mahkotax.putraAvatar border
TS
mahkotax.putra
Disebut Prabowo Beri Data Indeks Harga LRT, Begini Penjelasan Anies
https://m.detik.com/news/berita/d-4078615/disebut-prabowo-beri-data-indeks-harga-lrt-begini-penjelasan-anies



Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo menuding proyek light rapit transit (LRT) di Indonesia di-mark up. Prabowo menyebut data terkait indeks harga proyek LRT sedunia didapatnya dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Apa tanggapan Anies?

Saat dimintai konfirmasi mengenai pernyataan Prabowo, Anies justru meminta wartawan untuk mencari data indeks harga proyek LRT sedunia itu sendiri.

"Menurut saya begini, tugas jurnalistik adalah melakukan verifikasi, melakukan validasi. Jadi saya malah anjurkan pada media statement Pak Prabowo itu dijadikan pemantik. Anda tinggal buka data proyek LRT seluruh dunia dan Indonesia dari situ malah dapat," kata Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jumat (22/6/2018).


"Jadi tugas jurnalistik ditunaikan, melakukan verifikasi, validasi. Jadi yang penting datanya bukan katanya. Karena di situlah letak kekuatannya," imbuh dia.

Anies mengimbau agar pernyataan Prabowo mengenai indeks harga proyek LRT sedunia dijadikan dasar untuk mencari tahu apakah anggaran proyek LRT di Indonesia efisien atau tidak.


"Jadi, jadikan ini pemantik untuk kita bersama karena kita ingin semua proyek di Indonesia itu cost efficient. Karena itu teman-teman lakukan verifikasi, cek saja," ujar dia.

Anies pun menyakini Prabowo tak menelan mentah-mentah data indeks harga proyek LRT yang dia pegang. Dia yakin Prabowo sudah membandingkan data yang dia kantongi dengan data lainnya.

"Pak Prabowo itu bacaannya banyak. Beliau itu orang yang sangat luas bacaannya. Bacaannya banyak. Dan kalau anda datang ke ruang kerja beliau isinya buku-buku. Jadi pasti beliau membaca, membandingkan bukan sekadar katanya, pasti banyak data," terang Anies.

"Karena itu saya malah mengundang teman-teman lakukan tugas jurnalistik, lakukan verifikasi, validasi. Dan datanya ada semua kok. Itu jauh lebih menarik daripada soal siapa mengatakan apa, di mana, kapan dan lain-lain," lanjut eks Mendikbud itu.
(zak/fjp)
____________

Manteb tenan emoticon-Big Grin

Quote:



Quote:



Diubah oleh mahkotax.putra 22-06-2018 20:39
0
13.3K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.