Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
62
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5b30f855ddd770100c8b4571/belajar-kehidupan-dari-filosofi-tembang-campur-sari
Istilah campursari dalam dunia musik Nasional Indonesia mengacu pada campuran (crossover ) beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Nama campursari diambil dari bahasa Jawa yang sebenarnya bersifat umum Musik campursari di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur khususnya terkait dengan modifikasi alat-alat musik gamelan sehingga dapat dikombinasi dengan instrumen musik barat
Lapor Hansip
25-06-2018 21:12

Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Past Hot Thread
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


Quote:Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Istilah campursari dalam dunia musik Nasional Indonesia mengacu pada campuran (crossover ) beberapa genre musik kontemporer Indonesia. Nama campursari diambil dari bahasa Jawa yang sebenarnya bersifat umum
Musik campursari di wilayah Jawa bagian tengah hingga timur khususnya terkait dengan modifikasi alat-alat musik gamelan sehingga dapat dikombinasi dengan instrumen musik barat, atau sebaliknya.
Dalam kenyataannya, instrumen-instrumen 'asing' ini 'tunduk' pada pakem musik yang disukai masyarakat setempat langgam Jawa dan gending

Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


Quote:Mungkin sebagian dari kita, ketika sedang menyetel radio sering mendengar tembang-tembang campursari atau dikala kita sedang menghadiri acara pernikahan khususnya di Jawa biasanya kita disuguhi dengan tembang-tembang Campur Sari juga..

Dibalik ciri khasnya, Tembang Campur Sari ternyata memiliki banyak pesan hidup yang bisa kita serap ilmunya..

Tembang apa saja itu?


Quote:
ALAS GUNDUL


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


"Bocah angon nangis luwe wetenge
Ngon ingone bingung nggoleki sukete
Alas gundul gundul raono godonge
Uwit gede mung kari tunggake
Kewan kewan nangis nyeluki anake
Ngalor ngidul bingung nggoleki panggone
Alas gundul gundul raono godonge
Kabeh ilang mung kari tilase"


Bocah penggembala menangis perutnya lapar
Hewan gembalaan bingung mencari rumput
Hutan gundul tak ada daun
Hewan-hewan menangis mencari anaknya
Pohon besar tinggal akarnya
Ke utara keselatan bingung mencari tempat
Hutan gundul tak ada daun
Semua hilang tinggal bekasnya

Lirik diatas bercerita tentang hutan kita yang semakin hari kian gundul akibat pembalakan liar, efeknya bagi kehidupan sangat menakutkan
Pohon-pohon hilang
Hewan-hewan kehilangan tempat tinggalnya


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Quote:
TULUNG PENTUNG


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


"Janjimu tansah tak ugemi
Omonganmu ojo mblenjani
Ojo gawe loro ing ati
Janji iku kudu ditepati"


Penggalan lirik dari tembang yang berjudul Tulung Pentung, kalimat diatas mengingatkan agar setiap perkataan maupun janji yang keluar dari mulut kita agar ditepati agar tak membuat sakit hati..

Ya, tentu kita pasti tahu bahwa janji adalah hutang ya gan.. emoticon-Smilie


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Quote:
SAMBEL KEMANGI


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


"Enak opo wong urip ono ing alam dunyo
Yen wegah rekoso urip ora biso mulyo
Kudangane romo lan ibune
Sregepo nyambut gawe ojo lali gustine"


Penggalan lirik dari tembang Campur Sari yang berjudul Sambel Kemangi mengandung pesan kehidupan yang mengajarkan kita untuk rajin bekerja agar hidup bisa mulya, dan juga mengingatkankan kita agar jangan sampai melupakan Tuhan..

Sungguh sebuah pesan hidup yang sangat berharga ya gann.. emoticon-Smilie
Semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan nyata


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Quote:
PUTRO NUSWANTORO


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


"Enggal menengo anakku
Welaso marang ibumu
Didawuhi kudu nggugu
Biso gawe mareme atiku"


Penggalan lirik tembang Campur Sari yang menceritakan harapan orang tua kepada sang anak untuk berbakti kepada orang tua (ibu)
Untuk selalu menyayanginya ketika diperintah tidak membangkang

Sungguh pesan yang sungguh mulia ya gan..
Semoga kita bisa selalu berbakti kepada orang tua yang telah melahirkan kita kedunia ini


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari

Quote:
PEPELING


Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


"Wis wancine tansah dielingake
Wis wancine podo nindaake
Adzan wus kumandhang wayahe sembahyang
Netepi wajib dawuhe pangeran
Sholat dadi cagak ing agomo
Limang wektu kudu tansah dijogo
Kanthi istiqomah lan sing
tumakninah
Luwih sampurno yen berjama’ah"


Lirik Campur Sari yang berbau religi ini memotivasi kita untuk selalu ingat Kepadanya yaitu dengan cara Shalat 5 waktu secara tepat waktu ketika adzan sudah berkumandang
Melakukan ibadah dengan istiqomah dan tumaninah

Mangstabbb ya gann.. emoticon-Recommended Seller
Sangat-sangat memotivasi nih emoticon-Smilie


Quote:Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
Itulah beberapa tembang Campur Sari yang menurut ane mengandung pesan yang luar biasa, mengandung pesan yang sangat positif yang bisa kita terapkan dikehidupan ini
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari


Quote:
Demikian Thread sederhana dari ane
Kurang dan lebihnya ane mohon maaf gan emoticon-Kiss
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
Diubah oleh agung.falsafah
0
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 4
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:21
Jadi inget lagu lejen emoticon-Embarrassment

Lir-ilir, lir-ilir tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo, tak senggo temanten anyar

Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane
Yo surako… surak hiyo…

Dalam Bahasa Indonesia, kurang lebih artinya :

Lir-ilir, lir-ilir
Bangkitlah,bangkitlah

tandure wis sumilir
Pohon sudah mulai bersemi

Tak ijo royo-royo
Bagaikan warna hijau yang menyejukkan

tak senggo temanten anyar 2kali
Bagaikan sepasang pengantin baru

Cah angon-cah angon
Wahai anak gembala ,Wahai anak gembala

penekno blimbing kuwi
tolong panjatkan pohon blimbing itu

Lunyu-lunyu yo penekno
walaupun licin(susah) tetaplah memanjatnya

kanggo mbasuh dodotiro 2kali
untuk mencuci pakaian yang kotor itu

Dodotiro-dodotiro
Pakaian Pakaianmu

kumitir bedhah ing pinggir
Telah rosak dan robek

Dondomono jlumatono
Jahitlah perbaikilah

kanggo sebo mengko sore 2kali
Untuk bekalan nanti sore

Mumpung padhang rembulane,
Selagi rambulan masih purnama

mumpung jembar kalangane
selagi tempat masih luang dan lapang

Yo surako… surak hiyo…
Berserahlah dengan rasa syukur
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:28
yang susah tuh kalo gabisa bahasa jawa gan. jadi ga nyampe artinya emoticon-Berduka (S)
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:30
Mantaps bre emoticon-Salaman
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:33
Quote:Original Posted By GilaBoys
yang susah tuh kalo gabisa bahasa jawa gan. jadi ga nyampe artinya emoticon-Berduka (S)


iya nih ts gak fair emoticon-Nohope
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:35
Ane suka campursari lagunya didi kempot, musiknya yahud
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:35
caping gunung ora mashook???

Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:43
Quote:Original Posted By kayumanis804
Jadi inget lagu lejen emoticon-Embarrassment

Lir-ilir, lir-ilir tandure wis sumilir
Tak ijo royo-royo, tak senggo temanten anyar

Cah angon-cah angon penekno blimbing kuwi
Lunyu-lunyu yo penekno kanggo mbasuh dodotiro

Dodotiro-dodotiro kumitir bedhah ing pinggir
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore

Mumpung padhang rembulane, mumpung jembar kalangane
Yo surako… surak hiyo…

Dalam Bahasa Indonesia, kurang lebih artinya :

Lir-ilir, lir-ilir
Bangkitlah,bangkitlah

tandure wis sumilir
Pohon sudah mulai bersemi

Tak ijo royo-royo
Bagaikan warna hijau yang menyejukkan

tak senggo temanten anyar 2kali
Bagaikan sepasang pengantin baru

Cah angon-cah angon
Wahai anak gembala ,Wahai anak gembala

penekno blimbing kuwi
tolong panjatkan pohon blimbing itu

Lunyu-lunyu yo penekno
walaupun licin(susah) tetaplah memanjatnya

kanggo mbasuh dodotiro 2kali
untuk mencuci pakaian yang kotor itu

Dodotiro-dodotiro
Pakaian Pakaianmu

kumitir bedhah ing pinggir
Telah rosak dan robek

Dondomono jlumatono
Jahitlah perbaikilah

kanggo sebo mengko sore 2kali
Untuk bekalan nanti sore

Mumpung padhang rembulane,
Selagi rambulan masih purnama

mumpung jembar kalangane
selagi tempat masih luang dan lapang

Yo surako… surak hiyo…
Berserahlah dengan rasa syukur


Lagu masa kecil emoticon-Frown
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
25-06-2018 21:55
Krn lirik nya segmented jd ga universal,padahal punya arti yg bagus.
Coba ts tulis tentang lagu bang roma,walo gw ga suka dangdut tp arti lagu2 bang haji bisa dipahami dgn cepat.
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
26-06-2018 06:46
Quote:Original Posted By GilaBoys
yang susah tuh kalo gabisa bahasa jawa gan. jadi ga nyampe artinya emoticon-Berduka (S)


hiksssss... Harus buka translate emoticon-Frown
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:04
didi kempot, cak dikin ,dalang poer penyanyi campur sari fav ane emoticon-Big Grin
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:05
Gak ngerti ane gan, ikut pejwan aja deh emoticon-Big Grin
0 1
-1
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:07
Suka tragedi tali kotang emoticon-Cape d...
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:09
Mari bergoyang...
emoticon-Goyang
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:16
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Mari bergoyang...
:goyang


Goyang bermari...
Bagi cendol gan emoticon-Big Grin
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:18
Cintai budaya sendiri... Seperti halnya pepatah Bosnia yang mengatakan:

Teške oči, teške ramena ramena: teška kao i bilo kakva patnja onoj osobi koja je to vidjela, još ozbiljnija za one koji doživljavaju...

emoticon-Goyang emoticon-Goyang emoticon-Goyang
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:19
ayem bener tembang campur sari.
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:20
Quote:Original Posted By agung.falsafah
hiksssss... Harus buka translate emoticon-Frown


Quote:Original Posted By masklopp
Goyang bermari...
Bagi cendol gan emoticon-Big Grin


Cek kulkas, Agan2... emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:27
Campur Sari dari Didi Kempot mantab gan....!
emoticon-Big Grin
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:30
Pesan hidupnya mangstab gan

Ane gembok sekalian dah gan emoticon-army
emoticon-Monggo
Diubah oleh CluxZ
0 0
0
Belajar Kehidupan Dari Filosofi Tembang Campur Sari
28-06-2018 06:30
Mangstab gan, terusno lurremoticon-Ngakak
Diubah oleh imigrangelap
0 0
0
Halaman 1 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia