek kehidupan. Gw udah bahas hal ini di thread “Be More Creative dong, Ini rahasia sederhana-nya. Simpel kok!” Tentang gimana cara sederhana jadi pribadi kreatif. Ya kalau punya waktu mampir aja.


Source: @devinaaureel (instagram)

Setelah Bio dan Konten terasa keren. Ada hal lain yang kalian butuhin. Iya kalian butuh gadget keren. Ke-semua tips-tips diatas akan berjalan mulus buat di-aplikasikan kalau seandainya kalian punya gadget keren. Contoh gadget keren menurut gw? Yang terbaru sih Samsung Galaxy J7 Duo Ada banyak alasan kenapa gw bilang gadget ini keren.

Pertama, gadget ini punya fitur Dual-Cam, gak sampe disana aja. Fitur Dual-Cam ini didukung sama fitur lain berupa Live-Focus yang bisa menghasilkan bokeh effect dengan kualitas ajib. Efeknya jelas, kalian gak perlu bawa tools-tools lain saat hunting buat mengisi konten di instagram kalian karena dengan bawa gadget ini aja kalian udah bisa menghasilkan foto dan video keren. Tema handinframe/flatlay/minimalist bisa banget dilakuin dengan Dual Cam dari Samsung Galaxy J7 Duo


Source: @erin.astrid (instagram)

Selain Dual-Cam, ada fitur Ultra Power Saving yang bisa menghemat pemakaian baterai, fitur Ultra Data Saving yang bisa menghemat pemakaian paket data sebesar 50% yang mungkin kalian butuhin dalam mencari akun-akun instagram keren, dan fitur Signal Max yang bisa mendukung kamu berburu foto dan video antimainstream ke seluruh penjuru tanpa harus takut kehilangan sinyal. Gak cuma itu, Samsung Galaxy J7 Duo juga dilengkapi AR Sticker keren yang bisa ditambahkan untuk mempercantik akun Instagram kalian setelah proses hunting selesai.

Keren? Iya. Be More dalam segala hal tercapai deh dengan penggunaan Samsung Galaxy J7 Duo Punya akun instagram keren melebihi selebgram? Gampaaaaaaang.

Udah ya, gw pamit dulu! Share dong kriteria akun instagram keren versi kalian, ya siapa tau aja bisa jadi inspirasi banyak orang.


Cerita Kita Untuk Selamanya versi FULL SERIES :







Diubah oleh rendyprasetyyo 06-06-2020 07:36
0
27.8K
129
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.