susutehmanisAvatar border
TS
susutehmanis
Terkait persiapan nikah, ortu dan calon ane.. mohon masukannya..
Mohon pencerahan, kritik dan saran dari agan dan sista semua..

Terkait persiapan nikah, ortu, dan calon ane..

Terima kasih sebelumnya buat agan dan sista yg udah mau baca dan komen di thread ane ne..

Oke, rasanya ndak perlu untuk perkenalan lagi (bisa lihat thread ane sebelumnya).
Ane, Putra dan calon ane, Melly. Kami beda 2 tahun dan sedang merencanakan menikah.. Insya Allah.

Dan akhirnya ane curhat lagi.. ane merasa agak2 berat beberapa minggu ini. (Kalau ane terkesan lebay, mohon maaf. Ane minta nasihat dari agan semua. Dan diingatkan supaya ndak lebay kedepannya)


Ane punya sodara, sebut aja Bude Nur. Dari beliaulah ortu kami saling kenal lama. Dan beliaulah makcomblang hingga kami jadian.

Dari awal jadian, ane emang ngajak serius, ngajak nikah. Dia mengiyakan. Dan, disitu kami buat komitmen kedepannya. Soal hubungan hingga persiapan nikah, nabung tentu aja.

Masalah disini tentang ortu.
Awalnya emang ane agak tertutup soal hubungan ne dari ortu ane. Tapi emang ortu ane udah tau. Cuma belum langsung dari mulut ane. Hingga emak ane setuju tapi dengan agak berat.

Emak cerita, kalau dia lihat calon ane ne ada rasa kurang sreg gitu, walau jujur ortu ane lebih ndak sreg lihat mantan ane. (Ane sebelumnya udah pernah bawa cewek yg sekarang udah jadi mantan pacar ke rumah, kenalin ke ortu ane. Cuma, tanggapan ortu ane negatif. Dan kita bubar. Ada banyak hal buat bubar, Bukan karena ortu aja sih)

Ortu cuma pesan, pacaran baik2 dan tetap sayang sm adek2 ane walau udah nikah nanti. (Ane anak pertama dari 3 bersaudara, sm dengan calon ane)

Maret, ane bawa calon ane ke rumah. Udah kenal lama emang, karena kn emang ortu kami saling kenal lama.. Tapi kan konteks beda. Sekarang ane bawa ke rumah sebagai calon ane. Ortu juga udah tahu perihal niat dan keseriusan ane ke dia.

Disini ada masalah ya. Dikit. Yaitu sikap dia dan logat bicara dia. Soal sikap ya, Bagi calon ane biasa aja, tapi buat emak ane, tu dalam banget artinya.. kurang sopan menurutnya. Soal logat, menurut emak kesannya sombong.

Dan, soal sikap ane belum ada bilang ke dia. Tapi soal logat, ane udah minta dia ndak pakai logat bicara seperti itu. Dia mengiyakan, meskipun kadang lupa.

April, dia nanya kapan mau lamar dirinya. Ane jawab pasca lebaran. Dan dia jujur, emaknya udah tanya2 kapan ane mau melamar. Calon ane yakinkan ane dia bakal bantu (dana) dan ane ndak sendirian. (Komit awal sama2 nabung buat nikah)

Ane tanya ortu ane/emak. Emak jawab bulan 9 ne lamaran. Ane minta (sambil rayu2 emak) bulan 7 ne. Tapi ortu ane tetep bilang bulan 9. Oke deh, ane nyerah dulu yee.. Ane sih pengennya diikat aja dulu hubungan ne lebih jelas aja. Bukan kebelet sih, tapi lebih soal kepastian hubungan ne aja.. kalau ortu dia, pengennya besok juga kami nikah..

Ane bilang ke calon ane, lagi usahain untuk bulan 7 ne lamaran. Dan awal mei calon dan emaknya belanja baju seragam batik (ne baju buat acara lamaran ntar gitu, atau buat seragam di acara keluarga dia. Jadi udah ada seragam ane).

Ane lupa kapan ya, ortunya (bapak calon ane) pernah bilang enak kerja tempat ane. Gaji besar (kebanyakan orang berpandangan seperti itu,padahal sebenernya sama aja sih kayak tempat kerja ane dulu, agak besar ne dikit doank ).

Soal hantaran, ortu ane bantu. Ortu paham besar gaji ane gimana. Makanya sebagian barang hantaran dari ortu. Dan calon ane bilang ada yg sebagian dia aja yg beli sendiri. Dan mei, kami beli sebagian lagi barang hantaran. Niat nyicil gitu, dan ane ada bilang ke emak.

Dan setelah tahu barang yg kami beli ortu ane rada marah gitu (cm beli 2 item aja, tapi ortu marah karena kami beli tas. Menurutnya itu bisa setelah kami nikah.) Dan ortu jelasin kenapa emak calon ane ngebet ane nikah sama anaknya., karena menurut pemikiran ortu calon ane keluarga kami orang kaya. Padahal biasa2 aja, cuma karena emak bukan tipe ndak punya uang ngeluh kesana kemari, jadi terlihat punya banyak uang. Emak tipe orang yg ada atau ndak ada uang diam2 aja. Paling curhat ke bapak atau ke kami anak2nya..

Dan setelah itu, calon ane tanya bulan juni mau nyicil hantaran apa lagi. Ane minta list ulang aja lagi, ane mau fokus di mahar. (Sebelumnya barang hantaran udah kami list). Dan awal juni ane coba terbuka sama dia. Kita ketemuan..

1. Soal gaji ane yg sebenarnya ndak besar2 amat seperti dipikiran kebanyakan orang, Cukup buat saat ne karna ane masih lajang, lebih malah. Tapi kalau udah nikah ntar bakal rada ngepas. Cuma ane ndak sebut berapa nominal ke dia. Ntar setelah nikah dia bakal tahu. Termasuk juga soal emak yg bantu ane di barang hantaran supaya ane fokus ke mahar. (tanggapan dia: berapa pun yg ane kasih ntar dia terima ndak masalah. Yg penting ane bolehin dia boleh berkarir)

2. Ane yg bantu2 uang saku adek ane yg kuliah (dia ngerti)

3. Ane yg bantu sepupu ane yg janda dan punya 2 anak yatim. Ane jelasin kalau ini udah janji ane ke emak buat bantu mereka. (Calon ane ndak melarang, bahkan setelah nikah. Tapi dia minta, setelah nikah ane ndak kasih langsung lagi. Tapi lewat perantara orang lain. Masalahnya ortu ane jarang kesana dan ane ndak percaya orang2 di sekitar sepupu ane. Mata duitan semua. Takut duitnya ndak nyampe. Bukan juga ndak ikhlas, tapi memang sepupu ane dan anak2nya sangat membutuhkan. Makanya ane perlu pastikan bantuan diterima langsung sepupu ane)

Dan sebenarnya dia pengen ane terbuka saat nanti setelah lamaran/hantaran, dan memang ada saatnya nanti kami saling terbuka. Tapi ane curi start. Tapi bagus menurutnya ane terbuka sekarang. Ane sih lebih baik jujur apa adanya sekarang, daripada dia nyesal dikemudian hari, jauh dari ekspektasinya..

Dan kemarin lebaran ke sekian, di rumah ane ada acara kumpul keluarga emak. Rutin setahun sekali. Emak minta ane bawa calon ane biar dikenalin ke keluarga. Ane bilang ke calon ane. Dia sanggupi dan ambil cuti dadakan (jadwal kerja dia ndak bisa ganggu gugat. Beda dengan jadwal kerja ane yg fleksibel dan bisa request), dan calon ane cuma libur di H-1 dan lebaran hari pertama.

Dua hari sebelum hari H ane ke rumah calon. Dia bilang, pas hari kumpul keluarga ane ada meeting siang sampai sore. Kalau keluarga ane nginap, dia datang malam aja dan jadi cuti (ke kantor cuma buat meeting doank) tapi kalau sodara ane ndak nginap, ya dia datang pagi sampai siang, habis meeting dia kerja kayak biasa dan cuti di cancel. Yang penting ketemu keluarga ane. Jujur sih, ane rada kecewa. Karena ane berharap dia bisa sampe sore. Ane tanya apa ada sanksi kalau ndak hadir, dia jawab ndak ada. Lebih ke tanggung jawab kerja. Dan ne meeting tentang performa kerja selama 6 bulan. Dan karena sodara ane ndak nginap, ya akhirnya siang ane antar dia ke kerjaan. Masih sempat sih ketemu sodara ane..

Ane sih mohon maaf bila kepanjangan gan sis, cuma mau ngeluarin unek2 soal persiapan dan rencana nikah, orang tua, dan calon ane aja..

Ortu ane bilang bukan tidak merestui. Ortu ane merestui kami, cuma kayanya berat gitu..

Kalau mundur, ane berat. Ane sayang dia. Dan bude Nur juga larang ane mundur. Karena ortu dia bakal tanyain terus bude Nur. Dan ane dan bude Nur juga bakal malu suatu saat ketemu mereka, karena udah saling kenal lama. .

Soal lamaran, fix ortu bilang sekitar bulan 9, calon ane pengen bulan 10, karena antara bulan 8-9 dia ada jalan2 dari kantornya. Soal nikahan, ortu pengen awal tahun sekitar bulan 2, dan calon pengen awal tahun..

Ortu calon ane? Ndak tau dah..

Dan dari ketemu keluarga kemarin, rata2 keluarga ane kompalin kalau calon ane mereka lihat rada sombong dan senyumnya ndaj ikhlas. Emak yg bilang ke ane. Ane cuma diem aja nanggapi pernyataan emak..

Soal persamaan dan perbedaan antara kami, kebanyakan beda ya.. ada sih dari gaya hidup gitu..

Jadi sekali lagi ane mohon kritik, saran, dan pencerahaan dari agan sista semua..

Sekali lagi Terima kasih buat agan dan sista yg udah mau baca dan komen di thread ane ne..

0
2.1K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to HeartKASKUS Official
21.6KThread27.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.