darwinationAvatar border
TS
darwination
Upgrade Skill Motret dengan Honor 9 Lite
Ternyata motret pake Smartphone Honor 9 Lite enak juga ya..tau kenapa?


Honor 9 Lite punya menu lengkap di aplikasi kameranya buat motret dan hasil fotonya pun bisa diacungi jempol, buat yang suka fotografi yuk disimak.. 



Buat yang belum tau Honor 9 Lite seperti apa boleh diintip” dulu bentuk dan spesifikasinya di forum Kaskus ini, sebelumnya ane udah pernah sharing tentang review singkat dari Honor 9 Lite. Agan dan sista yang penasaran bisa cek di sini (Review) Honor 9 Lite Smartphone Made in Indonesia 


Tips & Trik Motret

Nah di thread ini ane mau nambahin share tips & trik khususnya motret pake Honor 9 Lite, secara umum ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memotret dengan smartphone :

1.      Pastiin lensa kamera bersih dari kotoran, klo kotor bisa bersihkan dulu dengan kain halus, klo ane pribadi bisa pake kaos yang dipake klo ngga ada kain halus di luar.
2.      Charge baterai sampai full klo mau hunting foto, jangan lupa bawa powerbank buat backup. Klo udah lowbatt atau kondisi sinyal kurang bagus segera ganti ke ariplane mode buat motret. Ini berguna banget buat menghemat baterai ketika motret. 
3.      Hindari zoom digital, lebih baik kita mendekati object untuk motret karena dengan zoom digital detail foto akan berkurang tapi jika tidak memungkinkan boleh sekali” zoom digital sedikit.
4.      Gunakan dua tangan saat motret atau dengan bantuan mini tripod untuk kondisi tertentu agar hasil foto tidak blur
5.      Perhatikan cahaya, komposisi, angle dan moment.
 
Ada baiknya sebelum membuat foto yang menarik, kita mengenal dahulu kamera atau smartphone yang kita gunakan. Semakin kita mengenal akan memudahkan untuk menggunakan fitur dari kamera untuk menghasilkan foto dari ide kita yang muncul sebelumnya.
                                                               

Camera Modes
                  
Honor 9 Lite memiliki beberapa fitur atau menu standard pada aplikasi kameranya, fiturnya cukup lengkap dari foto menggunakan fitur manual, AR lens sampai Documen scan. Tampilan menunya seperti ini 

Spoiler for Camera Modes:



Menggunakan kamera dengan fitur Photo (Auto Mode) sebetulnya bisa kita eksplor banyak, di satu sisi kita tidak perlu repot" menyetting ini itu sebelum motret. Demi mengejar moment sering kali auto mode ini sering ane gunakan. 


Camera Setting

Sebelum membuat foto itu kita juga harus cek settingan dari kamera kita, jangan sampai salah setting yang akhirnya membuat foto yang kita buat ngga maksimal

Spoiler for Camera Setting:


Setiap kali foto usahakan menggunakan resolusi maksimal agar hasil foto tidak pecah dan masih bisa dicrop lagi sesuai keinginan. Resolusi maksimal memang memakan internal memory tapi itu bisa disiasati dengan rajin" membackup foto ke pc, laptop atau harddisk external.

Di kamera Honor 9 Lite sudah bisa menggunakan watermark, tapi ini khusus untuk kamera belakang saja. Untuk kamera depan maupun foto dengan fitur shortcut ketika layar mati saat ini belum bisa menggunakan watermark ini. 

Fitur grid selalu ane pake buat motret karena membantu untuk menghasilkan foto denga komposisi, angle dan rule of third yang diinginkan. Untuk membuat foto landscape biasa harus memperhatikan garis horizontal bumi, langit dan dataran. Disesuaikan dengan kompisisi pada grid di kamera. Contohnya seperti di gambar ini :

Spoiler for Grid for landscape:



Rules of thids juga harus diperhatikan dan grid ini sangat membantu, usahakan memposisikan object di salah satu dari empat titik pertemuan garis grid pada layar. Lebih jelaskan ada di gambar ini 


Spoiler for Rules of Third:

  
Jangan lupa setiap kali memotret, pastikan fokus dan eksposur gambar dikunci agar hasil foto tetap tajam dan gelap terang dari foto tidak berubah. Untuk menguncinya biasa cukup menekan object pada layar kamera maka akan muncul lingkaran fokus yang akan berubah warnanya jika sudah terkunci. 


Spoiler for Lock Fokus & EV:

 

Setelah fokus terkunci biasanya kita bisa merubah gelap terang atau exposure value gambar pada kamera, ada dua cara yaitu di slide atas bawah dan di drag atau digeser. 

Untuk merubah dengan slide atau geser icon/bar pada gambar, ketika gambar terlalu gelap bisa kita geser ke atas untuk menambah terang gambar, sebaliknya jika gambar terlalu terang bisa kita geser ke bawah. 

Spoiler for Slide EV:


Untuk merubah dengan drag atau geser, gelap terang gambar bisa kita sesuaikan dengan lingkaran pada layar. Arahkan ke bagian gelap atau terang sesuai keinginan kita. 

Spoiler for Drag EV:


Untuk memotret pake Honor 9 Lite ini, uniknya bisa kita tentukan shutternya hanya dengan suara. Cukup masuk ke menu setting kemudian pilih audio control, di sana ada dua menu yaitu shutter dengan "say cheese" atau dengan suara tinggi.
Menu lainnya shutter foto bisa dengan fitu touch to capture cukup disentuh layarnya, jadi ketika layar disentuh maka fokus otomatis akan mengunci dan kemudian kamera memfoto sendiri. Lainnya halnya dengan Capture smile, fitur ini membuat shutter foto bekerja ketika object pada layar kamera khususnya muka seseorang lagi tersenyum. Jadi bisa buat latihan senyum juga deh ini, hehehe.. Oiya khusus untuk kamera depan ada menu tambahan, yaitu Gesture control. Maksud dari fitur ini kita bisa mengganti shutter kamera dengan cukup menunjukan tangan kita lalu kita kepalkan, maka timer 2 detik kamera langsung menyala. 

Spoiler for Gesture Control:


Yang unik lainnya di smartphone bisa mengunci fokusnya pada object yang bergerak, tinggal pilih menu Object tracking di menu setting kamera tadi 

Spoiler for Object Tracking:



Menu pada layar kamera Honor 9 Lite pada salah satu sisi terdiri dari tombol shutter, switch video, gallery dan pada sisi lain ada tombol switch kamera depan, moving picture, portrait, wide aperture dan flash.

Spoiler for Tampilan menu layar kamera:



Buat yang suka bokeh"an bisa pilih menu wide aperture, fitur ini salah satu favorit ane klo buat foto still life 
Angka dari menu layar bisa kita geser sesuai keinginan buat dapetin blur yang pas di layar.

Spoiler for Wide Aperture:


Menu lain seperti portrait bisa digunakan untuk foto selfie, perlu diingat foto portrait hanya untuk foto sekitar wajah, kelapa sampai bahu. Dan fitur bokehnya bisa dinyala matikan sesuai keinginan.


Di menu kamera Honor 9 Lite masih banyak menu/fitur yang bisa dieksplor lagi tapi sekian dulu dari ane, mungkin di thread lain ane bisa share lagi fitur lain yang belum dibahas.









Diubah oleh darwination 24-06-2018 15:59
0
10K
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
HONOR
HONORKASKUS Official
297Thread184Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.