Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muinmasterAvatar border
TS
muinmaster
Dari Love Bird Sepasang Jadi Jutawan
Dari hobi menjadi jutawan. Itulah gambaran dari pecinta burung love bird. Sebab, perawatan mudah serta warna bulu dan perilaku yang unik menjadi dasar pemilihan peliharaan bagi pencinta burung. Tetapi, tidak hanya itu, saya bisa menjadikan burung peliharaan menjadi mata pencaharian.

Berawal dari hobi, kini saya berhasil mengembangbiakkan burung jenis love bird ini di rumah. Awalnya hanya mempunyai dua pasang love bird yang dijodohkan. Kemudian, proses penjodohan berhasil dan bertelur, kemudian menjadi anakan love bird.

Saat ini saya mempunyai 30 pasang love bird yang yang memang dijadikan untuk pengembangbiakan. Beternak love bird sangat mudah, karena burung jenis ini hanya makan biji-bijian, sayuran, dan buah-buahan. Perawatannya pun sangat mudah, tidak perlu perlakuan khusus. Burung ini juga bisa dilatih untuk bermain atraksi.

Untuk satu induk love bird dapat bertelur mulai dari 4-6 butir telur dengan masa pengeraman selama 21-23 hari. Setelah menetas dan untuk usia anak mulai umur 6-8 minggu sudah keluar dari sarang dan bisa dilatih untuk diberi makan, baik biji-biian, sayuran, maupun buah-buahan.

Setelah itu sudah bisa kita jual dengan harga Rp700 ribu-Rp1,2 juta per pasang. Jika sudah usia dewasa, yaitu usia produktif sekitar umur tujuh bulan ke atas, harganya bisa mencapai Rp5 juta per pasang.

Dari Love Bird Sepasang Jadi Jutawan

Berikut Tips Usaha Love Bird

Saya sengaja membagikan tips dalam mengembangbiakkan love bird. Siapa tahu semua bisa mencobanya dan menjadi jutawan. Pertama, siapkan kawat ram atau sangkar besi ukuran 50 x 50 x 50 cm, ini bisa ditempati sepasang love bird. Kemudian, siapkan tempat bertelur burung ini, yang terbuat dari kotak kayu ukuran 25 x 20 x 25 cm. Untuk memilih indukan, sebaiknya memilih love bird sekitar umur tujuh bulan ke atas karena usia tersebut usia produktif.

Love bird yang sudah berumur tiga tahun ke atas sudah kurang produktif lagi. Cara yang paling mudah untuk membedakan antara love bird jantan dan betina adalah dengan meneliti bagian cupit yang terletak di bawah anus love bird.

Kemudian, apabila lancip, rapat, dan keras, kemungkinan besar itu adalah pejantan. Kalau capitnya tumpul, lebar, dan lembek, itu adalah love bird betina. Setelah itu Anda bisa menjodohkan mereka lalu berkembang biak. Itulah, dari love bird menjadi jutawan.
Diubah oleh muinmaster 18-04-2018 09:06
1
3.1K
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.