pog94Avatar border
TS
pog94
Nostalgia Waktu Kecanduan Game COC


Nostalgia Saat Kecanduan game Clash of Clans


Clash of clans, game online di hp yang pertama ane mainin. Sekitar tahun 2013 akhir dengan menggunakan Samsung Galaxy Young 2 GT S6310. Banyaknya screenshot game ini di grup facebook membuat ane tertarik untuk mencoba.

Yang namanya newbie apalagi otodidak sudah tentu melakukan banyak kesalahan. Pun begitu dengan ane dulu, karena android yang masih kalah pamor dengan Blackberry jadi belum banyak teman pegang hp android saat itu, jadilah ane solo player.

Main game seperti Clash of Clans membutuhkan teman karena disitu letak keseruan dari game ini. Solo player memang masih bisa membangun desa tapi pemain akan merasa bosan karena tidak ada kegiatan lain selain looting.

Untuk menghilangkan rasa bosan, ane memutuskan bergabung ke clan temen sampai akhirnya kecanduan main Clash of Clans.

Berikut ini 5 alasan yang membuat ane kecanduan main game clash of clans.

Naikin level hero


Spoiler for hero:


Di game clash of clans ada tiga hero yang membantu pemain, baik untuk menyerang ataupun bertahan. Tiga hero ini adalah Barbarian King, Archer Queen dan Green Warden. Barbarian King didapatkan saat Town Hall level 7. Dengan mengeluarkan 10.000 dark elixir sebagai bayaran nya, hero laki-laki ini bisa kita dapatkan. Lalu di town hall level 9 kita akan mendapatkan Archer Queen. Biaya yang dikeluarkan cukup banyak untuk membeli Archer Queen, 40.000 dark elixir harus dikeluarkan untuk menebus hero ini. Satu lagi yaitu Green Warden yang membutuhkan 6.000.000 elixir untuk mendapatkan nya di town hall level 11.

Masing-masing hero mempunyai level yang bisa ditingkatkan menggunakan dark elixir juga elixir untuk green warden. Di patch terbaru tiga hero clash of clans mendapatkan level tambahan sebanyak sepuluh level. Jadi level maksimal untuk Archer Queen dan Barbarian King adalah 60, sedangkan Green Warden adalah 30.

Biaya yang mahal dan waktu lama untuk upgrade membuat pemain gratisan harus terus melakukan looting, semakin besar level hero semakin mahal harga juga semakin lama waktu upgrade nya.

Naikin level wall


Spoiler for :


Selain senjata seperti mortar, canon, tesla dsb. bagian pertahanan yang penting adalah wall. Fungsi dari wall ini untuk memperlambat penyerang desa kita. Semakin tinggi level wall, semakin lama hancurnya. Meski begitu, banyak pemain yang menganggap remeh fungsi dari wall ini. Akhirnya mereka malas untuk mengupgrade levelnya.

Selain fungsi yang dipandang sebelah mata, harga mahal menjadi alasan untuk tidak mengupgrade level wall. Contohnya dari level delapan ke sembilan harga satu wall adalah 500.000 gold. Dari level sembilan ke sepuluh butuh 2.000.000 gold atau elixir. Looting dengan tujuan upgrade wall ini memang menyenangkan, karena resource di desa kita tidak akan menumpuk. Hal ini yang menjadi candu saat mengupgrade level wall.

Untungnya, bersamaan update th 12 kemarin harba upgrade wall dari th 5 sampai 10 mendapatkan perubahan. Saat fokus naikin wall, kita bisa looting terus menerus tanpa takut kemalingan karena tiap harta sudah cukup, langsung naikin level wall.

Event di clan


Spoiler for :


Saat masa jaya COC dulu, banyak pemain aktif yang membuat clan. Beberapa dari mereka membuat event demi meramaikan clan nya. Contoh nya di clan ane, setiap enam bulan ada event yang berhadiah pulsa atau kuota. Tapi jenis hadiah juga tergantung donatur ya, event terakhir sebelum coc mulai ditinggalkan hadiahnya T-Shirt dan uang Rp. 100.000.

Biasanya yang dijadikan event adalah jumlah sumbangan bintang saat war, atau bisa juga race trophy. Maksudnya, dalam waktu yang sudah ditentukan sebelumnya peserta harus mendapatkan trophy sebanyak-banyak nya.

Push trophy


Spoiler for :


Ini jadi hal yang paling bikin candu dari game coc. Waktu coc sedang digandrungi, ada seorang pemain yang ingin clan ane masuk ke top global, dan satu-satunya cara adalah semua pemain yang ada di clan menaikan trophy mereka atau push trophy.

Awalnya ane males karena takut kecanduan dan ganggu kuliah, lama kelamaan karena asik liatin yang push trophy ane malah jadi pengen ikutan. Desa ane udah di th 8 maks, tinggal naikin Town Hallnya ke level 9.

Sebelum naikin Town Hall ane putuskan buat ikut push trophy. Dengan kombinasi pasukan golem wizzard hog ane mulai push trophy. Ada istilah "budak shield" di clan ane dulu. Jadi "budak shield" ini adalah pemain yang memperhatikan waktu shiled di desanya, selama shield aktif doi ga main coc tapi kl shield udah ilang doi bisa main dari jam 9 malem sampai jam 9 pagi buat push trophy. Pernah waktu mau UAS ane bela-belain bangun jam 4 subuh biar bisa push sebelum UAS mulai pukul 7 pagi.

Kebersamaan dan kekeluargaan


Spoiler for :


Selain empat hal di atas yang berhubungan langsung dengan game, ada faktor lain yang lebih penting: kebersamaan dan kekeluargaan dengan pemain lain yang jadi anggota clan.

Alhamdulillah, hubungan ane dengan teman-teman di clan bukan cuma di dunia maya tapi di dunia nyata juga. Beberapa bulan sekali diadakan gathering di kota tempat ane tinggal. Pemain-pemain dari luar kota pun ada yang dateng, kumpul-kumpul dari jam 8 malem sampai subuh.

Sampai sekarang clan ane masih aktif, meskipun pemain yang seangkatan sama ane udah banyak yang pensiun karena berbagai macam alasan. Tapi masa-masa indah saat kecanduan game CoC tetap tersimpan di dalam sanubari.

~~~


sumber: pengalaman pribadi



Quote:
tata604
tata604 memberi reputasi
1
11.9K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.