Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Tangkuban Perahu, Legenda yang Wajib Kamu Abadikan ketika di Bandung

B4nyAvatar border
TS
B4ny
Tangkuban Perahu, Legenda yang Wajib Kamu Abadikan ketika di Bandung
Dipersembahkan Oleh :
Tangkuban Perahu, Legenda yang Wajib Kamu Abadikan ketika di Bandung


Deskripsi Tangkuban Perahu
Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sekitar 20 km ke arah unsur utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya merupakan 17 derajat celcius pada siang hari dan 2 derajat celcius pada malam hari.


Tangkuban Perahu, Legenda yang Wajib Kamu Abadikan ketika di Bandung


Gunung Tangkuban Perahu memiliki area hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.


Legenda Gunung Tangkuban Perahu
Asal usul Gunung Tangkuban Perahu dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, yang dikisahkan jatuh cinta guna ibunya, Dayang Sumbi/Rarasati. Untuk menggagalkan niat anaknya menikahinya, Dayang Sumbi menyampaikan syarat supaya Sangkuriang membuat sebuah telaga dan sebuah perahu dalam semalam. Ketika usahanya gagal, Sangkuriang marah dan menendang perahu tersebut sampai-sampai tiba dalam keadaan terbalik. Perahu inilah yang kemudian membentuk Gunung Tangkuban Parahu.

Keberadaan gunung ini serta bentuk topografi Bandung yang berupa cekungan dengan bukit dan gunung di setiap sisinya menguatkan teori keberadaan sebuah telaga besar yang kini adalaharea Bandung. Diyakini oleh para kawakan geologi bahwa lokasi dataran tinggi Bandung dengan ketinggian kurang lebih 709 m di atas permukaan laut merupakansisa dari danau besar yang terbentuk dari pembendungan Ci Tarum oleh letusan gunung api purba yang dikenal sebagai Gunung Sunda dan Gunung Tangkuban Parahu ialah sisa Gunung Sunda purba yang masih aktif. Fenomena seperti ini dapat ditonton pada Gunung Krakatau di Selat Sunda dan lokasi Ngorongoro di Tanzania, Afrika. Sehingga legenda Sangkuriang yang merupakan cerita masyarakat area tersebut dipercayai ialah sebuah dokumentasi masyarakat lokasi Gunung Sunda Purba terhadap peristiwa pada saat itu.


Misteri Gunung Tangkuban Perahu

  1. Misteri Tanjakan Emen Tangkuban Perahu, tanjakan ini memiliki suasana hening dan mencengkam di siang hari apalagi malam tentunya diseling bau belerang yang menyengat menusuk hidung. Kanan kiri lembah-lembah dan bukit-bukit perkebunan teh mengapit jalan agak serupa wilayah hutan jati ini memang misterius. Menurut cerita dari mulut ke mulut di wilayah tersebut ada pria separuh baya yang memiliki nama Emen telah ditabrak lari. Kemudian mayatnya disembunyikan di rimbun pepohonan sekitar tanjakan. Sejak ketika tersebut arwah Emen menuntut balas dendam guna siapa saja yang lewat tanjakan tersebut.
  2. Wanita Misterius di Tangkuban Perahu, menurut kisah nyata yang dialami pengunjung, sebut saja Andi. Dia menikmati perjumpaan dengan wanita misterius di dekat pintu masuk menuju Tangkuban Perahu. Wanita tersebut meminta tolong untuk mencari selendangnya yang hilang di sekitar kawah gunung, Anto awalnya mengiyakan, tetapi sesudah 3 jam mencari selendang itu tak juga ketemu. Dan saat bercita-cita menggali perempuan tersebut, wanita tersebut sudah menghilang entah kemana. Di samping itu tidak tidak banyak pendaki gunung yang sering tersesat, pingsan atau panik saat mendaki gunung Tangkuban Perahu. Nasroni salah satu pendaki gunung pernah tersesat dan hampir pingsan karena 4 jam tak kunjung mengetahui jalan kembali. Seperti ada kabut gaib yang menutupi pandangannya.
  3. Misteri Air Kahuripan Tangkuban Perahu, mitos yang berkembang di masyarakat bahwa air kahuripan bisa dijadikan sarana sekian tidak sedikit pengobatan. Karena dengan mitos tersebut sampai kini tidak tidak banyak peziarah yang ngalap berkah di tempat ini. Di samping mandi di air kahuripan dengan tujuan pengobatan, disisi beda dapat guna menyegarkan badan dari perjalanan kaki yang sangat jauh.
  4. Surga yang Tersembunyi di Tangkuban Perahu, eksistensi curug Cimuja terletak di area sangat hulu. Dahulu curug ini sering digunakan untuk memuja dan bersemedi memohon sesuatu. Pemujaan seringkali dilaksanakan pada malam hari. Bila sang pemuja sudah selesai menyampaikan doa-doanya, ia harus mandi pada malam hari di bawah tumpahan curug ini.



Bentuk Gunung Tangkuban Perah
Bentuk gunung ini merupakan Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari unsur unsur timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan merupakan lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan merupakan sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif merupakan uap belerang.


Meletusnya Gunung Tangkuban Perahu
Gunung Tangkuban Parahu ini termasuk gunung api aktif yang statusnya diperhatikan terus oleh Direktorat Vulkanologi Indonesia. Beberapa kawahnya masih menunjukkan tanda tanda keaktifan gunung ini. Di antara tanda pekerjaan gunung berapi ini merupakan munculnya gas belerang dan sumber-sumber air panas di kaki gunungnya, di antaranya merupakan di kasawan Ciater, Subang. Gunung Tangkuban Parahu pernah menikmati letusan kecil pada tahun 2006, yang menyebabkan 3 orang luka ringan.


Tiket Masuk Wisata Tangkuban Perahu
Sebelum dapat merasakan keindahan yang tersaji di wisata tangkuban perahu tentu pengunjung harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu, adapun harga tiket masuk tangkuban perahu dapat disaksikan dibawah ini.

Kategori Turis Lokal

  • Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 20.000
  • Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 30.000
  • Parkir Sepeda Rp 7.000
  • Parkir Motor Rp 12.000
  • Parkir Mobil Rp 25.000
  • Parkir Bus Rp 110.000



Kategori Turis Asing

  • Tiket Senin-Jumat (Weekday) Rp 200.000
  • Tiket Sabtu-Minggu (Weekend) Rp 300.000
  • Parkir Sepeda  Rp 10.000
  • Parkir Motor  Rp 17.000
  • Parkir Mobil  Rp 35.000
  • Parkir Bus  Rp 150.000


Gambar Gunung Tangkuban Perahu

Spoiler for gambar dari sharetempatwisata.com:


Kelihatan dari jauh kecantikan Gunung Tangkuban Perahu dihiasi kabut tipis dan siluet langit yang berwarna kemerahan. Menambah keadaan eksotis dan misterius dari gunung ini


Spoiler for gambar dari explorebandungbarat.com:


Beberapa wisatawan merasakan pemandangan kawah gunung Tangkuban Perahu. Hati-hati ya, tidak boleh menaiki pagar pembatas!


Spoiler for gambar dari sharetempatwisata.com:


Seorang wisatawan menyaksikan dari dekat kawah gunung Tangkuban Perahu. Terlihat kepulan asap terbit dari mulut kawah yang menandakan gunung berapi ini masih aktif dan dapat meletus kapan saja. Jadi tetap waspada ketika berlibur disini ya!

Itulah dia keindahan dari eksotis dan misteriusnya gunung Tangkuban Perahu yang memiliki sejarah panjang baik sebagai legenda Sangkuriang atau sebagai susunan gunung berapi aktif yang akan tidak jarang kali abadi di masing-masing hati semua wisatawan yang datang liburan kesini untuk mengembara wisata bandung yang murah dan menarik.

Kunjungi thread kami yang lain ya ! Terima kasih
Spoiler for Thread Lain:


Sekian tulisan tentang gunung Tangkuban Perahu ini. Kalau kalian suka, tidak boleh sungkan untuk menyalurkan tulisan ini di sosmed kalian. Sampai jumpa di kupasan wisata lainnya. Dadah…

Kunjungin referensi kami juga ya! Rekreasi Alam Indonesia - https://www.rekreasialam.co.id/tangk...at-di-bandung/
Diubah oleh B4ny 02-07-2018 11:56
nona212
nona212 memberi reputasi
1
2.3K
1
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
TravellersKASKUS Official
23.2KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.