Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

stealth.modeAvatar border
TS
stealth.mode
Adu Irit 6 Mobil Low MPV, Siapa Juaranya?
Adu Irit 6 Mobil Low MPV, Siapa Juaranya?
Jakarta - Saat ini pabrikan roda empat banyak yang meramaikan segmen mobil Low MPV. Bahkan, pendatang baru mulai berdatangan di segmen ini.

Kini, di segmen Low MPV konsumen ditawarkan beberapa pilihan. Mulai dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander hingga Wuling Confero.

MPV itu memiliki keunggulan masing-masing. Salah satu indikator orang membeli MPV biasanya karena keiritannya konsumsi bahan bakar minyak (BBM)-nya.

Nah, kali ini detikcom bersama CNNIndonesia bekerja sama mengadakan tantangan adu irit Low MPV. Kegiatan bertajuk 'Uji Irit 1 Liter Mobil MPV' ini diadakan untuk menguji keiritan mobil-mobil low MPV, yaitu Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, hingga Mitsubishi Xpander.

Tantangan dilakukan di lingkungan tertutup di sirkuit Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat, dan jalan raya dengan kondisi yang tidak macet.

Sebelum melaju, mobil dikosongkan tangkinya sampai tidak ada lagi bahan bakar tersisa. 

Metode pengujiannya adalah dengan mengisi bensin sebanyak 1 liter tiap mobil dan dijalankan sejauh mana mobil bisa melaju sampai mati total. 

Mobil-mobil ini diisi 2 orang, penumpang dan pengemudi dengan bobot sama sekitar 150 kg. 

Mobil yang digunakan semuanya memiliki transmisi otomatis kecuali Wuling Confero. Tekanan angin ban setiap mobil juga sudah disesuaikan dengan rekomendasi pabrikan mobil.

Kondisi AC pun dalam keadaan menyala dan semua kabin mobil suhunya disamakan, yaitu knob suhu di posisi tengah dan kecepatan kipas (blower) di skala 1. Semua mobil dalam keadaan standar pabrikan, tidak ada modifikasi terutama di bagian mesin. 

Laju kendaraan diusahakan tetap konstan di kecepatan 60-70 km per jam. Sementara itu, dalam kesempatan yang sama kami juga menguji keiritan Wuling Confero. 

Namun, karena Wuling Confero hanya punya transmisi manual, kami tidak mengadunya secara langsung dengan lima Low MPV lainnya karena tidak fair jika diadu dengan mobil transmisi otomatis. 

Jadi, hasil seberapa irit Wuling Confero akan ditayangkan terpisah. Meski begitu, kami menguji Wuling Confero dengan metode, pengemudi, dan kondisi suhu kabin yang sama.

"Dengan kedatangan produk Xpander sebagai pendatang baru, tentu konsumen memiliki rasa penasaran terhadap konsumsi BBM Low MPV itu. Akankah produk yang dikembangkan di Indonesia itu bisa menyaingi Low MPV yang sebelumnya telah hadir?" ujar Editor Otomotif CNNIndonesia, Muhammad Ikhsan. Nah bagaimana hasilnya?

Transmisi otomatis:
- Honda Mobilio 17,05 km per liter
- Mitsubishi Xpander 16 km per liter
- Avanza 12,5 km per liter 
- Daihatsu Xenia 11,8 km per liter
- Suzuki Ertiga 11 km per liter

Transmisi manual:
- Wuling Confero 25,4 km per liter 

Wuling sama Mobilio mantap, cocok buat taxi online emoticon-Angkat Beer

https://m.detik.com/oto/mobil/d-4065...ng-paling-irit
Diubah oleh stealth.mode 12-06-2018 10:36
0
13.3K
45
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.