dybala.maskAvatar border
TS
dybala.mask
Fakta Proyek LRT yang Dituding Prabowo Ada Mark Up


Kepala Proyek LRT Palembang, Mashudi Jauhar menanggapi tudingan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menyebut ada mark up dalam perhitungan biaya pembangunan light rail transit (LRT) di Indonesia. Mashudi menanyakan sumber data Prabowo.

"Ya, apa yang mau ditanggapi? Wong datanya juga nggak dijelaskan dari mana? Dan apa bisa disamakan dengan Palembang yang dimaksudkan?" kata Mashudi saat dihubungi, Kamis (21/6/2018).

Dia justru penasaran, di mana ada LRT di dunia yang biaya pembangunannya hanya US$ 8 juta/km atau Rp 112 miliar/km (kurs Rp 14.000/US$).

"Kalau boleh tahu di mana? Kayaknya perlu ditanyakan itu. Kalau di ASEAN, (konstruksi LRT) sudah di atas atau elevated. Jadi harusnya pasti akan jauh lebih tinggi biayanya," sebut dia.

Kepala Proyek LRT Palembang, Mashudi Jauhar membandingkan biaya pembangunan LRT di Palembang dengan biaya pembangunan LRT di negara tetangga seperti di Malaysia dan Filipina.

"Di Malaysia, (rute) Kelana Jaya-Ampang 7,2 miliar Yen/km (US$ 65,52 juta/km). Manila, LRT Fase 1 extension, 8,2 miliar Yen/km (US$ 74,6 juta/km), sementara di Palembang sepanjang 24,5 km yaitu US$ 31,2 juta/km (Rp 443 M/km), LRT Jakarta Fase I Velodrome-Kelapa Gading sepanjang 5,8 km sebesar Rp 5,3 triliun" beber dia.

Namun yang jelas, menurut Masudi, pembangunan LRT Palembang lebih murah dari pembangunan LRT di Malaysia. “Kita bisa buktikan itu,” lanjutnya.

Baca juga: Kata Prabowo Pembangunan LRT Palembang Terlalu Mahal

Tapi, ketika Prabowo membandingkan dengan biaya di negara eropa, Masudi tidak mengetahui harga pastinya. “Eropa saya tak tahu angka pastinya,” lanjutnya.

Baca juga: LRT Palembang Dijadwalkan Beroperasi pada 15 Juli 2018

Ia juga meminta kepada Prabowo kalau mau membandingkan harus standar yang sama. “Mesti apple to apple,” katanya.

Jauh sebelum ada tudingan dari Prabowo, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pernah membeberkan besaran biaya pembangunan LRT Palembang. hal itu disampaikannya saat meninjau proyek tersebut pada 24 Mei 2017 silam.

"LRT yang tadinya diperkirakan menelan biaya lebih dari Rp 12 triliun, sesudah di-review, sekarang turun menjadi Rp 10,9 triliun. Dengan jarak sekitar 24,5 km, 13 stasiun, diperkirakan akan membuat kota Palembang menjadi kota yang semakin bergairah," kata Sri Mulyani kala itu.



https://finance.detik.com/infrastruk...-ada-mark-up/3

"Kalau boleh tahu di mana? Kayaknya perlu ditanyakan itu.

Prabowo Dapat Data Indeks Harga LRT dari Anies (baik ketemu Tolol)


https://www.viva.co.id/berita/metro/994087-ratu-prabu-tawarkan-bangun-lrt-400-km-sandi-merespons-bangga


Ketemu data luar

Quote:
Diubah oleh dybala.mask 22-06-2018 13:11
0
3.9K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.