Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinaldikarzaAvatar border
TS
rinaldikarza
Setiap Hari Pencarian Korban KM Sinar Bangun Area Pencariannya Diperluas 10 Km
Setiap Hari Pencarian Korban KM Sinar Bangun Area Pencariannya Diperluas 10 Km
Persiapan Tim Basarnas yang akan melakukan pencarian posisi KM Sinar Bangun(Foto: Istimewa)

Tigaras – Pencarian korban KM Sinar Bangun di Danau Toba, terus dilakukan di bawah kordinasi Tim Basarnas. Pencarian korban KM Sinar Bangun, dilakukan dengan empat metode yaitu pencarian dengan menggunakan alat ROV, melalui darat, melalui permukaan air dan melalui udara. Dan Area pencariannya setiap hari diperluas 10 Km.

Untuk pencarian korban KM Sinar Bangun melalui udara, seperti diungkapkan Budiawan S.Sos SAR Mission Cordinator, Tim Basarnas mengerahkan dua unit heli Basarnas dan kepolisian, untuk memantau dari udara. sementara kapal milik PT Japfa disiagakan.


Seperti diketahui, KM Sinar Bangun tenggelam pada 18 Juni lalu, kira-kira pukul 17.15 WIB. Kapal itu bertolak dari Simanindo, Kabupaten Samosir, menuju Tigaras, Simalungun. Kapal itu mengangkut 188 penumpang, dan sejumlah sepeda motor.


Korban yang sudah ditemukan hingga hari kesepuluh pencarian korban ini, menurut Budiawan, korban selamat ada 18 orang, satu juru mudi (tidak didata di daftar muatan), tiga korban meninggal, dan diperkirakan 183 penumpang hilang sesuai laporan dari pihak keluarga.


Setiap Hari Pencarian Korban KM Sinar Bangun Area Pencariannya Diperluas 10 Km


Tim Basarnas, juga menemukan sejumlah barang yang diduga milik penumpang kapal, seperti helm, tas, sandal, sepatu dan jaket pelampung. Pencarian korban, dilakukan Tim Basarnas, yang didalamnya bergabung Tim BPPT dan Tim Mahakarya Geo Survey, mulai subuh sekitar pukul 06.00 WIB sampai Pukul 18.00 WIB. “Setiap hari radius pencariannya kami perluas 10 kilometer (Km). Sekarang radius pencariannya sudah mencapai sekitar 50 Km,” tutur Budiawan, kepada Fakta.News, Rabu (27/6/2018).


Pencarian Korban KM Sinar Bangun Juga Menggunakan Alat

Adapun pencarian dengan cara penyelaman, dilakukan Tim Basarnas kalau ada permintaan dari keluarga korban yang mengadu, yang mendapat informasi dari pihak ketiga.  “Kalau taka da permintaan tidak ada penyelaman. Jadi pelaksanaan penyelaman itu teknisnya di lapangan,” ungkap Budiawan.

Berdasarkan gambar citra yang diperoleh dari alat sonar beam yang dipakai tim beberapa waktu lalu, ditemukan obyek asing yang diduga KM Sinar Bangun di kedalaman 450 meter. Untuk membuktikan kebenaran dari temuan itu, menurut Budiawan, tidak bisa dilakukan penyelaman oleh manusia, karena kemampuan menyelam manusia itu hanya 50 meter. “Lebih dari kedalaman itu digunakan alat, seperti Sonar, sonar beam atau scan sonar punya disposal dan ROV,” katanya.



Setiap Hari Pencarian Korban KM Sinar Bangun Area Pencariannya Diperluas 10 Km




Sementara itu, pencarian yang dilakukan Tim Basarnas , masih difokuskan di dua titik. Masing-masing disebut Titik I dan Titik II. Titik II inilah yang penetapannya didasarkan hasil penggunaan alat sonar beam. Alat tersebut, pada Minggu (24/6/2018), berhasil menemukan obyek asing yang diduga bangkai KM Sinar Bangun di posisi 2 deg 47’ 3.835 N, 98 deg 46’ 10.767 E, di kedalaman 450 meter.

Menurut Budiawan, tak kurang 70 petugas turun ke lokasi melakukan proses analisa objek yang ditemukan di dua titik yakni di kilometer 2, 5 kilometer dan 2 kilometer dari Pelabuhan Tigaras arah Barat Daya dari lokasi jatuhnya KM Sinar Bangun. “Di dua titik itulah kami terus dalami pengamatan dan pencariannya. Seperti sekarang dengan menggunakan alat ROV,” katanya.



Setiap Hari Pencarian Korban KM Sinar Bangun Area Pencariannya Diperluas 10 Km



Batas pencarian korban tenggelamnya KM Sinar Bangun ini, belum ada keputusannya. Menurut Budiawan, pihaknya masih akan terus melakukan pencarian sebelum ada keputusan batas Pencarian dari Basarnas Pusat. “Pertimbangan masih dilakukannya pencarian, adalah operasinya terus meningkat, harapan-harapan berdasarkan hasil upaya pencarian masih ada, dan permintaan keluarga korban,” paparnya.

Sumber

0
897
6
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.