Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ranttalkerAvatar border
TS
ranttalker
Ngabalin Sindir Prabowo: LRT USD 8 Juta/Km Itu Pakai Bambu Papua
Jakarta - Pihak Istana Kepresidenan mengkritik klaim Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto soal proyek LRT Palembang kemahalan karena memakan biaya USD 40 juta/km. Menurut Istana, jumlah biaya tersebut wajar.

"Ya makanya itu bilang markup, dari mana datanya? Kalau markup itu artinya ada data yang tidak benar terkait pembiayaan LRT. Kalau beliau menyebutkan berapa dolar itu, itu bangun pakai apa? Kalau USD 8 juta itu sama dengan bangun pakai bambu itu, bambu dari Papua gitu. Coba deh dicek," ujar Tenaga Ahli Kedeputian IV KSP Ali Mochtar Ngabalin di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018).

Ngabalin justru menyebut pemerintah menghemat dana Rp 13 triliun dari proyek LRT. Ngabalin pun menantang Prabowo menunjukkan data komprehensif jika ada dugaan markup proyek LRT.


Baca juga: Cerita LRT: Anggaran Dikritisi Prabowo, Tinggi Tiang Disorot Fahri

"Saya menantang kalau Mas Bowo dan teman-teman punya data-data yang benar itu terjadi markup terhadap pembangunan LRT, dan terkait dengan ada data yang keliru dari pemerintah kemudian beliau mengambil kesimpulan bahwa ada markup terhadap pembangunan LRT. Monggo, kasih data sama saya, datang deh di Kantor Kemaritiman," jelas Ngabalin.

Menurut Ngabalin, pemerintah sudah cermat dalam perhitungan biaya pembangunan LRT. Biaya LRT, kata Ngabalin, tidak bisa langsung dibandingkan dengan negara lain.

"Tidak mungkin pemerintah itu melakukan satu pekerjaan tanpa meminta pertimbangan, kemudian diskusi berbicara dengan konsultan-konsultan yang kualifikasinya dunia. Jadi maka saya kaget kalau segitu nilainya di negara lain, segini harga beliau bilang berapa dolar itu, itu dibangun pakai bambu kali ya LRT-nya," cetusnya.

Baca juga: Politikus Gerindra: Ngabalin Harusnya Sudah Dipecat Jokowi

Sebelumnya, Prabowo menyampaikan pernyataan itu dalam acara silaturahmi kader di Hotel Grand Rajawali, Palembang, Kamis (21/6). Menurutnya, berdasarkan riset indeks pembangunan LRT di dunia, biaya pembangunan untuk LRT berkisar USD 8 juta/km. Sedangkan di Palembang, yang memiliki panjang lintasan 23,4 km, biayanya hampir Rp 12,5 triliun atau USD 40 juta/km.

Prabowo mengaku mendapat indeks harga LRT sedunia dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun Prabowo tak mengungkap sumber data yang dijadikan rujukan. (dkp/hri)

https://m.detik.com/news/berita/4084493/ngabalin-sindir-prabowo-lrt-usd-8-jutakm-itu-pakai-bambu-papua

Pemimpin yg suka baca buku fiktif.

Ngeluarin pernyataan fiktif.

Dr bisikan mantan mentri yg bikin anggaran bengkak triliyunan sok2 kasi masukan ttg mark up anggaran.

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
0
4.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.